Skip to main content

Mau Sukses Blogging ? Lupakan Seo Dan Terapkan Hal Ini

iBlogger.idMau Sukses Blogging ? Lupakan SEO, Lupakan Trafik , cukup bertolak belakang dari pembahasan utama blog ini yang justru membahas mengenai meningkatkan secara optimal SEO pada blog. Awalnya SEO menjadi syarat utama semoga blog kita dapat tetap eksis di mata Google. Banyak para blogger pemula menerapkan ilmu ilmu SEO pada template termasuk dalam proses pembuatan konten semoga menjadi sangat SEO friendly.

 cukup bertolak belakang dari pembahasan utama blog ini yang justru membahas mengenai opti Mau Sukses Blogging ? Lupakan SEO dan Terapkan Hal Ini


Ketika menciptakan artikel yang SEO friendly beberapa hal yang diperhatikan, seperti
  1. Penggunaan keyword density berapa %-lah
  2. Penggunaan keyword di tag Header lah.
  3. Penggunaan style penulisan strong, bold, italic, pada keyword konten.
  4. Selain itu menanamkan keyword pada judul / title, memberi keyword pada 100 kata pertama, dan pada 100 kata terakhir pada artikel.
  5. dll

Baca juga 7 Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Optimasi Kualitas Artikel


Terlalu banyak syarat syarat semoga goresan pena kita dibaca banyak orang. Terkadang saya sendiri sadar saat mengikuti hukum mirip itu malah mirip terkekang. Kadang sebagai blogger pemula kita merasa iri dengan blogger profesional sehingga gagal fokus. Gagal fokus ini malah justru menjerumuskan diri sendiri ke jurang kegagalan. Ingin buru buru menyamai kesusksesan mereka, jelas tidak bisa. Semua butuh proses.

Bayangkan saja setiap harinya bermunculan banyak artikel gres dan kita sebagai pemula harus bersaing dengan ribuan blogger usang maupun baru. Banyak blogger yang naik daun banyak pula yang kalah dalam persaingan. Padahal berbagai teknik SEO (off page maupun on page ) sudah diterapkan. Kadang kala otak menjadi mendidih alasannya memaksakan, dan berujung pada frustasi, blog masih sepi, dan karam di search engine

Semua itu butuh proses. Untuk dapat bersaing dan dapat bertahan berada di posisi puncak haruslah bersabar. Ibarat masih bayi, ngga mungkin kan ingin mencar ilmu berlari dalam seketika.

Google sendiri kini sudah mulai merubah aturan, yang tadinya SEO menjadi patokan utama menjadi mengutamakan Human Friendly atau User Friendly ketimbang SEO Friendly. MEski SEO friendly lebih cepat berada di posisi 1 google namun akan tergusur jika tingkat interkasi dalam konten tidak berkembang.

Apakah harus sepenuhnya mengabaikan SEO ? Tentu saja.... Tidak...  Kita masih perlu meningkatkan secara optimal SEO semoga tetap eksis di mata Google. Namun meningkatkan secara optimal SEO yang perlu dilakukan yang secukupnya saja, tertama bagi pemula. Penerapan SEO untuk pemula mirip ini saja

  • Menentukan Judul/Title dengan cara melaksanakan Riset Keyword (Langkah terpenting).
  • Menyusun Deskripsi artikel yang efektif sehingga tak perlu spam keyword pada konten.
  • Optimasi Gambar pada artikel (Terapkan title dan alt tag).
  • Menyesuaikan keyword pada url / link (Menyisipkan keyword).
  • Terakhir yaitu Internal Link dan External Link untuk menunjang tingkat kebenaran isi artikel
5 poin diatas saja yang perlu diterapkan untuk blogger pemula dalam meningkatkan secara optimal SEO.

Pada dasarnya yaitu buat konten sesuai dengan harapan kau sehingga dapat melaksanakan eksplor secara bebas namun tetap berada di bawah payung SEO. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Google mengutamakan Human Friendly atau User Friendly ketimbang SEO Friendly. Ketika kenyamanan pengunjung diperhatikan, maka google akan menyukai blog kita. Untuk itu buatlah artikel dengan kriteria mirip ini

  1. Bermanfaat/edukatif
  2. Original
  3. Mudah dimengerti
  4. Tidak monoton
  5. Terjadi interaksi dua arah

Baca juga 9 Kriteria Blog yang Dicintai Google

Kesimpulannya : tulislah apapun yang ingin kau tulis, jangan hiraukan meningkatkan secara optimal SEO yang berbelit belit mulailah dari dasar dengan perlahan. Ingat ! blogger pemula menyerupai "bayi" , belajarlah untuk merangkak, berjalan, kemudian gres berlari. Tidak ada proses yang instan untuk sukses dalam dunia blogger.

Tetap semangat blogger pemula !

Sumber http://www.iblogger.id/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar