Skip to main content

Tips Menggabungkan Beberapa Dokumen Ms.Word Menjadi Satu

Dalam pengetikan karangan ilmiah menyerupai makalah, laporan, skripsi, dan tesis biasanya kita menciptakan bagian-bagian penggalan terpisah dengan yang lain. Hal tersebut biasanya dilakukan biar sanggup teridentifikasi masing-masing bagiannya. Namun pemisahan bagian-bagian tersebut akan merepotkan dikala kita harus menciptakan daftar isi untuk karangan ilmiah yang kita buat. Kesulitan juga dirasakan oleh pembaca (dosen pembimbing misalnya) yang ingin membacadraft karangan ilmiah kita dalam bentuk softcopy. Alangkah lebih baik kalau dokumen-dokumen yang terpisah tersebut kita gabungkan menjadi satu dokumen. Dengan demikian sanggup mempermudah pembaca untuk membaca naskah softcopy kita. Selain itu pada dikala kita akan mencetak dokumen tersebut kita tidak usah berkali kali meng-klik File à Print karena dokumen kita sudah dijadikan satu.

Penggabungan dokumen sanggup dilakukan dengan cara manual yaitu dengan meng-copy-pastedokumen. Tapi kelemahan memakai cara tersebut yaitu menjadikan documen hasilcopy-paste menjadi acak-acakan. Butuh ketelatenan untuk mengecek satu-persatu kesalahan yang terjadi.

Ada cara lain yang sanggup dilakukan, yaitu dengan memakai akomodasi “Insert Subdocument” pada Ms.Word. Berikut yaitu langkah langkah untuk menggabungkan beberapa dokumen dengan memakai akomodasi “Insert Subdocument”:

1.  Buka dokumen utama, misal BAB I. Kemudian letakkan kursor pada penggalan paling simpulan dokumen.




2.  Pilih menu View à Outline


3. Pilih Show Document à Insert pada tampilan Outline


4. Pada jendela Insert Subdocument pilih dokumen mana yang akan digabungkan dengan dokumen utama. Setelah itu klik Open.


5. Dokumen sekarang telah tergabung dengan dokumen utama. Setelah itu pilih Close Outline View. Cek dokumen hasil penggabungan.
6. Jika semua sudah beres, jangan lupa lakukan Unlink. Caranya dengan letakkan kursor pada subdokumen yang gres saja digabung. Kemudian pada Outline View pilih Unlink.


Proses Unlink harus dilakukan alasannya kalau tidak, dokumen yang digabung tersebut akan menjelma sebuah Link.

Demikian tips menggabungkan dokumen. Semoga bermanfaat.

Sumber https://www.susiloblog.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar