Skip to main content

Penjelasan Wacana Ip Address Pada Jaringan Komputer

Pengertian IP Address pada jaringan Jaringan – Pada postingan kali ini admin akan membahas apa itu  IP Address atau yang biasa dikenal alamat IP, berkaitan dekat mengenai penggunaan jaringan internet.  Alamat IP yaitu sebuah deretan angka biner yang tersusun antara angka 32 bit sampai 128 bit untuk dipakai untuk alamat host tiap komputer atau PC dalam jaringan internet.


Atau tepatnya alamat IP merupakan suatu identitas komputer yang teridiri dari deretan angka biner. Biasanya, 32 bit dipakai untuk alamat IP Address IPv4 dan  128 bit dipakai untuk alamat IP Address IPv6 dalam pertanda alamat dari sebuah komputer pada jaringan yang berbasis TCP/IP.
Selain jaringan internet, alamat IP juga berkaitan dekat dengan DHCP ataupun DNS Server. Client biasanya akan mendapatkan jaringan dari alamat IP secara otomatis pada DHCP. Sedangkan pada DNS server, alamat IP dipakai untuk menyetting pada IPv4.
Selain berkaitan dekat dengan beberapa tools, alamat IP juga mempunyai beberapa fungsi yang ada didalam sebuah komputer. Di sebuah alamat IP dikelompokkan menjadi 5 kelas, yaitu kelas A,B,C,D,E. Sebelum menuju kesana, Anda harus tahu dulu pengertian IP Address dan Fungsinya.

PENGERTIAN IP ADDRESS

Alamat IP yaitu sebuah identitas host dari sebuah komputer atau PC dengan deretan instruksi biner yang berbeda satu sama lain.

FUNGSI IP ADDRRESS

Fungsi dari alamat IP yaitu untuk mengidentifikasi identitas dari sebuah komputer. mudahnya adalah  IP Address sebagai identitas unik dari sebuah komputer untuk mengenali device/jaringan komputer.
Jenis IP Addres
IP Address mempunyai 2 jenis, Yaitu IPv4 dan IPv6. Apa maksud dari  IPv4 dan IPv6?. IPv4 yaitu Internet protocol versi 4 dan IPv6 yaitu internet protocol versi 6. Internet protocol biasanya dipakai oleh alamat IP untuk mengidentifikasi sebuah jaringan internet
A. Alamat IP Versi 4
Alamat versi ini biasanya terdiri dari 32 bit dan bisa menampung lebih dari 4.294.967.298 host diseluruh dunia. Ini  versi usang dari sebuah alamat IP yang sekarang jarang digunakan.
B. Alamat IP Versi 6
Alamat IP Versi 4 mempunyai host yang terbatas seiring perkembangan dan penggunaan komputer atau PC dalam jumlah yang banyak. Maka Alamat IPv6 diciptakan untuk mengatasi duduk kasus tersebut. IPv6 sanggup menampung host dari alamat IP versi 4 sampai beratus kali lipat.
IPv6 memakai sistem 128 bit dalam sistem komputer. Alamat jenis ini sanggup menampung host dari hasil pangkat 4 alamat IP versi 4. Maka akibatnya yaitu 340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.456. Tentu, versi terbaru dari alamat IP lebih baik daripada versi sebelumnya.
Sebelum merambah kedalam kelas IP Address, ada baiknya kau untuk memahami pengertian dasar dari subnetmask dan gateway.
Pengertian Subnetmask
Subnetmask yaitu sebuah angka biner 32 bit yang dipakai untuk menunjukkan perbedaan antara Network ID dan Host ID dan pertanda letak suatu host. Subnetmask biasanya otomatis dan default dibentuk menurut kelas kelas alamat IP Addres didalam beberapa jaringan TCP/IP. Subnetmask identik dipakai dalam bentuk dotted decimal notation (notasi desimal bertitik).
Pengertian Gateway
Gateway atau lebih dikenal sebagai gerbang jaringan yaitu sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan lebih dari satu jaringan komputer dengan alamat protokol yang berbeda menjadi satu jaringan yang sama. Sehingga, banyak sekali komputer dengan alamat IP yang berbeda sanggup terhubung dalam satu jaringan yang sama dan sanggup saling membuatkan informasi.
Contoh Kelas IP Address
Pengertian IP Address pada jaringan Jaringan PENJELASAN TENTANG IP ADDRESS PADA JARINGAN KOMPUTER
Pembagian kelas IP Address terbagi  4 oktet. Nilai untuk satu oktet yaitu 255. Karena ada 4 oktet, maka nilai oktet dikali menjadi 4. Nilai address sebanyak ini harus dilakukan untuk pembagian dari masing masing kelas alamat IP. Hal itu menciptakan IP Address terbagi menjadi lima kelas.
Diantaranya yaitu kelas A,B,C,D,E. Masing masih kelas mempunyai perbedaan di ukuran dan jumlah alamat. Dan disebuah kelas didasari oleh dua hal, yaitu Network ID dan Host ID. Network ID mempunyai kegunaan untuk mengidentifikasi jaringan dimana host komputer itu berada.
Sedangkan Host ID mempunyai kegunaan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat atau device dari sebuah jaringan yang ditunjukan oleh jaringan Network ID.  Berikut klarifikasi mengenai lima kelas IP Address
Kelas A
Kelas IP Address dari jenis terdiri dari 8 bit yang dipakai untuk Network ID dan 24 bit untuk Host ID. Kelas ini mempunyai bit pertama dengan angka nol. Dan oktet pertama dalam kelas A mulai dari angka 1 – 127.
Kelas A mempunyai jumlah netwok sebanyak 126 dan jumlah IP Addres sebanyak 16 jutaan lebih. Cara membaca IP Addres kelas ini adalah, contohnya alamat IP Addres suatu komputer yaitu 172.34.3.7 maka Network ID alamat tersebut yaitu 172 dan Host ID nya yaitu 34.3.7.
Kelas B
Kelas IP Addres dari jenis ini terdiri dari 16 bit yang dipakai untuk Network ID dan Host ID. 2 bit pertamanya yaitu angka 10. Untuk oktet pertamanya yaitu 128 sampai 191. Kelas B mempunyai jumlah network sebanyak 16.384 dan jumlah IP Address sebanyak 65.354.
Kelas C
Panjang Network ID untuk kelas C yaitu 24 bit dan 8 bit untuk panjang Host ID nya. Kelas ini mempunyai panjang oktet pertama mulai dari 192 – 223. Jumlah network dari kelas jenis ini yaitu 2.097.252 dan jumlah IP Addressnya sebanyak 254.
Kelas D
Kelas IP Address tipe D tidak mempunyai bahkan tidak mengenal dari jaringan Network & Host ID alasannya yaitu beliau mempunyai sistem bit multicasting. Untuk 4 bit pertamanya yaitu 1110 dan oktet pertamanya 240-255.
Kelas E
Kelas E juga sama ibarat Kelas D yaitu tidak mengenal Network dan Host ID. Untuk 4 bit pertamanya yaitu 1111. Oktet pertama dari kelas E yaitu 248 sampai 255. Kelas dari jenis ini biasanya dipakai untuk ruang alamat yang dicadangkan untuk sebuah percobaan.
Semoga Bermanfaat :)

Sumber https://infodetekno.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar