Skip to main content

Cara Memakai Headset Yang Aman, Baik Dan Benar

Anda mungkin berharap jikalau nantinya bisa menemukan suatu headset yang mana benar-benar sehat dan kondusif untuk telinga. Akan tetapi, yang sangat disayangkan, sebagus apapun atau secanggih apapun kualitas headset yang dimiliki dan bahkan seaman apapun jaminan yang diberikan produsen kepada para pembeli atau konsumen, sampai ketika ini masih belum juga ada headset yang bisa menjamin indera pendengaran pengguna akan tetap sehat.

Selain menjaga headset biar tetap sehat dengan cara merawat perangkat tersebut dari abu dan kotoran yang menempel, Anda sendii juga harus bisa menjaga kuantitas penggunaannya. Termasuk itu dalam seberapa besar volume ketika Anda memakai headset, entah itu earphone atau headphone.

Resiko Kehilangan Pendengaran

 Anda mungkin berharap jikalau nantinya bisa menemukan suatu headset yang mana benar Cara Menggunakan Headset yang Aman, Baik dan Benar

World Health Organization (WHO) melaporkan jikalau dengan mendengarkan musik bervolume terlalu besar bisa menciptakan Anda menjadi hilang pendengaran.

Bagi belum dewasa muda atau kaum dewasa yang memutar musik terlalu kencang pada smartphone, iPod atau bahkan laptop sampai terdengar ibarat sedang dalam konser, mempunyai resiko untuk terjadi kehilangan pendengaran.

Bahkan, WHO sendiri telah melaporkan jikalau lebih dari 1,1 juta orang yang mempunyai rentang usia antara 12 sampai 35 tahun mempunyai resiko kehilangan pendengaran, hanya alasannya yakni penggunaan perangkat yang satu ini.

Di dalam beberapa studi juga memperlihatkan jikalau jumlah anak muda yang pendengarannya rusak tersebut memperlihatkan peningkatan di beberapa tahun belakangan ini alasannya yakni mendengarkan musik terlalu kencang di smartphone atau perangkat mereka.

WHO sendiri pada jadinya menyarankan untuk para pengguna biar mendengarkan musik dengan headset, setidaknya paling usang ialah 1 jam per hari dan dengan volume yang tak lebih dari 60%. Terkadang kebanyakan dari kita mendengarkannya di 60 sampai 80%, padahal itu sangat berbahaya!

WHO sendiri juga sudah mengungkap ada sebanyak 2 macam cara untuk mengurangi resiko kehilangan pendengaran ketika memakai headset, yakni :
  • Mengurangi usang Anda ketika mendengarkan musik dengan memakai headset.
  • Mengurangi volume ketika Anda mendengarkan musik dengan memakai headset.

Memilih Headset yang Berkualitas Tinggi

Owen Brimijoin, yang merupakan ilmuwan pemeriksaan MRC Institute of Hearing Research di Glasgow mengungkap jikalau setidaknya Anda membeli headset atau headphone, alangkah baiknya untuk membeli yang benar-benar mempunyai kualitas tinggi atau berkualitas baik.

Headset yang murah tak akan bisa mentransmisikan bass dengan baik. Saat Anda mencoba untuk meningkatkan volume, biasanya juga frekuensi bunyi menjadi meningkat dan berbahaya untuk pendengaran.

Sementara itu juga ada beberapa penelitian yang telah dilakukan, memperlihatkan jikalau vitamin antioksidan ibarat halnya vitamin C bisa mencegah terjadinya hilang pendengaran. Jadi, perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Alangkah baiknya untuk lebih elok lagi ketika sudah mempunyai headset atau headphone yang berkualitas tinggi, jangan lupa untuk memperhatikan cara penggunaan, ibarat berapa usang menggunakannya dan seberapa besar volumenya, itu harus diperhatikan dengan baik. [1]

Tips Menggunakan Headset dengan Aman

  1. Hindari memakai headset yang eksklusif masuk ke dalam lubang telinga. Lebih baik untuk memakai headphone yang besar, alasannya yakni masih ada udara yang bisa masuk ke dalam telinga.
  2. Hindari juga membuatkan headset atau earphone kepada orang lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya benjol telinga.
  3. Pastikan untuk mengganti spons atau karet epilog headset sebulan sekali paling minimal. Jika tidak mempunyai spons, pastikan untuk dibersihkan setiap waktu.
  4. Jangan pernah memakai headset ketika mengendarai kendaraan beroda empat atau bepergian dengan memakai kereta, bus atau bahkan berjalan kaki.
  5. Yang paling penting, jangan pernah mendengarkan musik dengan volume yang keras ketika memakai headset. [2]

Penggunaan Headset yang Lebih Aman Lagi

Kuncinya itu ialah 60 : 60. Jadi, volume maksimal 60% dan hanya boleh dalam 60 menit saja.

Sementara itu, smartphone yang kini juga pada umumnya akan memperlihatkan suatu peringatan resiko gangguan pendengaran ketika volume bunyi yang dihasilkan terlalu tinggi. [3]

Waspadai Hal Berikut

Hindari kebiasaan mendengarkan musik dengan memakai earphone sampai tertidur. Telinga juga membutuhkan istirahat dari adanya bunyi bising.

Headset dengan harga yang murah tak disarankan alasannya yakni malah bisa saja membawa efek atau dampak yang jelek bagi kesehatan telinga.

Sementara itu, apabila Anda merasa indera pendengaran atau pendengaran sudah bermasalah, jangan ditunda untuk memeriksakan secara eksklusif ke dokter. Bahkan, di ketika tanda-tanda tersebut terasa kecil berdasarkan Anda dan masih dalam batas wajar, mungkin bersama-sama bisa bermetamorfosis persoalan pendengaran permanen nantinya. Ayo jaga sekarang!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar