Skip to main content

Cara Modifikasi Power Amplifier TOA Untuk Mushola dan Masjid.

Dapat project kecil membuatkan sepaket power untuk musholanya teman. dan ketika ditanyakan ke pemilik, dia bilang dipasang TOA/speaker corong.

Dalam modifikasi power amplifier TOA ini kita memerlukan beberapa komponen yang nantinya kita gunakan sebagai pengganti komopnen-komponen yang ada pada power ampli TOA sebelumnya, dan di sini komponen-komponen yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Kit power amplifier OCL 150 Watt yang pakai jengkol Malaysia.
2 buah elco 6800uF/50V.
4 buah dioda 3 Ampere .
Penguat mic atau mixer 7 potensio.
Master mixer.

Apabila semua komponen-komponen telah tersedia maka kita rakit satu per satu sampai selesai baik dari driver power ampli TOA, penguat mic 7 potensio atau mixer, dan master mixer kita rakit dalam satu box power amplifier TOA.

Namun dalam modifikasi power amplifier TOA tidak cukup sekedar modifikasi saja karena pada prinsip nya power amplifier TOA atau power amplifier untuk speaker Horn berbeda dengan power amplifier pada umumnya, kita harus menyeimbangkan impedensi nya agar seimbang dengan speaker Horn.

Maka dari itu silahkan ganti Resistor atau R 33K/47K dari Transistor yang menuju speaker ganti dengan ukuran 100K, ganti juga Transistor atau TR BD139 dan BD140 dengan TIP 31 dan TIP 32 atau TIP 41/42.

Untuk transistor final sebaiknya menggunakan Jengkolan 2N3055 dan MJ2955 Malaysia.

Demikian pembahasan admin kali ini tentang cara modifikasi power ampli TOA atau cara modifikasi power ampli Horn, semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan bisa jadi referensi serta semoga bermanfaat bagi kita semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar