Skip to main content

Waspada ! Modus Penipuan Melalui Sms Dan Telepon

 Modus penipuan yang dilakukan dengan metode telepon atau sms yakni bukan hal yang gres Waspada ! Modus Penipuan Melalui Sms dan Telepon

Modus penipuan yang dilakukan dengan metode telepon atau sms yakni bukan hal yang baru. Dahulu pernah ramai modus penipuan "Mama Minta Pulsa" dan berujung ditangkapnya para sindikat penipuan tersebut. Namun dengan ditangkapnya gembong penipu ini tak lantas menciptakan ciut nyali penipu yang lain. Bahkan di tahun 2019 masih ada modus penipuan serupa, yaitu dengan cara mengaku sebagai anggota keluarga.

Contoh modus penipuan melalui sms atau telepon yakni sebagai berikut :
  • Undian Berhadiah
  • Anggota keluarga terjerat kasus kejahatan
  • Mengaku anggota keluarga/teman/saudara yang merantau di luar jawa
  • Ajakan telepon ke nomor tertentu misal yang awalan 080 (akhir sms: No sex dan sara)
  • Sms konfirmasi pembayaran ke salah satu bank
  • dan masih banyak lagi modus serupa.

Pada artikel Denpono.com akan membagikan pengalaman mengenai modus ini, yaitu perihal modus penipuan yang mengaku-ngaku sebagai anggota keluarga/teman/saudara yang sedang merantau di luar jawa (Kalimantan dan Sumatera), rujukan dari sms penipunya yakni menyerupai ini :

 Modus penipuan yang dilakukan dengan metode telepon atau sms yakni bukan hal yang gres Waspada ! Modus Penipuan Melalui Sms dan Telepon


Sms di atas dikirim dalam bahasa jawa dan mempunyai arti. "Bagaimana kabarnya di Jawa. Masih ingat saya tidak.? Saudaramu yang merantau di Kalimantan. Ini nomor baruku"

Ketahuilah bahwa ini yakni pancingan saja, dimana penipu memancing calon korbannya untuk menyebutkan nama. Misal menyerupai ini.

Calon korban misal menjawab : "Oh iki kang Paimin yo? Piye kabare kang?" Artinya "Oh ini Mas Paimin ya? Gimana kabarnya mas?".

Nah, kira-kira menyerupai itu. Jika calon korban sudah menyebutkan nama maka Penipu ini sudah mendapat jalan dengan cara mengaku sebagai Paimin. Kamudian penipuan akan semakin intens dan sok akrab, kemudian dikala calon korban sudah merasa penipu itu benar-benar saudaranya yang berjulukan Paimin, maka penipu akan berpura-pura minta tolong untuk dibelikan pulsa.

Pada sesi inilah Penipu mengelabui korbannya untuk menawarkan pulsa. Agar kita tidak gampang terjerat kasus penipuan menyerupai ini, simak tips berikut ini.
  1. Jangan gampang percaya sama orang yang gres dikenal, apalagi hanya melalui sms atau telepon.
  2. Undian berhadiah tidak diumumkan melalui sms atau telepon. Harap hati-hati
  3. Jangan panik
  4. Minta tolong kepada orang lain, misal bertanya ini penipuan atau tidak.


Itulah beberapa Modus Penipuan Melalui Sms dan Telepon, pada dasarnya yakni segala bentuk iming-iming hadiah atau sejenisnya melalui sms atau telepon yakni modus penipuan, jadi tetap waspada jangan hingga lengah. Sekian artikel ini biar bermanfaat. Wassalam.

Sumber https://densupono.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar