Skip to main content

9 Perintah Cmd Yang Sering Digunakan Atau Sangat Berkhasiat

  Hii,bertemu lagi diblog saya kali ini saya akan menjelaskan perihal 10 perintah cmd yang sering digunakan.
mungkin dari kalian belum tau dengan cmd, lihat blog yg sebelum nya saya sudah menjelaskan bagai mana cara memunculkan cmd ini linkazrul56.blogspot.co.id/2017/01/hy-guys-bertemu-lagi-di-blog-saya.html ,yah cmd itu yang sanggup di gunakan untuk memerintah sebuah computer.jika kalian sudah tau dengan cmd tapi belum tau dengan perintah perintahnya eksklusif aja liat keterangan ini.

1.ipconfig
Untuk perintah ipconfig mungkin sudah sering kau dengar tetapi mungkin juga belum ada yang mendengarnya. Perintah ipconfig digunakan untuk melihat detail jaringan yang kau gunakan, ibarat ip address, mac address dan masih banyak lagi. Mungkin biasanya kau melihat ip address dari Control Panel dengan melalui langkah yang panjang, tetapi dengan memakai perintah diatas kau sanggup dengan sekejap melihat ip address.
2.ping
Jika kau ingin menyelidiki sebuah situs atau komputer jaringan, kau sanggup memakai perintah ping disertai dengan alamat situs atau ip address. Jika ping berjalan dengan lancar, berarti situs atau ip address tersebut tidak mengalami masalah. Tetapi jikalau kau sering time out, berarti situs atau ip address tersebut bermasalah. Sebagai pola jikalau kau ingin mengakses facebook.com tetapi tidak terbuka-terbuka, kau sanggup memeriksanya dengan ping facebook.com. Jika time out berarti facebook mengalami masalah.
3.netstat -an
Perintah netstat juga sangat berkhasiat untuk menampilkan aneka macam macam network statistik. Perintah netstat mempunyai banyak variasi dan salah satu yang berkhasiat adalah netstat -an yang menampilkan daftar network yang terbuka pada jaringan komputer yang kau miliki.
4.shutdown
Command Prompt juga sanggup kau gunakan untuk menuliskan perintah shutdown, selain itu kau juga sanggup memakai perintah tersebut sebagai shortcut. Dengan begitu kau akan lebih cepat melaksanakan shutdown dibandingkan dengan memakai sajian tampilan shutdown. Berikut perintah yang sanggup kau gunakan:
Shut down: shutdown /s /t 0
Restart: shutdown /r /t 0
Resart ke Startup Option: shutdown /r /o
5.recimg
Windows 8 mempunyai fitur Refresh Your PC yang memungkinkan kau untuk mengembalikan Windows dalam keadaan semula ketika pertama kali diinstall tanpa perlu melaksanakan install ulang Windows. Windows 8 juga mempunyai fitur recovery image yang tersembunyi dan sanggup dilakukan dengan memakai perintah di command prompt, perintah tersebut ialah recimg. Untuk menciptakan recovery image, kau sanggup mengetikkan perintah ibarat dibawah ini.
recimg /createimage (path)


6.sfc /scannow

Windiws juga mempunyai fitur tool system file checker yang sanggup membantu kau untuk memperbaiki Windows dengan menyelidiki file yang ada di system Windows. Jika ada file di system Windows yang hilang atau corrupt, tool system file checker akan memperbaikinya. Ini sudah banyak membantu permasalahan yang dialami system Windows. Untuk memakai tool system file checker, ketikkan perintah sfc /scannow di command prompt.

7.cipher

Perintah cipher digunakan untuk mengatur enkripsi, tetapi juga sanggup digunakan untuk membersihkan hardisk atau drive. Perintah ini sering digunakan untuk membersihkan drive secara menyeluruh dan menciptakan file tidak sanggup dikembalikan lagi. Berikut perintahnya.
cipher /w:Drive

8.powercfg -energy

Jika kau memakai laptop atau device yang memakai batterai, perintah powercfg -energy adalah perintah yang cukup penting untuk kau ingat. Perintah ini digunakan untuk melihat aplikasi atau apapun yang menyebabkan batterai device kau cepat habis dan melihat permasalahan lainnya.

9.ipconfig /flushdns

Jika kau mengganti DNS dan tidak segera mendapat efek dari DNS, mungkin kau masih terperangkap di DNS yang lama. Windows memakai cache DNS untuk sanggup melaksanakan pengiriman data, ini akan menghemat waktu ketika kau mengakses address yang sama di masa mendatang. Untuk membersihkan DNS cache, kau sanggup memakai perintah ipconfig /flushdns setelah mengganti DNS server.

Sumber https://azrul56.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar