Skip to main content

Cara Merender Animasi Diblender

Cara Merender Animasi di Blender

Tahap final sesudah kita modeling yaitu ialah merender. Render dalam software blender terdapat 3 pilihan  yaitu render Images, Movie(Animasi) dan Audio. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan cara merender animasi dengan format PNG dan Format Movie (MP4) serta keungulan dari masing masing metode render tersebut.  Bila kalian masih belum memahami apa itu render atau rendering sanggup membaca postingan saya sebelumnya tentang Pengertian Render.

Beberapa metode dalam merender animasi pada blender yaitu render animasi dengan format movie menyerupai mp4, atau berupa format file PNG yang kemudian dilakukan reprocesing pada video editing menjadi format MP4. Karena sejatinya format untuk animasi ialah format movie menyerupai MP4,OGG,WebM.


Cara render animasi dari file format PNG ke format movie

Animasi dalam blender sanggup dirender dari file berformat PNG, Berikut lankah-langkah render animasi dari format PNG di reprocesing pada video editing Blender menjadi format MP4.


1. Untuk Membuat objek bergerak pada blender kita harus mengatur pada keyframe, dengan cara klik tombol keyboard I maka akan keluar hidangan keyframe atur sesuai keinginan. Pada postingan ini saya merubah location objek pada keyframe 10 20 30 40 dan 50, sehingga karenanya objek akan bergerak sesuai location yang kita tentukan pada keyframe tersebut.


2. Setelah mengatur keyframe selanjutnya masuk properti render, pada hidangan dimension tentukan resolusi, tentukan output dimana hasil akan disimpan,dan pilih format PNG.

3. Klik render animation, tunggu sampai proses render selesai, sesudah proses render selesai pilih screen layout video editing.



4. Klik add Images, Pilih folder daerah menyimpan gambar PNG Hasil render


5. Kembali ke mode 3D View dengan menentukan screen layout default
6. Atur format output ke mode mpeg, tentukan ouput lokasi menyimpan file.
7. Klik render animation
8. Selesai lihat pada folder daerah menyimpan hasil render untuk melihat hasilnya.

Cara Render Animasi Dengan Format Movie Langsung
Jika sobat belajar sendiri merasa ribet dengan langkah yang pertama alasannya ialah harus merender dalam format PNG kemudian gres di rubah ke format movie (MP4/Mpeg), berikut saya jelaskan cara merender animasi dengan format movie langsung.

Berikut langkah-langkah render animasi dengan format movie (Mpeg) langsung.

1. Langkah awal sama menyerupai yang pertama kita tentukan terlebih dahulu keyframe, perbedaan hanya pada pilihan render. Pada render animasi dengan format movie kita eksklusif pilih format Mpeg video kemudian pilih lokasi penyimpanan.



2. Lalu mana dari kedua metode tersebut yang harus kita lakukan dikala akan merender animasi berikut keunggunan dan kelemahan dari masing masing metode, sehingga kalian sanggup menentukan metode mana yang akan kalian lakukan dikala akan merender animasi.

Keunggulan render animasi dari format PNG ke format Movie
Hasil Render lebih cepat daripada render dengan format movie langsung
Kelemahan
Langkah render lebih panjang daripada render dengan format animasi langsung.

Keungulan render animasi format movie langsung
Langkah render animasi lebih singkat
Kelemahan
Waktu render animasi menjadi lebih lama
Berikut hasil dari render animasi dari format PNG reprocesing Movie melalui Video editing

Berikut hasil dari render animasi format Movie langsung

Dari hasil di atas tidak ada perbedaan yang signifikan untuk hasil rendernya, Demikian klarifikasi wacana cara merender animasi di Blender, Silahkan dipraktikan, kalau mengalami kesulitan sanggup tinggalkan pertanyaan dalam komentar, biar bermanfaat.Happy Blendering.

Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar