Skip to main content

Cara Memakai Spin Tools Pada Blender

Pada postingan kali in aku akan membahas  Cara Menggunakan Spin Tools Pada Blender

Pada postingan kali in aku akan membahas Spin Tools pada BlenderApakah Sahabat belajar sendiri ada yang tau Fungsi Spin Tools Pada Blender? Spin sendiri dalam artinya katanya yaitu berputar, dalam pemakaian di software blender Fungsi Spin Yaitu Untuk Menggandakan Objek Secara Melingkar.


Ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum menerapkan perintah Spin pada blender,diantaranya :
  1. Kita harus mengetahui sudut lingkaran, kenapa harus mengetahui sudut lingkaran, sebab sesuai fungsi spin yaitu meniru objek secara melingkar, sedangkan bulat itu satuannya sudut dalam derajat.
  2. Kita harus mengetaui pivot point pada blender, kenapa harus mengetahui pivot point, sebab secara otomatis software blender, menerapkan putaran objek berpusat pada pivot point 3D Cursor. Bila belum mengetahui pivot point baca postingan aku tentang Cara Penggunaan Pivot Point Pada Blender.
  3. Spin Tools hanya dapat diterapkan pada mode Edit Mode
Setelah memahami hal di atas kini kita ke praktik, Saya contohkan disini memakai objek silinder dengan view top ortho, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:


Selanjutnya seleksi objek yang akan digandakan secara melingkar, masuk pada edit mode dengan menekan tombol TAB pada keyboard klik hidangan tools pilih spin, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

Setelah pilih spin maka secara otomatis objek yang diseleki akan digandakan secara melingkar dengan perporos pada 3D Cursor, untuk menyesuaikan jumlah objek yang ingin di gandakan dan ingin di terapkan pada derajat lingkaran, isi nilai pada hidangan pop up spin, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

Penjelasan Menu Pop Up Spin

Step adalah untuk memilih berapa banyak objek yang ingin digandakan.
Angle yaitu untuk penerapan sudut hasil spin ,sesuai derajat lingkaran.
Center X, Y, dan Z yaitu untuk mengatur jarak objek hasil spin terhadap objek original.
Axis X, Y dan Z yaitu untuk mengatur posisi objek hasil spin pada sumbu terhadap objek original.

Sekian klarifikasi mengenai Cara Penggunaan Spin Tools pada Blender atau meniru objek secara melingkar, jikalau mengalami kesulitan, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar.



Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar