Skip to main content

Awas Buka Casing MCB Listrik Prabayar Bikin Masalah ERROR di meteran

System listrik hari ini tidak sama dengan system listrik tahun dulu kala ( 2000an). dulu listrik yang abonemen/ bayar tiap bulan, ketika tutup mcb bahkan MCBnya dilepas sekalipun listrik akan tetap jalan alias normal. Akan tetapi untuk jaringan listrik dengan system prabayar / biasa disebut listrik token, ketika kamu mencoba membuka casing MCB. ( sekedar mengenduri baut kecil disamping kanan dan kiri MCB) maka otomastis akan muncul kode error dengan tertuliskan " PERIKSA". lalu listrik otomatis ikut mati.

Kenapa bisa begitu,??
Setelah saya konsultasi dengan bagian listrik PLN, ternyata didalam MPB( Meteran PraBayar) di pasang sebuah relay. Ketika pelanggan mencoba membuka casing MCB, maka error seperti diatas langsung muncul. dan lampu TAMPER disebelah kanan atas akan muncul.

Solusinya kamu mesti cari kode tampernya ( biasa dikenal dengan kode CLEAR Tamper). Kode ini berjumlah 20 digit dan setiap MPB mempunyai kode unik sendiri-sendiri. yang tahu akses untuk mendapatkan kode Clear tamper ini hanyalah petugas PLN yang berwenang.

Jika kamu mengalami kejadian seperti diatas, gak usah khawatir. solusinya adalah:

  • Hubungi CS PLN di 123. ( jika kamu menghubungi via ponsel, masukkan dulu kode daerah kamu. misal kode telpon wilayah banyuwangi adalah 0333, maka ketik 0333123 - Dial)
  • Jelaskan kronologis yang terjadi kepada CS.
  • Biasanya nanti kamu akan dimintain nomor telpon dan alamat detail. nanti akan petugas yang mengurus.
  • Menurut CS, kode clear tamper akan diberikan gratis selama kerusakan/error tidak disebabkan kelalian pelanggan.

Cara selanjutnya:
  • Kamu hubungi langsung petugas pertama yang memasang instalasi MPB dirumah kamu.
  • Jelaskan kejadiannya.
  • Nanti petugas PLN ini akan memasukkan kode clear tampernya.

Jadi gak usah mencari cara hack meteran prabayar/ crak / cari keygen clear tamper/ berusaha membongkar meteran prabayar. nanti kamu malah ribet sendiri karena malah kena denda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar