Skip to main content

Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi



Teks eksplanasi yaitu suatu bacaan atau paragraf yang berisikan wacana info mengenai proses bagaimana terjadinya suatu insiden atau insiden dan mengapa itu terjadi baik itu mengenai alam maupun sosial di sekeliling kita, yang mempunyai kekerabatan sebab-akibat dan proses.
Teks eksplanasi mempunyai ciri khusus yang membedakan dengan teks-teks yang lain, yakni berisikan suatu insiden yang mempunyai lantaran dan akibat. Contohnya yaitu rumah tiba-tiba roboh, dibalik robohnya rumah niscaya terdapat faktor yang sanggup membuatnya robot seperti, kurangnya bahan, tidak kokokh dalam proses pembuatannya, terjadi pelapukan kayu atau lantaran lainnya. Dengan adanya suatu peristiwa, kita tidak hanya mencicipi saja, melainkan kita sanggup mendapat pelajaran atas semua yang terjadi, sehingga kita sanggup lebih waspada dan sanggup menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi terdiri dari tiga bagian, yakni:
  1. Pernyataan umum yaitu suatu paragraf yang menjadi inti atau menjadi pembuka dalam suatu bacaan.
  2. Urutan lantaran dan akhir yaitu mengenai uraian wacana apa yang telah terjadi atau insiden yang telah terjadi
  3. Interpretasi yaitu suatu paragraf yang berisikan mengenai kesimpulan apa yang terjadi, mengapa sanggup terjadi dan bagaimana mengatasinya.
Struktur teks ekplanasi diatas harus ada pada bacaan yang menjelaskan mengenai suatu peristiwa, lantaran dengan adanya struktur teks eksplanasi, bacaan akan menjadi satu kesatuan.

Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Pernyataan umum:
Pengangguran merupakan suatu hal yang tidak gila lagi yang didengar oleh telinga, dan menjadi permasalahan yang belum ada akhirnya, banyak yang di Indonesia bahkan dari lulusan SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sarjana pun masih pengangguran. Namun permasalahan ini masih saja terus terjadi dikala banyaknya lulusan-lulusan yang belum tau arah tujuan dan belum tau akan bekerja apa. Tidak hanya itu, pengangguran biasanya terjadi dikarenakan tidak kesesuaian bidang yang ia tekuni dan dikeluarkan dalam pekerjaan dikarenakan suatu hal yang melanggar dari peraturan pekerjaan tersebut, keluar dari pekerjaan lantaran tidak ada kecocokan antar teman atau tidak cocok dengan honor yang ia peroleh.  Pengangguran banyak yang mengartikan bahwa  orang yang tidak bekerja, orang yang sedang mencari pekerjaan dan tidak mempunyai pekerjaan tetap dan tidak berpenghasilan.
Sebab-akibat :
Banyak faktor yang mengakibatkan pengangguran tersebar luas yakni minimnya lapangan pekerjaan. Setiap lapangan pekerjaan mempunyai pekerja yang berketerampilan berbeda-beda. Hal ini biasanya disyaratkan dengan lulusan minimal S1 atau yang berpengalaman dibidang yang sedang dicari lowongan pekerjaan. Hal tersebut mengakibatkan masyarakat terbebani dengan persyaratan tersebut. Namun dengan adanya persyaratan tersebut yang menuntut lulusan tinggi mengakibatkan motivasi untuk berguru kejenjang yang lebih tingg dan biasanya lantaran faktor ekonomi sehingga masyarakat lebih menentukan tidak melanjutkan sekolah dan lebih menentukan untuk bekerja.
Interpretasi :
Dari uraian diatas, maka pengangguran menjadi permasalahan yang serius untuk dicarikan solusinya, yakni dengan memperlihatkan keterampilan kepada masyarakat yang pengganguran dan meluaskan lapangan pekerjaan. Sehingga dengan memperlihatkan keterampilan, mereka yang penggangguran sanggup membuat lapangan pekerjaan sendiri dan sanggup menentukan apa yang cocok mengakibatkan bidang yang ia tekuni. Meluaskan lapangan pekerjaan juga sanggup sedikit membantu mengurangi pengangguran yang ada. Jika kita para mahasiswa sanggup menanggapi permasalahan ini, maka berindak untuk memperlihatkan training kepada masyarakat yang mempunyai banyak pengangguran maka gelar sarjana akan menjadi tidak sia-sia lantaran sanggup bermanfaat untuk orang lain dan menyalurkan ilmunya kepada yang berniat menekuninya. Contoh saja batik, mahasiswa mengadakan workshp wacana batik ikat celup yang sanggup dijangkau oleh masyarakat, dan gampang dilakukan oleh kebanyakan orang.
Dari situ akan muncul kekreatifitasan masyarakat dengan sanggup membuat lapangan pekerjaan perjuangan kaos batik ikat celup dan lain sebagainya. Atau keterampilan lain contohnya merajut lantaran pengagguran kebanyakan dari kalangan wanita yang dituntut hanya dirumah saja, denga merajut akan sanggup dilakukan didalam rumah. Dan dengan seiring berkembangnya zaman sanggup memanfaatkan teknologi yakni telepon genggam yang sanggup mengakses dipenjuru dunia. Dengan menjual rajutan atau batik ikat celup pada online shop dan lain sebagainya.
Pada pembagian struktur teks eksplanasi diatas sanggup disimpulkan bahwa pernyataan umum sebagai pembuka, sebab-akibat sebagai isi dan interpretasi sebagai penutup.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Dalam teks eksplanasi ciri-cirinya gampang menjadi pembeda diantara teks-teks lainnya, yakni sebagai berikut:
  1. Terdapat pernyataan lantaran dan akibat.
  2. Informasi yang dimuat berupa fakta.
  3. Memuat pengetahuan berupa keilmiahan atau ilmiah.
  4. Menceritakan suatu insiden atau kejadian.
  5. Strukturnya terdiri dari 3 belahan yakni pernyataan umum, sebab-akibat dan interpretasi.

Kaidah Teks Eksplanasi

Dalam teks eksplanasi biasanya mempunyai ciri khas kebahasaan dibawah ini sebagai berikut:
  1. Mayoritas memakai acara keilmiahan atau ilmiah menyerupai pelajaran sains yang meneliti sebuah kupu-kupu yang berawal dari kepompong
  2. Biasanya memakai konjungsi waktu menyerupai pertama, sebelum, sesudah, setelah itu, jika, sehingga, bila, kemudian, selanjutnya, kedua, ketiga.
  3. Teks eksplanasi ditulis bahwa sesuatu yang dipaparkan dan diinformasikan bersifat benar adanya, lantaran sifatnya ilmiah sehingga terdapat bukti yang valid atas penelitian tersebut.
  4. Menggunakan kalimat pasif

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Dalam teks eksplanasi jenis secara umum dibagi menjadi dua yakni:
  1. Teks eksplanasi wacana alam
Teks ini bermuat wacana bacaan musibah menyerupai gempa, tsunami, gerhana bulan, angin topan, tanah longsor dan tragedi lainnya yang bekerjasama dengan alam.
  1. Teks eksplanasi wacana sosial (lingkungan sekitar)
Teks ini memuat wacana insiden yang terjadi di sekitar kita, menyerupai demo, rumah roboh, listrik putus, kemiskinan, pengangguran dan lainnya. Pada teks eksplanasi sosial ini sanggup diuraikan menjadi banyak menyerupai wacana budaya, wacana permasalahan perekonomian masyarakat dan masih banyak lagi.

Sumber https://ramadaniad.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar