Skip to main content

Beginilah Siklus Domain Registrasi-Expired-Available

iBlogger.id - Beginilah Siklus Domain Registrasi-Expired-Available - Apakah yang terjadi pada domain yang sudah expired? Nah pada bahasan kali ini mengeni siklus domain yang bergotong-royong mulai dari proses didaftarkan hingga expired dan hingga sanggup tersedia kembali untuk sanggup dibeli lagi oleh publik. 

Dengan mengetahui siklus domain akan menciptakan kita lebih sanggup memperhitungkan kepemilikan domain yang akan expired atau jikalau domain sudah expired, kapan sanggup di-renew dengan biaya normal sebab jikalau lewat dari waktu tertentu maka domain akan naik harganya hingga 100x lipat dari harga biasa. 

Apakah yang terjadi pada domain yang sudah expired Beginilah Siklus Domain Registrasi-Expired-Available

Hal tersebut tentu menciptakan kita rugi kalau hingga telat memperpanjang domain kesayangan, maka silahkan dicermati klarifikasi mengenai siklus domain berikut ini semoga domain sanggup terus berada di tangan kita.



Berdasarkan diagram di atas kita sanggup mengetahui dari domain gres pertama kali didaftarkan hingga expired dan alhasil domain tersebut tersedia kembali untuk publik. 

Registered (1-10 Tahun)
Sebuah domain sanggup diregistrasi dalam jangka waktu 1-10 tahun sekaligus. Namun untuk domain tld Indonesia (.co.id;.go.id;.sch.id;.web.id;.or.id) maksimal hanya 1 tahun pendaftaran saja. Nah ketika domain mendekati masa expired, akan ada notifikasi untuk segera melaksanakan perpanjangan / pembaruan (renew) biasanya dikirimkan ke alamat e-mail yang terdaftar ketika pendaftaran domain. 

Kita sanggup melaksanakan pembaruan secara manual (biasanya menghubungi pihak billing daerah pendaftaran domain) atau mengatur opsi auto renew yang akan mengambil deposit kita secara otomatis.


Grace Period (1-45 Hari)
Ini merupakan masa jikalau masa pendaftaran telah berakhir. Banyak orang yang salah persepsinya jikalau domain sanggup dibeli lagi oleh orang lain ketika memasuki masa ini, padahal tidak ibarat itu. Setelah domain masuk tahap kadaluarsa (expired), masih ada beberapa tahapan lagi hingga status domain tersebut sanggup dibeli oleh publik (AVAILABLE).

Pada tahap ini, situs yang memakai nama domain tersebut akan dinon-aktifkan. Kita sanggup melaksanakan pembaruan (renew) tanpa perlu membayar biaya tambahan. Domain juga masih tercantum di dalam panel domain kita. Untuk masa ini kira-kira berlangsung selama 1-45 hari (bervariasi tiap registrar).

Redemption Period (30 Hari)
Apabila selama masa Grace tidak juga dilakukan pembaruan domain. Pada masa redemtion ini kita masih sanggup melaksanakan pembaruan, namun akan dikenakan charge. Domain berada di masa redemtion ini ialah selama 30 hari sebelum ke tahap berikutnya. 

Pada masa ini, pihak registrar (tempat pendaftar domain) mempunyai hak untuk melaksanakan pelelangan domain tersebut dan menyerahkannya kepada pihak lain jikalau tidak ada klaim dari pemilik sebelumnya. 

Beberapa orang biasanya tertarik untuk membeli domain tersebut sebab aneka macam macam faktor, salah satunya ialah nama domain yang SEO friendly. 

Besarnya biaya charge yang dibutuhkan untuk menebus domain berbeda-beda tergantung pihak registrar.

baca juga Resiko Penipuan Domain TLD Murah yang Berakibat Suspend

Pending Delete (5 Hari)
Jika domain sudah masuk ke tahap ini, tidak ada kemungkinan lagi untuk kita melaksanakan pembaruan. Pihak registrar lalu mengirimkan perintah kepada pihak registry untuk melaksanakan pembatalan domain. 

Namun jikalau kita ingin memilikinya kembali, kita masih sanggup untuk mencoba dan melaksanakan request order, di mana nanti pihak registrar yang nantinya akan mencoba untuk mendaftarkan kembali atas nama kita ketika sudah masuk masa available. 

Tapi tidak ada jaminan bahwa kita benar-benar sanggup memilikinya kembali.

Available (tersedia)
Pada masa ini, domain sudah sanggup dibeli oleh publik. Jika kita menginginkannya kembali, tentu harus aktif mengawasi dan melaksanakan registasi lagi secepatnya ketika statusnya sudah available.

Nah jadi itulah Siklus Domain Registrasi-Expired-Available. Setelah mengetahui masa-masanya domain, akan memudahkan kita untuk melaksanakan asumsi kapan akan melaksanakan pembaruan semoga domain tetap sanggup kita miliki.

Sumber http://www.iblogger.id/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar