Skip to main content

Fungsi Pivot Point Pada Blender

Fungsi Pivot Point dan Cara Penggunaan Pada Blender

Fungsi Pivot Point dan Cara Penggunaan Pada Blender Fungsi Pivot Point Pada Blender
Pivot Point 3D Cursor
Selamat tiba sahabat belajar sendiri pada postingan kali ini aku akan membahas perihal Fungsi Pivot Point dan Cara Penggunaan pada blender.

Sahabat belajar sendiri apakah ada yang tau apa itu pivot, bagi anak basket niscaya pasti tidak abnormal lagi dengan istilah pivot pada olahraga basket, tapi kita disini akan membahas pivot point pada blender, analoginya pivot pada olahraga basket dan pada blender hampir sama yaitu berputar pada poros?

Unutk lebih jelasnya mari kita bahas Pivot Point pada blender adalah titik poros pada mesh atau campuran mesh, yang berfungsi untuk mempermudah dalam melaksanakan transform (Scale,Rotate) pada blender.


Blender menerapkan pengaturan default pivot point (titik poros) pada pertengahan mesh, akan tetapi dengan adanya macam macam pilihan pivot kita sanggup mengatur titik poros untuk melaksanakan transform (Scale,Rotate).

Macam-Macam Pivot Point (Titik Poros) diantaranya :
  1. Active Element
  2. Median Point
  3. Individual Origins
  4. 3D Cursor
  5. Bounding Box Center
Fungsi Pivot Point dan Cara Penggunaan Pada Blender Fungsi Pivot Point Pada Blender
Macam-macam pivot point
Pivot Point sanggup di terapkan pada objek mode dan edit mode, akan tetapi pada edit mode objek yang mempunyai poligon banyak secara otomatis akan di pilih menjadi pivot point, dikala kita menyeleksi objek lebih dari satu.

Ada lima macam titik point pada blender,mari kita praktikan bagaimana memakai kelima pivot point tersebut.

Active Elemen


Penggunaan Pivot Point Active Elemen, aku berikan referensi ada 12 objek kubus aku akan menyeleksi objek 4 kubus dengan pilihan pivot point active element, maka alhasil akan ibarat gambar dibawah ini.

Fungsi Pivot Point dan Cara Penggunaan Pada Blender Fungsi Pivot Point Pada Blender

Dari keampat kubus yang diseleksi ada 1 objek yang menjadi pivot point yaitu objek kubus yang mempunyai warna seleksi orange terang  aku tandai dengan kursor active element.
Hal yang harus sahabat belajar sendiri perhatikan dikala akan memakai pivot active elemen ini yaitu objek yang di seleksi terkahir yaitu objek yang di jadikan pivot atau poros untuk transform (Scale/rotate).
Hasil Rotate dengan pivot point active element

Pivot Median Point

Penggunaan Pivot Median Point, aku berikan referensi ada 12 objek kubus aku akan menyeleksi objek 4 kubus dengan pilihan Pivot Median Point, maka alhasil akan ibarat gambar dibawah ini.

Fungsi Pivot Point dan Cara Penggunaan Pada Blender Fungsi Pivot Point Pada Blender

Dari hasil seleksi keempat objek kubus tersebut secara otomatis Pivot Point Median Point akan berada pada pertengahan objek yang diseleksi, tidak ada hukum khusus untuk memilih objek mana dulu yang harus diseleksi. dibawah ini hasil rotate dengan Pivot Median Point:


Pivot Individual Origins

Penggunaan Pivot Individual Origins, aku berikan referensi ada 12 objek kubus aku akan menyeleksi objek 4 kubus dengan pilihan Pivot Individual Origins, maka alhasil akan ibarat Pivot Median Point akan tetapi pada Pivot Individual Origins semua objek menjadi poros. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah untuk melihat hasil Scale pada Individual Origins.
Tidak ada hukum khusus untuk memilih objek mana dulu yang harus diseleksi.

Pivot Point 3D Cursor

Penggunaan Pivot 3D Cursor, aku berikan referensi ada 12 objek kubus aku akan menyeleksi objek 4 kubus dengan pilihan Pivot 3D Cursor, maka alhasil akan ibarat gambar dibawah ini

Tidak ada hukum khusus untuk memilih objek mana dulu yang harus diseleksi, akan tetapi kita harus memilih letak 3D Cursor dengan cara klik kanan pada mouse tempat mana kita ingin melekan 3D Cursor. dibawah ini hasil Transform (rotate) dengan pivot 3D Cursor

Pivot Bounding Box Center
Pada pilihan pivot ini alhasil sama ibarat pada median point.

Sekian pembahasan mengenai Fungsi dan Penggunaan Pivot Point Pada blender, silahkan di praktikan, jikalau mengalamai kesulitan silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Semoga Bermanfaat, Happy Blendering.


Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar