Skip to main content

Kustomisasi Font Pada Software Blender

Membuat Text 3D Pada Software Blender

Pada postingan kali ini aku akan menjelaskan trik dan tips bagaimana menciptakan text 3D dan kustomisasi font pada software blender.

Persiapan:

  1. Download font yang ingin kita gunakan di fonts.google.com atau situs penyedia font lainnya.
  2. Jika hasil download dalam file zip extract terlebih dahulu filenya
  3. Pilih lokasi penyimpan font
  4. Setelah point 1-3 sudah di siapkan buka software blender, masuk pada user preference blender atau dapat dengan menekan tombol keyboard CTRL+ALT+U.kemudian pilihmenu file maka akan terbuka hidangan ibarat diwah ini.
  5. Masuk pada hidangan user preference pilih hidangan font, maka akan masuk pada hidangan explore cari folder dimana kalian menyimpan file font.klik save user setting.

Praktik :

  1. Tambahkan text dengan cara pilih klik hidangan add pilih text atau dapat juga dengan memakai tombol kombinasi keyboard Shift+A.
  2. Maka akan muncul text defaul dengan goresan pena text, edit mode dengan menekan tombol TAB pada keyboard ganti dengan kata yang kalian ingin buat.
  3. Pada panel properti blender pilih hidangan text maka akan muncul pop menu.
  4. Atur pada sub hidangan geometry seperti: Offset: memperbesar dan memperkecil sisi text (+kearah luar) (-kearah dalam), Extrude: memperbesar text pada sisi depan belakang, Depth: menawarkan effect bevel pada text, Resolution    : mengatur resoluasi text.
  5. Untuk kustomisasi text sesuai jenis font kita, pada sub hidangan font pilih pada salah jenis kolom font regular, bold, italic sesuai jenis font yang kita download, klik ikon hidangan explorer kemudian pilih text yang ingin kita gunakan.
  6. Maka secara otomatis font akan mengikuti bentuk sesuai script font.
  7. Hal terakhir jangan lupa untuk menconvert text ke bentuk mesh semoga gampang dalam modifikasi texturing dan pinjaman material, dengan cara menekan tombol keyboard ALT+C pilih curve form mesh.
Sekian trik dan tips menciptakan font 3D dan kustomisasi jenis font pada software blender, jikalau mengalami kesulitan dapat ditanyakan dalam kolom komentar. Happy Blendering



Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar