Skip to main content

Pengertian Dan Fungsi Cmd Pada Komputer

CMD atau yang biasa disebut Command Prompt yakni software atau tools pada Windows yang berfungsi untuk menjalankan perintah DOS berbasis teks. Command Prompt dipakai untuk mengeksplorasi seluruh sistem operasi Windows dan mengetahui atau melihat jaringan internet maupun wireless. Namun  sekarang, banyak yang menyalah gunakan dari Command Prompt. Beberapa cracker berusaha untuk melaksanakan tindakan yang jahat dengan Command Prompt.
Pada awalnya, Command Prompt hanya dikembangkan pada Windows NT. Namun seiring perkembangan versi sistem operasi Windows, Command Prompt kini sudah menjadi tools default. Penggunaan umum dari Command Prompt biasanya untuk ping suatu jaringan dengan menjalankan perintah ping 8.8.8.8 -t. Namun bahwasanya aneka macam fungsi CMD pada jaringan komputer. Namun yang biasa pengguna sistem operasi Windows lakukan hanyalah perintah dasar CMD saja.

BEBERAPA PERINTAH CMD YANG  DIGUNAKAN PADA KOMPUTER WINDOWS

 CMD atau yang biasa disebut Command Prompt yakni software atau tools pada Windows yang b  PENGERTIAN DAN FUNGSI CMD PADA KOMPUTER
Salah satu fungsi pada Command Prompt yakni untuk mengecek apakah Windows sudah diaktivasi atau belum. Command Prompt sanggup difungsikan untuk mengatasi hardisk bad sector. berikut fungsi dan daftar perintah memakai CMD pada komputer di  Windows.
1. Shutdown Komputer / PC
Mungkin biasanya anda mematikan komputer lewat jendela Windows kemudian klik shutdown. Namun Command Prompt sanggup mematikan /shutdown sebuah komputer dengan sebaris perintah saja.
Cara mematikan komputer dengan CMD jarang digunakan, dan sebagian orang tidak mengetahui caranya. Namun anda sanggup mencobanya dengan syarat komputer terhubung dengan jaringan internet. Cukup ketik perintah slmgr/dlv di Command Prompt maka secara otomatis komputer akan mati sendiri.
2. Memeriksa Indikasi Baterai
Sebenarnya, di Command Prompt anda sanggup menyidik kondisi baterai secara mudah. Dengan perintah sederhana powercfg energy. Perintah sederhana tersebut sanggup menyidik baterai di laptop dalam kondisi yang baik atau tidak. Perintah ini sanggup anda lakukan jikalau ingin melihat kondisi baterai.
3. Memeriksa Status Aktivasi Windows
Windows yakni sistem operasi yang sangat terkenal di dunia. Dalam penginstalan Windows membutuhkan isyarat unik untuk aktvasi permanen. Jika ingin cek Windows tersebut telah diaktivasi, anda sanggup memakai perintah slmgr/dli, slmgr/dlv, dan slmgr/xpr. Gunakan baris perintah tersebut secara berurutan. Maka secara otomatis akan muncul jendela yang menjelaskan secara lengkap mengenai status aktivasi Windows anda.
4. Menghentikan Aplikasi Tertentu Secara Paksa
Anda sanggup menghentikan aplikasi tertentu dengan paksa melalui tools Command Prompt. Jika aplikasi yang berjalan menjadi hang dan komputer atau PC kau lemot, maka menghentikan aplikasi yakni salah satu solusinya. Sebenarnya, lewat task manager kau sanggup menghentikan aplikasi secara paksa dengan cara klik kanan kemudian pilih end task.
Dengan tools Command Prompt, anda juga sanggup mengakhiri aplikasi secara paksa dengan perintah taskkill. Maka secara otomatis akan menampilkan kegiatan atau aplikasi yang sedang berjalan pada komputer. Misalnya kau ingin menghentikan aplikasi Adobe maka ketik taskkill/IM Adobe.exe/F.
5. Menyembunyikan File Tertentu
Bila anda mempunyai file atau data yang rahasia, anda sanggup menyembunyikan file tersebut. Ada beberapa cara. Namun, menyembunyikan file sanggup dilakukan Command Prompt dengan satu baris perintah saja. Misalnya kau ingin menyembunyikan file GTA V di drive D maka perintah yang diketikan yakni attrib +s +h D:\GTA V. Secara otomatis, file tersebut akan tersembunyi. Jika ingin menampilkan kembali, maka cukup ketikan perintah attrib -s -h D:\GTA V.
6. Mengetahui Informasi IP Address
IP Address merupakan identitas pada suatu komputer. IP Address umumnya dipakai untuk menghubungkan satu komputer ke komputer yang lainnya dalam satu jaringan. Untuk mengetahui IP Address, anda sanggup memakai perintah Command Prompt. Cukup ketik ipconfig anda sanggup melihat secara lengkap mengenai jaringan dan alamat IP Address.
7. Mengatasi Bad Sector Pada Hardisk
Salah satu kerusakan yang dialami hardisk yakni bad sector. Tanda2 dari bad sector pada hardisk yakni kinerja komputer menjadi sangat lambat daripada biasanya. Bad sector pada hardisk didasari dua hal yaitu bad sector secara fisik dan software.
Jika fisik, biasanya komputer atau laptop mengalami benturan keras. Sedangkan bad sector secara software, penggunanya yang sembrono atau tidak bijak dalam memakai komputer menyerupai jarang mematikan komputer dengan perintah shut down, listrik yang mendadak mati, dll.
Jika tanda tanda bad sector hardisk terjadi pada komputer anda, jangan khawatir. Karena hal itu sanggup diatasi dengan perintah Command Prompt. Langkah awal kau sanggup ketikan perintah chkdsk/ r/ f d: dan otomatis CMD akan mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut.
Itulah pengertian, fungsi, dan daftar perintah Command Prompt pada komputer. banyak fungsi dan dan perintah pada tools CMD. Sekian, agar bermanfaat !

Sumber https://infodetekno.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar