Skip to main content

Buruan Cek! 10 Ciri-Ciri Smartphone Yang Terkena Virus Dan Solusinya

Seringkali, virus menciptakan ulah di aneka macam perangkat elektronik, misalnya pada smartphone alias HP android. Virus yang masuk dan merusak ke smartphone terkadang gampang-gampang susah dalam solusi cara mengatasinya.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna smartphone Android dari tahun ke tahun, menciptakan para penjahat cyber menargetkan kepada para pengguna android sebagai salah satu sasaran empuk mereka.

Yang jauh lebih parahnya lagi, lebih dari 50% virus atau malware berbahaya yang diciptakan, ditujukan untuk menyerang perangkat-perangkat android.

Tentu dengan hal ini menjadi salah satu ancaman jelek bagi kita yang sering memakai HP android dalam melaksanakan aneka macam macam acara atau kegiatan, menyerupai misalnya belanja online, mobile banking dan transaksi perbankan yang lain.

Apablia kita sedikit saja lengah, maka segala acara atau kegiatan yang bekerjasama dengan internet sanggup dengan praktis dimata-matai oleh para hacker, bahkan mereka sendiri juga sanggup dengan praktis mencuri data-data penting yang lain yang ada di smartphone kita.

Lantas, apakah HP android yang kau gunakan ketika ini sudah terindikasi terinfeksi virus atau bahkan malware yang berbahaya? Untuk sanggup mengetahui lebih lanjut akan hal ini, mari simak ciri-cirinya!

Tanda atau Ciri-ciri Smartphone yang Terkena Virus

 virus menciptakan ulah di aneka macam perangkat elektronik Buruan Cek! 10 Ciri-ciri Smartphone yang Terkena Virus dan Solusinya

1. Muncul Iklan Pop-up

Tanda-tanda yang pertama smartphone terkena virus yakni dengan munculnya iklan di perangkat dengan sering, terlebih apabila ada iklan atau pesan yang muncul secara pop-up, yang sangat mengganggu acara kita ketika memakai smartphone.

Apabila kau menemukan iklan ini di dalam aplikasi atau game atau bahkan website yang sedang kau kunjungi menampilkan iklan, itu masuk akal dan sangat tidak mengganggu, alasannya memang itu bukanlah virus. Yang jauh lebih mengganggu yakni dengan adanya pop-up!

Iklan pop-up ini akan tiba atau hadir ketika kita sedang tidak browsing sanggup muncul sendiri. Misal di homescreen, lockscreen atau ketika membuka aneka macam macam aplikasi yang biasanya tak ada iklan, kok malah tiba-tiba ada iklan pop-up yang muncul dan sangat mengganggu.

Alangkah baiknya ketika muncul jangan diklik alasannya itu menjadi salah satu jalan bagi para penjahat cyber untuk mengambil warta penting milikmu yang terdata di dalam smartphone.

2. Baterai Smartphone Menjadi Cepat Habis

Baterai smartphone yang kau miliki jadi lebih cepat habis dibandingkan dari biasanya? Padahal, kau memakai smartphone secara masuk akal dan menginstall aplikasi yang tak berat.

Nah, jawabannya, sanggup jadi ada agenda lain yang sedang berjalan di belakang layar, di balik layar (background) smartphone kau ialah virus! Cobalah untuk cari tahu apakah memang ada aplikasi yang tak diinginkan yang hadir di smartphone kamu.

Cara mengeceknya, kau sanggup :
  1. Buka pengaturan (settings)
  2. Klik aplikasi (application)

Coba untuk cek alias mengusut daftar dari seluruh aplikasi yang ada di smartphone, apakah terdapat aplikasi yang mencurigakan terinstall di smartphone kamu.

Jika kau jeli mengecek satu persatu, kemungkinan ada aplikasi asing atau aplikasi yang tak sengaja masuk ke dalam smartphone milikmu yang selama ini sudah berusaha merekam segala bentuk gerak-gerik dari acara atau kegiatan kau ketika memainkan smartphone.

3. Kuota Menjadi Cepat Habis

Kuota yang cepat habis juga sanggup menjadi salah satu menunjukan kalau smartphone yang kau miliki sedang terserang oleh virus. Cek terlebih dahulu aplikasi apa saja yang memang benar-benar menghabiskan kuota internet kamu.

Cara untuk mengeceknya sangat praktis :
  1. Buka pengaturan (settings)
  2. Klik penggunaan data/pemakaian data (data usage)

Dari situlah kau sanggup dengan praktis melihat aneka macam macam daftar aplikasi yang paling banyak memakan atau menyedot kuota yang kau miliki. Apabila aplikasi itu memang sering kau gunakan, maka hal tersebut tidak mengapa.

Nah, yang tidak masuk akal ialah ketika ada aplikasi yang sangat jarang dipakai atau bahkan sesekali menggunakannya sanggup muncul ke dalam teratas yang menghabiskan kuotamu. Apabila menemukan hal yang menyerupai ini, sebaiknya harus cepat-cepat hapus aplikasi tersebut.

4. Redirect Malware

Apabila kau memang sedang asik browsing atau bahkan sedang membuka aplikasi tertentu, namun muncul redirect secara tiba-tiba ke situs yang sangat mencurigakan.

Dari sini, kau coba untuk perlu waspada, sanggup saja itu merupakan malware. Salah satu solusi yang sanggup dilakukan ialah mengusut kembali daftar seluruh aplikasi yang terinstall di smartphone, apakah ada aplikasi yang mencurigakan atau tidak.

5. Smartphone Menjadi Lemot

HP Android yang lemot atau sering lag menjadi salah satu insiden atau insiden yang wajar. Biasanya, hal tersebut terjadi dikarenakan android yang menjalankan aneka macam macam aplikasi secara sekaligus dalam satu waktu.

Dengan menjalankan banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu, maka android akan memakan begitu banyak RAM. Tidak hanya itu saja, smartphone yang lemot juga sanggup diakibatkan oleh adanya kapasitas memori internal yang sudah hampir penuh.

Akan tetapi, bagaimana kalau smartphone lemot walau hanya beberapa aplikasi yang dipakai dan tidak menginstall game yang berat? Hal ini patut untuk kau curigai dan waspadai!

Bisa jadi smartphone kau sudah disisipi oleh virus yang bekerja secara diam-diam di diam-diam smartphone. Cara mengatasinya, kau harus mencari aplikasi yang mencurigakan dan menghapusnya. (Selengkapnya : 9 Trik Jitu Cara supaya HP Tidak Terkena oleh Virus Berbahaya)

6. Sering Melakukan Restart Sendiri

Apabila HP android milik kau sering mati sendiri atau sering restart sendiri, kemungkinan besar sistem android milik smartphone kau sedang terganggu kinerjanya. Ada banyak hal yang sanggup mengganggu sistem android.

Salah satu misalnya yakni virus yang menyerang dan merusak sistem android, sehingga sanggup menyebabkan HP menjadi sering restart atau sering reboot sendiri. Cara paling praktis untuk mengatasinya ialah dengan cara melaksanakan scanning dengan memakai aplikasi antivirus.

7. Booting yang Lama

Smartphone yang booting terlalu usang dari biasanya, pada umumnya dikarenakan RAM dan memori internal yang terlalu rendah atau malah hampir penuh penggunaannya.

Akan tetapi, kalau smartphone yang kau miliki mempunyai spesifikasi yang cukup dan mumpuni, namun ternyata booting masih lama, maka harus dicurigai kalau smartphone terinfeksi oleh malware.

Apabila kondisi yang terjadi ini sudah begitu parah, maka disarankan atau direkomendasikan untuk melaksanakan factory reset.

8. Muncul atau Menerima SMS yang Aneh

Kamu tentu tahu mana SMS (pesan singkat) yang tiba dari kontak kau dan mana yang bukan. Jika suatu hari atau suatu ketika kau menemukan SMS asing yang mana kau tak melakukannya, ada kemungkinan kalau smartphone kau sudah diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Pada umumnya, SMS asing yang masuk ini dipergunakan oleh peretas dalam mengambil atau mencuri akun dan data perbankan atau bahkan login ID media sosial.

Teknik yang dipakai di sini biasanya dikenal dengan nama teknik phising. Jadi, segera hapus SMS yang tak penting atau mencurigakan tersebut.

Tidak hanya itu saja, yang lebih parahnya lagi, smartphone yang terkena malware juga ternyata sanggup melaksanakan panggilan ke nomor telepon tertentu secara diam-diam lho!

9. Biaya Penggunaan Telepon Menjadi Membludak

Malware juga sanggup dengan praktis mengontrol penggunaan atau pemakaian telepon dan SMS, sehingga kadang tanpa diketahui, malware bekerja dengan cara mengirim SMS ke layanan berbayar yang mempunyai sifat berlangganan.

Untuk mengetahui secara lebih lanjut atau secara lebih jelas, bagi kalian yang memakai pulsa telepon sistem prabayar, niscaya akan dengan praktis sanggup melihat rincian telepon dan SMS yang sudah dipergunakan.

10. Mati Sendiri ketika Menerima Telepon

Jika kau pernah mengalami hal yang satu ini, sanggup jadi di dalam smartphone kau sudah terdapat virus, malware atau bahkan yang sejenisnya menyusup masuk ke dalam perangkat kamu.

Salah satu yang sanggup dilakukan oleh penjahat ini dengan cara menghipnotis panggilan yang masuk. Jadi, ketika kau sedang mendapatkan atau mendapatkan telepon orang lain, tanpa diketahui dengan jelas, pembicaraan terputus.

Selain penyebabnya jaringan yang terganggu, pulsa si penelpon habis atau pulsamu habis dan kemungkinan yang ketiga alasannya terindikasi virus di dalam smartphone milikmu.

Tips supaya Smartphone Terhindar dari Virus

 virus menciptakan ulah di aneka macam perangkat elektronik Buruan Cek! 10 Ciri-ciri Smartphone yang Terkena Virus dan Solusinya

  • Unduh atau download aplikasi yang diharapkan dari situs-situs resmi. Misal unduh saja dari Google Play Store, untuk pengguna Apple di Apple App Store. Jangan unduh di kawasan yang lain.
  • Unduh juga aplikasi antivirus yang sangat membantu ketika kau sedang membutuhkannya di ketika smartphone sudah tak lagi berjalan menyerupai biasa kinerjanya.
  • Hapus aplikasi yang mencurigakan, yang terdeteksi di pengaturan.
  • Seringlah untuk melaksanakan backup data, baik itu berupa foto, video atau file penting yang lain. Manfaatkan Google Drive, Dropbox atau yang lain untuk melaksanakan backup data.
  • Jika perlu, pada pengaturan (settings) hapus centang unknown resouce (sumber yang tak dipercaya) supaya smartphone sanggup terlindung dari aplikasi yang berbahaya dan aplikasi jahat.
  • Apabila virus sudah brutal masuk ke dalam smartphone dan kau tak tahan, lebih baik untuk melaksanakan factory reset.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar