Skip to main content

Cara Memakai Proportional Editing Blender

Cara Menggunakan Proportional Editing Blender

Proportional editing blender adalah hidangan pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di pilih menyerupai (Vertex, Edge, Faces) saat dilakukan transform (Grab, Scale, Rotate) akan menghipnotis elemen lainnya didekatnya.
            Sebagai pola saya menentukan vertex yang dilakukan transform (Grab pada sumbu axis z) maka dengan di aktifkannya Proportional Editing menjadikan vertex yang didekatnya yang tidak dipilih akan mengikuti pergerakan vertex secara proportional.
adalah hidangan pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di pilih menyerupai  Cara Menggunakan Proportional Editing Blender
Non Proportional Editing Vs Proportional Editing


Proportional Editing bekerja sangat baik pada objek yang mempunyai banyak polygon, sedangkan pada objek yang mempunyai polygon sedikit tidak begitu berpengaruh.

Proportional Editing dapat di terapkan pada objek mode dan edit mode.
Pada edit mode saat elemen menyerupai  (Vertex, Edge, Faces) dilakukan transform (Grab, Scale, Rorate) dengan mengaktikan Proportional Editing maka elemen (Vertex, Edge, Faces) yang terdekat akan terpengaruh transform mengikuti elemen yang diseleksi.

Sama halnya pada objek mode saat mesh yang terseleksi dilakukan transform (Grab, Scale, Rorate) dengan mengaktikan proportional editing maka mesh yang terdekat akan terpengaruh transform mengikuti mesh yang diseleksi.

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan proportional editing dapat dengan menekan tombol keyboard O atau dapat juga dengan menentukan pada hidangan blender icon yang di tandai kotak merah.


adalah hidangan pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di pilih menyerupai  Cara Menggunakan Proportional Editing Blender

Proportional Editing mempunyai beberapa macam teknik editing ada elemen seperti:
Random, Constan, Linear,Sharp, Inverse Square, Root, Sphere,Smooth.

Saya contohkan dibawah ini penerapkan Proportional Editing pada Mesh Torus, elemen yang saya seleksi yakni Vertex, transform yang saya lakukan yakni grab pada sumbu axis z. Berikut gambar gambar Proportional Editing pada masing masing teknik.

Non Proportional editing
adalah hidangan pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di pilih menyerupai  Cara Menggunakan Proportional Editing Blender
Non Proportional Editing
Proportional Editing Random adalah teknik proportional editing dengan membedakan nilai pergerakan secara acak.
adalah hidangan pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di pilih menyerupai  Cara Menggunakan Proportional Editing Blender
Random Proportional Editing

Proportional Editing Constan yakni teknik proportional dengan menciptakan pergerakan secara constan sesuai dengan pergerakan transform elemen yang di seleksi.

Proportional Editing Linear


Proportional Editing Sharp
adalah hidangan pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di pilih menyerupai  Cara Menggunakan Proportional Editing Blender

Proportional Editing Inverse Square
adalah hidangan pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di pilih menyerupai  Cara Menggunakan Proportional Editing Blender

Proportional Editing Root
adalah hidangan pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di pilih menyerupai  Cara Menggunakan Proportional Editing Blender

Proportional Editing Sphere
adalah hidangan pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di pilih menyerupai  Cara Menggunakan Proportional Editing Blender
Proportional Editing Smooth
adalah hidangan pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di pilih menyerupai  Cara Menggunakan Proportional Editing Blender

Sekian Penjelasan ihwal pemahanan  dan penggunaan Proprotional Editing pada Blender, biar bermanfaat.Happy Blendering.

Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar