Skip to main content

Mikrometer Sekrup: Kegunaan Dan Fungsi Serta Prinsip Kerja



Fungsi Mikrometer Sekrup - Mikrometer Sekrup atau dalam bahasa gila disebut micrometer screw gaugeadalah alat yang dipakai untuk mengukur besaran panjang yang terdiri atas poros tetap yang berperan sebagai skala utama dan poros putar yang berperan sebagai skala nonius. Tingkat ketelitian mikrometer sekrup ini mencapi 0,01 mm dan bisa mengukur ketebalan atau diameter benda yang sangat kecil dengan presisi dengan batas maksimal panjang benda 25 mm.


Kegunaan Mikrometer Sekrup

Fungsi atau kegunaan mikrometer sekrup ada empat, yaitu:

1.  Untuk mengukur ketebalan suatu benda yang sangat tipis menyerupai lempeng baja, aluminium bahkan kertas
2.   Untuk mengukur diameter luarsuatu benda yang sangat kecil menyerupai diameter alas peluru, kabel, kawat dan sebagainya.
3.  Untuk mengukur garis tengahlubang pada suatu benda yang cukup kecil.

4.  Untuk mengukur kedalaman suatu lubang yang cukup kecil menyerupai lubang pada pipa dan sebagainya.

Prinsip Kerja Mikrometer Sekrup



Cara kerja mikrometer sekrup yaitu sebagai berikut:
Pada bagian Sleeve terdapat skal utama yang berisi angka 1,2,3,4 dst (bagian atas) dan angka 0,5, 1,5, 3,5 dst (bagian bawah), sehingga jarak antar 2 skala terkecil skala utama adalah 0, 5 mm.
Sedangkan pada bagian Thimbleterdapat skala nonius yang berisi angka 1-50 (kelipatan 5). Jika thimblediputar satu kali putan penuh (maju atau mundur) maka skala utama akan bertambah 0,5 mm atau berkurang 0,5 mm. Sehingga 1 skala putar = 0,5/50 = 0,01 mm, artinya jarak antara 2 skala terkecil skala nonius adalah 0,01 mm.

Demikianlah artikel wacana definisi, kegunaan, macam-macam, bab dan fungsi serta cara kerja mikrometer sekrup. Semoga sanggup bermanfaat untuk Anda, terimakasih atas kunjungannya dan hingga jumpa di artikel berikutnya.

Sumber https://ramadaniad.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar