Skip to main content

Modelling 3D Text Dengan Blender

Cara Membuat 3D Text dengan Software Blender

Pada postingan kali ini saya akan bebagi isu bagaimana menciptakan 3D Text Dengan Software Blender.

Langkah-Langkah Modelling 3D Text dengan Software Blender

  1. Siapkan file text susuai keingianan kalian dengan format file TTF / OTF.
  2. Buka software blender pada 3D View tambhkan text dnegan cara tekan tombol keyboard Shift+A atau pada sajian Add pilih Text.
  3. Secara Default akan muncul goresan pena Text edit sesuai kata yang kalian ingin buat dengan menekan tombol keyboard Tab atau pada sajian pilit Edit Mode.
  4. Maka akan muncul Menu Properti Text
  5. Sesuaikan pengaturan dengan harapan kalian, terdapat sajian untuk mengatur Text ibarat pada sajian Geometry terdapat sub sajian Modification dan Bevel.
  6. Modification terdapat sajian Extrude berfungsi untuk mempertebal text. Menu Offset berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil sisi text.
  7. Bevel terdapat sajian Deepth berfungsi untuk menentuka berapa banyak sisi pada bevel. Menu Resolution berfungsi untuk memperhalus tampilan bevel.
  8. Pada sajian Font terdapat pilihan jenis font yang ingin kita terapkan ibarat Reguler, Bold, Italic (Catatan : Sesuaikan dengan dengan jenis font yang kalian siapakan). jikalau jenis font yang kalian siapakan dengan jenis font regular maka kalian menentukan pada kolom reguler, jikalau kalian menentukan memilih pada kolom Italic maka font yang kalian siapkan tidak akan sanggup diterapkan pada text. Berikut untuk lebih jelasnya saya tampilkan gambar penerapan jenis font yang sesuai dengan tidak sesuai.
  9. Setelah kalian simpulan memodifikasi geometry dan jenis font yang sesuai kalian inginkan langkah selanjutnya yakni Convert Text ke Mesh, Kenapa Harus di Convert??? Unttuk mempermudah kalian dalam menawarkan material dan texturing, dan khusus untuk texturing pada software blender hanya sanggup dilakukan pada mesh.
  10. Langkah convert Text ke Mesh yakni dengan cara tekan tombol keyboard ALT+C maka akan keluar pop sajian pilih mesh from curve/meta/text.
  11. Selelah convert Text ke Mesh Properti Menu Text akan hilang dan berganti dengan sajian properti mesh. Sampai langkah ini kalian sudah simpulan menciptakan Modelling 3D Text, tinggal menawarkan material dan texturing pada text.
Untuk Pemberian Material dan Texturing akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya. Happy Blendering.

Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar