Skip to main content

Hal Yang Harus Diperhatikan Dikala Membeli Hosting

Membeli hosting tak boleh asal-asalan. Perlu memperhatikan beberapa hal sebelum Anda memantapkan pilihan. Akan tetapi tahukah Anda apa saja hal yang harus diperhatikan ketika membeli hosting? Pertanyaan tersebut paling sering muncul ketika seseorang akan membeli hosting. Hal itu tak terlepas dari fungsi hosting yang berperan dalam keberlangsungan blog yang Anda kelola nantinya. Untuk mendapat hosting terbaik, berikut beberapa poin yang bisa Anda perhatikan.

 Perlu memperhatikan beberapa hal sebelum Anda memantapkan pilihan Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Hosting


9 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Hosting


Hosting bisa diibaratkan sebagai rumah. Rumah yang nyaman dan kondusif sebagai berteduh pastinya menjadi idaman penghuninya. Pun demikian dengan hosting. Hosting yang berperan sebagai rumah haruslah berkualitas dan bisa tahan usang untuk daerah tinggal Anda. Dalam pemilihan daerah tinggal terdapat 2 cara yang sanggup dilakukan.

Cara pertama yaitu dengan menciptakan rumah itu sendiri. Dalam konteks hosting menciptakan rumah di sini berarti mempunyai hosting dengan bermacam-macam perangkat pendukung mirip contohnya PC, internet yang stabil, dan sebagainya.

Sementara cara kedua yaitu dengan menyewa rumah untuk daerah tinggal blog yang Anda buat. Pilihan nomor dua inilah yang paling sering digunakan oleh orang-orang. Berikut akan dibahas 9 hal yang harus diperhatikan ketika membeli hosting.

1. Sesuaikan Berdasarkan Kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memperoleh yang sempurna ialah dengan menyesuaikannya menurut kebutuhan Anda. Misalnya Anda menargetkan pengunjung blog Anda hanyalah berasal dari dalam negeri maka pakai saja hosting dengan server dalam negeri atau hosting Indonesia. Begitu pula sebaliknya, kalau Anda menargetkan pengunjung blog dari luar negeri maka pakai saja hosting yang asalnya dari luar negeri.

Tidak usah terburu-buru membeli hosting berkapasitas besar apabila blog yang akan Anda kelola hanyalah personal blog. Selain itu juga jangan praktis terbujuk rayuan orang yang bilang kalau Anda akan memperoleh kapasitas hosting unlimeted serta bandwtitch unlimeted. Kendati mereka bilang kalau Anda akan memperoleh unlimited hosting namun kenyataannya tidak ada kapasitas unlimited yang didapat. Pastikan Anda membaca syarat dan ketentuan pemakaian hosting yang berlaku.

2. Fitur yang Ditawarkan

Poin kedua untuk mendapat hosting elok ialah dengan memahami fitur apa saja yang diberikan. Sudah wajib hukumnya untuk mencaritahu fitur apa saja yang nantinya akan Anda dapatkan. Contoh dari fiturnya yaitu misal seberapa banyak space yang akan diperoleh, sebesar apa bandwitchnya, control panel apa yang dipakai, ataupun dari segi addon domainnya.

Dengan mengetahui fitur-fitur tersebut maka Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan diri sendiri dalam mengolah bab tersensitif di suatu hosting. Sebagai citra kecilnya ialah misalkan Anda sudah terbiasa dengan cpanel jadi ketika beli hosting bercontrol panel vdeck rasanya akan sedikit sulit. Anda bisa saja kerepotan ketika mengolah file blog yang hendak diunggah. Kaprikornus dengan mengetahui fiturnya maka akan sangat membantu Anda.

3. Harga

Tak sanggup dipungkiri kalau harga menjadi salah satu hal yang penting ketika membeli sesuatu, tak terkecuali beli hosting. Anda pastilah mengidamkan bisa mendapat hosting murah dengan kualitas yang baik. Maka dari itu, sebelum membeli Anda sudah harus mempertimbangkan kemampuan yang bisa dibeli. Jangan praktis termakan orang lain yang dengan gampangnya membeli hosting dari luar negeri mirip contohnya hawkhost, hostgator, ataupun bluehost. Hosting tersebut memang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar, dan sejalan pula dengan harganya. Cukup perhatikan saja kemampuan keuangan yang Anda miliki.

Apabila hosting yang akan diharapkan hanya untuk blog biasa, maka tidak perlu gengsi menggunakan hosting dalam negeri. Harganya juga lebih murah daripada yang luar negeri. Dengan harga hosting web murah maka tidak akan memberatkan Anda apabila nanti harga sewanya telah jatuh tempo. Anda bisa membayarnya dengan mudah. Maka dari itu, pertimbangan harga ialah suatu keharusan.

4. Customer Support

Poin selanjutnya yaitu dari segi customer support atau CS. Jangan sepelekan CS alasannya ialah mereka bisa membantu Anda mengetahui kualitas yang ditawarkan. Dengan Customer Support yang melayani dengan baik maka kepuasan akan Anda dapatkan. Misalnya saja Anda akan membeli hosting unlimited murah yang mereka tawarkan. Maka lihat saja bagaimana respon yang diberikan. Contoh lain lagi ialah ketika akan membeli hosting dari luar negeri dan bahasa inggris Anda kurang lancar. Apabila mereka masih bisa melayani Anda kendati terkendala bahasa maka kemungkinan besar hal yang mereka tawarkan akan tepat.

5. Keberadaan Perusahaan Hosting Terkait

Selanjutnya kalau Anda akan membeli hosting maka Anda harus juga memperhatikan keberadaan perusahaan hosting tersebut. Cari tahu apakah alamatnya terang dan benar-benar ada. Selain itu nomor telepon atau e-mail yang tertera juga valid dan masih aktif atau tidak. Akan lebih baik lagi kalau nomor yang mereka cantumkan bisa melayani customer selama 24 jam non stop atau bahkan menyediakan live chat. Kaprikornus ketika ada hal yang mendesak Anda bisa menghubunginya sewaktu-waktu. Perbedaan waktupun tak menjadi masalah.

6. Testimoni

Testimoni yang Anda butuhkan disini ialah testimoni eksklusif dari pelanggan. Testimoni tersebut juga ditulis di luar website perusahaan terkait. Akan lebih baik kalau testimoni yang diberikan yaitu berupa review lengkap dari seorang blogger. Testimoni di luar website resmi cenderung lebih kasatmata dan tidak dimanipulasi atau dibuat-buat. Kaprikornus Anda bisa membandingkan penyedia hosting satu dengan hosting lainnya.

7. Jumlah Klien

Hal lain yang harus Anda ketahui sebelum membeli sebuah hosting ialah jumlah kliennya. Semakin banyak klien yang ditangani oleh penyedia hosting tersebut maka bisa dibilang kalau mereka lebih handal dari penyedia lainnya. Misalnya Anda akan membeli hosting wordpress murah, carilah penyedia yang sudah mempunyai banyak klien terlebih kalau klien tersebut mempunyai nama besar. Dengan begitu maka Anda bisa semakin yakin dengan pilihannya.

8. Terms of Service

Membaca Terms of Service atau TOS ialah langkah bijak yang wajib Anda lakukan sebelum membeli hosting. Di setiap penyedia layanan hosting niscaya ada TOS yang berbeda-beda. Dengan memperhatikan TOS tersebut maka nantinya bisa tahu apa saja hal yang akan Anda dapat. Selain itu, Anda juga bisa tahu hal apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan ketika membeli hosting tersebut. Dengan begitu maka nantinya tidak ada kesalahpahaman yang bisa saja terjadi.

9. Blog atau Website yang Memakai Jasa Hosting Terkait

Langkah terakhir yang bisa Anda perhatikan sebelum membeli hosting yaitu dengan memperhatikan blog atau website yang pernah menggunakan jasa hosting terkait. Semua orang niscaya ingin yang terbaik bagi blog dan website mereka. Maka dari itu, menentukan yang terbaik ialah solusinya. Apabila blog atau website tersebut susah untuk diakses ataupun kerap maintenance server maka hosting tersebut bukanlah pilihan yang baik.

Itulah 9 hal yang harus Anda lakukan untuk mendapat hosting paling bagus. Dengan mengikuti 9 langkah tersebut maka Anda bisa mendapat hosting terbaik yang sesuai dengan impian dan kebutuhan. Semoga goresan pena ini bisa banyak mempunyai kegunaan bagi Anda.


Sumber https://www.septian.web.id/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar