Skip to main content

7 Cara Mempercepat Loading Website Basis Wordpress, 100% Ampuh!

Loading sebuab blog atau website merupakan hal yang sangat penting dan krusial. Banyak sekali tutorial mengenai mempercepat blog namun rata-rata dari tutorial yang ada tidak menunjukkan imbas yang signifikan dalam mempercepat website. Namun, kali ini mimin ingin sedikit share cara efektif menciptakan halaman blog menjadi super ringan berdasarkan pengalaman mimin bertahun-tahun memakai CMS Wordpress dan Blogger.

Loading sebuab blog atau website merupakan hal yang sangat penting dan krusial 7 Cara Mempercepat Loading Website Basis Wordpress, 100% Ampuh!
Salah satu blog yang aku optimasi

Namun, di artikel kali ini mimin hanya akan membagikan cara meningkatkan page speed khusus untuk website berbasis cms wordpress. Cara ini sanggup anda buktikan memakai tool untuk mengecek page speed menyerupai gtmatrix, page speed insight atau tool sejenis. Langsung aja tanpa basa bau berikut artikel lengkapnya...

1#. Gunakan Plugin Andalan Saya! (WP Fastest Cache & A3 Lazy Load)


Dua plugin ini merupakan plugin sakti andalan aku yang sangat efektif untuk mempercepat website hingga 90%. Kombinasi dari plugin ini sangat jitu diterapkan pada website yang tidak akan bentrok dengan sistem cache menyerupai sebuah blog atau landingpage biasa. Namun, untuk website toko online yang kompleks saran aku harus hati-hari alasannya ialah sanggup mengganggu fungsi sistem billing atau sistem lainya.

Namun, hingga dikala ini aku belum menemukan kasus tersebut, aku gunakan pada blog, toko online. woocommerce hingga landingpage. Semuanya kondusif dan cepat!

Sesuai namanya, plugin WP Fastest Cache berfungsi untuk mengaktifkan fitur cache pada website kita sehingga ketika user meminta file yang sama, user tidak akan mendownload lagi resource sehingga website dimuat lebih cepat.

Dan fungsi A3 Lazy Load yaitu untuk menunjukkan imbas loading pada gambar dan elemen lainya sehingga elemen akan dimuat ketika user melaksanakan scroll. Makara Above the fold akan dibentuk lebih dulu yang menjadikan loading web sangat cepat terutama pada tampilan mobile.

Lihat Settingan Berikut Ini

Loading sebuab blog atau website merupakan hal yang sangat penting dan krusial 7 Cara Mempercepat Loading Website Basis Wordpress, 100% Ampuh!


2#. Gunakan Gambar yang Kecil (Pakai Juga Plugin Smush)


Gambar merupakan salah satu elemen yang memperlambat website secara signifikan. Pastikan setiap gambar yang kau ingin upload sudah di kompress dengan software kompress gambar. Entah itu foto produk, foto featured post, foto ilustrasi artikel dan sebagainya. Saya sarankan untuk memakai gambar dibawah 20 KB.

Nah, selain itu gunakan plugin yang berjulukan smush. Plugin ini akan secara otomatis mengkompress gambar yang telah ada dan mengoptimasi gambar setiap anda mengunggah gambar baru. Selain itu, plugin canggih ini juga akan meresize gambar yang terlalu besar.

3#. Hapus Widget yang Tidak Berguna


Ketika aku menciptakan sebuah web atau blog, aku jarang memakai widget alasannya ialah berdasarkan aku ini sangat berat dan sanggup menciptakan website jadi lemot. Gunakanlah widget jikalau memang dibutuhkan dan sangat penting.

4#. Pindahkan CSS & Javascript ke Footer


Jika anda sudah mengerti dalam code-code dalam wordpress dan theme yang anda gunakan. Sebaiknya pindahkan CSS dan JS ke footer semoga loading website lebih cepat alasannya ialah elemen berat akan di muat di akhir. Contoh script yang sanggup anda pindahkan ke footer menyerupai Google Tag Manager, Kode Google Analystic, Kode FB Pixel dan sebagainya.


5#. Gunakan CDN (Content Delivery Network)


Jika anda mempunyai budget lebih, anda sanggup memakai cdn yang berfungsi untuk mempercepat undangan file dari server asli. Dengan CDN, file-file akan disebar ke banyak sekali negara sehingga ketika user membuka website kita maka mereka akan secara otomatis me load file yang lebih bersahabat dengan posisi mereka berada sehingga loading lebih cepat. Salah satu CDN terkenal contohnya Cloudflare.

6#. Gunakan Template Ringan, Ukuran Kecil & SEO Optimized


Template merupakan hal yang tidak mengecewakan kuat pada sebuah website. Sebelum anda menentukan dan membeli template, anda sanggup mengecek speednya terlebih dahulu memakai page speed insight atau gtmetrix. Jika balasannya diatas B atau A maka dipastikan template tersebut sangat cepat dan rekomended untuk digunakan. Selain template, usahakan untuk tidak menginstal plugin-plugin yang tidak diharapkan akan loading web akan semakin cepat.

7#. Gunakan Hosting yang Cepat


Sehandal apapun kita mengoptimasi, jikalau hosting yang dipakai lemot maka akan sia-sia. Makara pilihlah penyedia hosting yang sudah memakai teknologi terbaru menyerupai SSD. Hal ini sangat kuat pada load sebuah website ataupun blog.

Lantas, apakah manfaat website yang cepat dan ringan? Apakah hanya gaya-gayaan? atau hanya untuk show off belaka? Tentu tidak. Menurut survei google, pengguna akan kabur jikalau loading website lebih dari 3 detik. Maka dari itu, website anda harus dimuat kurang dari 3 detik walau dalam koneksi lemot sekalipun. Dengan begitu pengguna tidak akan mengklik tombol back dan beralih ke website lain.

Berikut ialah Manfaat Website yang Ringan dan Cepat

  • User akan betah dan tidak akan kabur pada 3 Detik Pertama
  • First Impression akan baik
  • SEO akan sangat optimal sehingga peluang artikel tampil dihalaman pertama lebih besar
  • Memberikan kenyamanan pada pengunjung
  • Peluang pengunjung kembali di lain waktu akan lebih tinggi
  • Mengurangi Bounce Rate
  • Memudahkan acara bernavigasi di dalam website
Sekian artikek mengenai cara mempercepat loading sebuah blog atau website berbasis cms wordpress. Cara diatas 100% Ampuh terbukti sesuai pengalaman aku dari 2012 di bidang webmaster dan jasa. Sebenarnya tidak perlu cara yang ribet atau teknis menyerupai tutorial-tutorial lain. Cukup klik-klik saja maka website anda sanggup menjadi lebih cepat 90% dari sebelumnya. 

Tidak percaya? Coba Saja Sendiri!

Jangan Lupa Share ke Teman Kalian dan Bookmark halaman ini!

Sumber https://www.septian.web.id/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar