Skip to main content

Membuat Animasi Partikel System Blender

Animasi Partikel Logo Asian Games

Setelah kita membahas Membuat logo asian games 3D dengan blender,pada postingan kali ini saya akan menjelaskan menciptakan animasi partikel pada blender dengan kombinasi logo Asian Games.

Berikut langkah langkahnya

1. Sebelum kalian menciptakan animasi kalian harus menciptakan storyboard,seperti pola kali ini saya menciptakan storyboard animasi saya yakni : Logo asian games 3D akan berputar 360 derajat dari arah kiri ke kanan dalam waktu 4 detik, lalu di ikuti dengan partikel sistem cahaya lingkaran berwarna warni jatuh dari atas ke bawah.

2. Setelah kalian Membuat storyboard beberapa hal yang perlu di atur seperti:
  • Atur posisi Logo asian games sesuai yang kalian inginkan (sesuaikan dengan sumbu axis 3D view). Pada pola ini saya mengatur posisi logo asian games front ortho.
  • Atur Fps (frame persecond) disini saya mengatur fps 25, sesuai storyboard animasi saya hanya 4 detik maka saya mengatur Star frame 1 dan End Frame 100.
  • Atur foder kawasan menyimpan animasi, pilih format movie FFmpeg, Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

  • Mengatur Putaran logo asian games, sesuai storyboard saya ingin logo berputar 360 derajat kiri ke arah kanan dikarenakan posisi logo pada front ortho sehingga sumbu axis 3D View kiri ke arah kanan berada pada Axis Z maka saya mengatur rotation 360 pada sumbu Z.Untuk lebih jelasnya perthatikan gambar di bawah ini.

Jangan lupa sebelum kalian mengatur rotation, scale dan location animasi sebelumnya kalian menerapkan  posisi default objek pada posisi nol dengan cara tekan tombol CTRL+A pilih apply location, rotation, dan scale sesuai sehingga nilainya menjadi default nol.seperti gambar di bawah ini.

3. Setelah mengatur ke empat hal tersbut, kini tinggal menciptakan animasi partikel cahaya bulat  jatuh dari atas ke bawah. Berikut hal yang perlu ada buat terlebih dahulu:
  • Membuat objek lingkaran berbeda ukuran
  • Memberikan material emission atau cahaya pada objek
  • Memberikan warna cahaya pada objek. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:
 
  • Gabungkan objek lingkaran tersebut menjadi Group dengan cara tekn tombol keyboard CTRL+G Maka seleksi objek akan berwarna hijau.
4. Membuat partikel system
  •  Add Plane perbesar ukuran planes sesuai harapan kita
  •  Taruh di atas logo asian games
  • Seleksi plane, pilih partikel system dan atur beberap hal ibarat :Pada type Partikel system pilih emitter
    Emission isi sesuai keingian pada postingan ini saya cohtohkan


5. Membuat emiter pada planes, kita akan menciptakan semoga objek lingkaran tersebut berjatuhan dari atas ke bawah caranya yakni pada Render partikel system Pilih Group, pada Dupli  Group klik maka akan muncul grup yang tadi telah buat, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.


6. Cek untuk memastikan apakah partikel system telah berfungsi dengan menekan tombol keyboard CTRL+A, Jika hasil nya objek lingkaran berjatuhan dari plane maka partikel system yang anda buat berhasil.

7. Sampai tahap ini berarti anda telah final menciptakan animasi partikel system logo Asian games, sebelum merender animasi ada hal yang perlu di perhatikan partikel system pada blender termasuk pada simulation, sehingga render hanya dapat di lakukan dengan format movie langsung, untuk lebih jelasnya mengenai render animasi format movie pada postingan saya berikut ini cara merender animasi moviehal yang perlu anda lakukan sebelum mengklik render animation yakni melaukan bake pada partikel system, masuk pada cache dan klik free bake.


8. Masuk pada properti render pada ouput hidangan tentukan lokasi penyimpanan hasil render, Pilih format FFmpeg video.


9. Render Animasi, tunggu beberapa dikala hingga render selesai, jikalau anda bermasil maka hasil animasi akan ibarat ini Hasil Render Animasi Partikel System


Demikian klarifikasi kali ini mengenai menciptakan aniasi partikel system logo asian games, semoga bermanfaat.



Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar