Skip to main content

Cara Merawat Smartphone Android Dan Iphone Semoga Tetap Awet

Cara Merawat Smartphone Android dan Iphone Agar Tetap Awet Cara Merawat Smartphone Android dan Iphone Agar Tetap Awet

Setiap orang di kurun modern dikala ini tak bisa lepas dari teknologi Smartphone, peralatan elektronik berukuran kecil yang mempunyai segudang manfaat jikalau memaksimalkan penggunaannya dengan baik dan benar. Dipasaran, Smartphone sangat beragama dari banyak sekali jenis, tipe, dan brand. Mulai dari harga yang murah hingga yang mahal semua ada. Tetapi semua itu kalau tidak dibarengi dengan perawatan atau rujukan penggunaan yang baik akan menjadi rugi alasannya Smartphone menjadi cepat rusak.

Pada artikel ini akan menyebarkan tips merawat Smartphone semoga tetap awet.

1. Gunakan Case

Jika sobat sering melaksanakan aktifitas di luar ruangan atau sering bergerak alangkah baiknya Smartphonenya dipakaikan Case. Selain bisa mempercantik dengan menggunakan custom case yang di jual di konter-konter atau toko online, penggunaan Case untuk Smartphone bisa mengurangi dampak ketika tak sengaja terjatuh.

Dengan menggunakan Case untuk Smartphone Android dan Iphone ibarat yang dijelaskan di atas, ternyata juga bisa mengurangi dampak licin dari Smartphone pada umumnya. Akan tetapi apabila sobat mempunyai aktifitas yang tidak terlalu aktif alias pasif, penggunaan Case ini bisa dilewati atau boleh menggunakan boleh tidak. Karena intinya itu semua tergantung selera masing-masing pengguna.

Baca Juga :
Panduan Membuat Mockup Custom Case Step by Step
Download File Mockup PSD untuk Jualan Custom Case


2. Gunakan Tempered Glass

Layar merupakan salah satu komponen vital pada suatu Smartphone, disanalah segala aktifitas dikerjakan. Mulai dari bersosial media, menonton youtube, chattingan dan lain sebagainya. Oleh alasannya itu semoga layar Smartphone terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan alangkah baiknya dipasang Tempered Glass sebagai pengamanan.

Memang ada juga layar Smartphone Android / Iphone yang sudah dilapisi dengan pengamanan Corning Gorilla Glass, tetapi itu tidak semua, artinya banyak yang masih tanpa pengaman.

Harga Tempered Glass dikala ini sudah sangat terjangkau, bahkan yang kualitas standard dengan harga 15 ribu pun ada. Kaprikornus tidak ada alasan untuk tidak memasangnya. Tetapi ujung-ujungnya tergantung selera ya sob, ada yang suka pakai ada juga yang tidak. Resiko ditanggung masing-masing pengguna.


3. Jangan Gunakan Saat Mengisi Daya

Ketika sedang mengisi daya itu artinya terjadi ajaran listrik menuju Smartphone, arus listrik sendiri bisa mengakibatkan panas. Nah, semoga Smartphone tidak mengalami Overheat maka lebih baik jangan gunakan ketika sedang mengisi daya, apalagi buat main game.

Selain Overheat, tentu jikalau kebiasaan jelek ini dilakukan setiap hari maka akan berdampak kepada daya tahan baterai. Kemudian hal jelek lain yang kemungkinan bisa terjadi ialah Smartphone meledak.


4. Perhatikan Kondisi Baterai

Pada poin ini saya mengacu pada salah satu artikel yang pernah terbit di laman kompas tekno. Disana menyebutkan bahwa semoga kondisi baterai pada suatu smartphone, baik itu Android maupun Iphone semoga tetap dalam kondisi baik perlu perlakuan khusus.

Contohnya ialah jangan biarkan kondisi baterai dalam kondisi kosong 0%. Jika kondisi ini sering dilakukan maka daya tahan baterai perlahan akan menurun.

Kemudian jangan pula menempatkan Smartphone pada suhu ruang yang cuek ataupun panas. Kedua kondisi suhu ini akan menciptakan baterai kau cepat habis.

Agar kondisi kesehatan baterai tetap terjaga dengan baik, usahakan untuk mulai mengisi daya jikalau persentase baterai tinggal 30 atau 40an %.


5. Matikan Daya Saat Tidak Digunakan

Jika insan perlu tidur / istirahat dan komputer perlu  restart maka hal ini juga berlaku untuk Smartphone. Ya walaupun kita ketahui sendiri bahwa Smartphone bisa terus dalam kondisi On lebih dari 1 minggu. Tetapi alangkah baiknya semoga melaksanakan restart paling tidak 2 hari sekali, atau bisa juga dengan mematikan Smartphone pada dikala jam malam / jam tidur dan menghidupkan kembali pada waktu subuh.

Hal ini kalau dilakukan setiap hari tentu akan berdampak positif untuk Smartphone dan tentu untuk kesehatan sobat sendiri, alasannya bisa mengurangi dampak radiasi ketika sobat tidur ditemani dengan Smartphone.

Apabila sobat menggunakan Smartphone Xiaomi tentu untuk melaksanakan penjadwalan Hidup/Mati ini sangat gampang alasannya sudah disediakan fitur khusus disana.

Baca Juga : Beberapa Fitur Smartphone Xiaomi yang Jarang Diketahui Tetapi Sangat Bermanfaat


6.Bersihkan Sampah Smartphone

Smartphone Android maupun Iphone jikalau sudah digunakan dalam kurun waktu tertentu akan mengakibatkan berkas sampah. Jika berkas sampah ini terus dibiarkan usang kelamaan akan menumpuk dan memakan banyak penyimpanan.

Agar sampah ini tidak terus menumpuk perlu dilakukan pencucian secara rutin dan berkala, aplikasi yang bisa digunakan contohnya ialah Google Files. Sebuah aplikasi yang memang rilis oleh Google untuk membersihkan sampah digital yang menumpuk.


Itulah sedikit pembahasan dari seputar Cara Merawat Smartphone Android dan Iphone Agar Tetap Awet. 6 poin yang sudah dipaparkan diatas merupakan hasil dari pengalaman eksklusif Admin serta dirangkum dari beberapa sumber yang kredibel.
Semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber https://densupono.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar