Skip to main content

Pemahaman Objek 3D Dan 2D

Pengertian Objek 3D dan 2D

Dalam dunia konkret saat kita akan melaksanakan suatu aktivitas akan lebih baik kita harus memahami aktivitas yang akan kita lakukan supaya mendapa
tkan hasil yang optimal. Sama hal sebelum kita menciptakan objek 3 Dimensi, Apakah kita sudah memahami apa itu 3 Dimensi atau sering disebut 3D? Apa perbedaan 3D dengan 2D. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan pengertian dan perbedaan 3 Dimensi dan 2 Dimensi khususnya pada software blender.

Sebelum masuk ke pengertian 3 Dimensi dan 2 Dimensi, dibawah ini saya lampirkan 2 gambar coba kalian pilih mana dari objek tersebut yang merupakan objek 3D dan 2D.

Jika pilihan kalian nomor 1 yaitu objek 3D, yeay pilihan kalian benar objek nomor 1 yaitu objek 3 Dimensi atau disebut Ruang. Berikut untuk klarifikasi lebih lanjut dari objek 3 Dimensi dan 2 Dimensi.

3 Dimensi sering disingkat 3D atau disebut Ruang
Adalah bentuk dari benda atau objek yang mempunyai panjang, lebar, dan tinggi. Istilah 3D sering dipakai dalam seni animasi, modeling Karakter dan matematika.
Pada matematika Objek 3D diproyeksikan pada sebuah kurva kartesius 3D sebagai berikut.
Pada Sofware 3D (Blender), Objek diproyeksikan pada sebuah kurva kartesius 3D sebagai berikut:

Pada sofware pengolalah grafis objek 3D (Blender) mempunyai sentra kontrol pada sumbu X, Y dan Z sesuai dengan gambar di atas pada sajian transform objek 3D sanggup dimanipulasi location, rotation, scale dan dimension pada sumbu X,Y dan Z.

Pemahaman ini sangat penting untuk kita kuasai sebelum melaksanakan modeling objek atau abjad pada software blender, alasannya yaitu objek 3D terbentuk dari adonan vertex,edge,face (membentuk mesh) dan adonan mesh membentuk poligon (Objek 3D). untuk lebih jelasnya tentang konsep pemodelan blender.

2 Dimensi sering disingkat 2D atau disebut Bidang
Adalah bentuk dari benda atau objek yang hanya mempunyai panjang dan lebar. Istilah 2D sering dipakai dalam seni animasi, komputer dan matematika.
Pada Matematika Objek 2D diproyeksikan pada sebuah kurva kartesius 2D sebagai Berikut:
Pada Sofware 2D, Objek diproyeksikan pada sebuah kurva kartesius 3D sebagai berikut:

Pada sofware pengolalah grafis objek 2D hanya mempunyai sentra kontrol pada sumbu X dan Y.

Setelah membahas pengertian dan perbedaan 3 Dimensi dan 2 Dimensi untuk memperdalam pemahaman di bawah ini saya lampirkan 2 gambar objek coba kalian pilih mana dari objek tersebut yang merupakan objek 3D dan 2D atau apakah kedua gambar tersebut objek 3D?
Jika pilihan kalian kedua gambar tersebut yaitu objek 3 Dimensi, yeay pilihan kalian benar objek nomor 1 dan 2 yaitu objek 3 Dimensi. Yang membedakan hanya pada jumlah Poligon yang membentuk objek, Gambar 1 yaitu objek 3D dengan High Poligon dan Gambar 2 yaitu Objek 3D low Poligon.

Demikian pengertian dan perbedaan objek 3 Dimensi dan 2 Dimensi, biar bermanfaat,Happy Blendering.

Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar