Skip to main content

Cara Memperbaiki Baterai Laptop 0% Available (Plugged In Charging )

         Berikut ini saya akan mengembangkan tips dan trik Cara Memperbaiki Kasus Baterai 0% Available (Plugged In Charging ) atau trik perihal bagaimana cara memperbaiki kasus baterai laptop atau netbook yang kondisinya tertera 0 % available (Plugged In charging) walaupun telah di isi ulang dalam jangka waktu 1-3 jam tetap saja persen baterai tidak bertambah, dan ketika charger di lepas laptop pribadi mati. Hal ini sangat umum terjadi pada laptop dan netbook ketika usia pemakaian diatas 1 tahun, mengapa hal ini sanggup terjadi ? 


0 % Available (Plugged In Chargiing)

Terdapat banyak faktor penyebab baterai laptop mengalami hal ini.

Pertama : 
Cara penggunaan anda yang salah, biasanya hal ini terjadi alasannya ialah anda memakai laptop hingga baterai nya benar benar habis (0%). Cara menyerupai ini tidak disarankan yah, jadi silakan gunakan laptop anda hingga muncul pesan peringatan dari baterai biasanya pada ketika kondisi baterai berada pada 5 - 7 % sesuai dengan settingan pada laptop anda akan muncul peringatan untuk memulai proses pengisian lagi, nah barulah anda boleh melaksanakan proses pengisian, jadi peringatan itu ada fungsinya, tolong jangan diabaikan. Pada ketika melaksanakan proses charging usahakan dilakukan hingga konsisi full 100%, jangan biasakan untuk menghentikan pengisian ketika kondisi belum penuh yah, Ingat cell baterai laptop itu ialah smart material (Material pintar) jadi baterai sanggup kekal jikalau anda menggunakannya dengan benar terutama ketika proses pengisian (charging process).


Kedua :
Baterai terlalu usang dibiarkan ketika kondisi dayanya terkuras habis (0%) atau dengan kata lain ketika baterai laptop anda lowbet bukan malah melaksanakan proses pengisian,anda malah menyimpan nya saja alasannya ialah mungkin sudah tidak dipakai untuk sementara waktu, dan nanti ketika hendak dipakai lagi gres anda bergegas untuk melaksanakan proses charging, nah disinilah kadang timbul kasus menyerupai ini yah.

Ketiga : 
Faktor dari cell baterai yang memang sudah tidak memungkinkan lagi untuk melaksanakan proses charging (karna faktor pertama dan kedua tadi). Pada kasus ini baterai sebaiknya diganti dengan yang gres saja tapi lakukan sehabis melaksanakan proses perbaikan secara software terlebih dahulu yang akan saya jelaskan sehabis ini. 

Bagaimana cara untuk mencoba memperbaikinya ???

Saya coba untuk mempraktekkan nya pada netbook asus type X200CA silakan disimak :

Pasang charger, kemudian nyalakan laptop anda, sehabis itu klik sajian START, klik kanan COMPUTER pilih PROPERTIES


Properties Computer
Setelah itu pilih tab DEVICE MANAGER kemudian pilih tab BATTERIES

Device Manager



Kemudian akan ada 3 pilihan pada sajian BATTERIES 

  • Microsoft AC Adapter
  • Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery
  • Microsoft Composite Battery 

Nah disini kita hanya perlu uninstall 2 pilihan 

  • Microsoft AC Adapter
  • Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery
Klik kanan dan Uninstall kemudian OK


Uninstall Microsoft AC Adapter


Uninstall Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery

Setelah itu nyalakan kembali laptop anda dan tunggu beberapa ketika :

Hasil percobaan charging selama 10 menit

Tapi kalau ingin lebih baik sehabis shotdown laptop anda jangan hidupkan, diamkan saja selama 2-4 jam dengan kondisi charger terpasang biar lebih maksimal.

Proses Charging selama 2-4 Jam


Proses ini berhasil pada pola kasus pada netbook asus x200ca dan dari 10 kasus pada laptop dan netbook biasaya 6 kasus terselesaikan dengan cara ini.

Silakan simak video tutorial nya yah, jangan malas untuk subscribe kami biar selalu semangat mengembangkan untuk anda, terimakasih yah.

Oh iya saya informasikan biar anda gak banyak galau bingung lagi, nah cara ini berlaku untuk semua jenis laptop dan netbook type apapun, tapi cara ini tidak sepenuhnya berhasil yah 10:3 lah,
tergantung kondisi baterai laptop anda, cara ini saya hanya lakukan untuk proses pengecekan baterai saja sebelum mengganti dengan yang baru.
CATATAN : Jika sudah melaksanakan proses penggantian baterai yang gres namun dilema belum sanggup teratasi, ada dua kemungkinan, yang pertama sanggup jadi baterai gres yang anda beli mungkin juga konsisinya sudah rusak, yang kedua ada dilema pada mainboard laptop anda, tepatnya pada belahan sirkuit charging.... TERIMAKASIH



Baca Juga Artikel ini sebagai materi pengetahuan untuk anda :



Terima Kasih semoga artikel Cara Memperbaiki Kasus Baterai 0% Available (Plugged In Charging) bermanfaat bagi para pembaca. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar