Skip to main content

Pengertian Rumusan Pancasila


Rumusan Pancasila - Adalah undang-undang dasar Negara Republik Indonesia pada tahun 1945 yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 dimuat dlam berita Republik Indonesia Nomor 7 tahun 1946. Undang-undang dasar tersebut terdiri dari Tiga bagian yaitu :

1. Pembukaan
2. Batang Tubuh dan
3. Penjelasan

Pembukaan Undang-undang dasar Republik Indonesia tahun 1945 ini memuat sebuah cita-cita kenegaraan (Staatsidee) dan cita-cita hukum (Reichsidee) yang selanjutnya dijabarkan oleh pasal-pasal undang-undang dasar.

Lima dasar Negara terdapat didalam Pembukaan alinea ke empat, akan tetapi nama Pancasila tidak terdapat secara Eksplisit. Secr Ideologis, dasar negara yang ke lima itu adalah Pancasila.

Rumusan lima nilai dasar sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia pada tahun 1945 adalah :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Kelima sila tersebut sebagai satu kesatuan nilai kehidupan masyarakat Indonesia dan dasar Negara Republik Indonesia. Dasar tersebut kukuh karena digali dan dirumuskan dari nilai kehidupan rakyat Indonesia yang merupakan keperibadian dan pandangan hidup bangsa kita.

Karena itulah Pancasila disepakati secara nasional, karena Pancasila merupakan suatu perjanjian luhur yang harus dijdikan pedoman bagi bangsa, pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia. Itu pulalah bentuk dan corak masyarakat yang hendak kita capai atau wujudkan, yaitu masyarakat Indonesia modern, adil, dan sejahtera. Dari sejarah ketatanegaraan kita terbukti bahwa Pancasila mampu mempersatukan bangsa kita yang majemuk.

Berikut adalah nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Baca Selengkapnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar