Skip to main content

Manfaat Emping/Keripik Melinjo Dan Cara Menciptakan Emping Melinjo

Manfaat Emping/Keripik Melinjo_Pastinya semua sudah tak absurd dengan tumbuhan melinjo. Tanaman ini mempunyai ciri khas daging buah terbungkus oleh kulit bab luar yang biasanya berwarna hijau sampai kemerah-merahan. Seperti halnya dengan tumbuhan berbiji terbuka lainnya, dalam melinjo mengandung mineral, lemak, protein, dan vitamin yang diharapkan oleh tubuh.
Pastinya semua sudah tak absurd dengan tumbuhan melinjo Manfaat Emping/Keripik Melinjo dan Cara Membuat Emping Melinjo
Bagian kulit melinjo yang  kemerah-merahan mengandung karotenoid, fenolik, dan vitamin C sebagai salah satu sumber antioksidan alami. Mulai dari daun melinjo sampai buah melinjo sanggup dimanfaatkan masyarakat baik sebagai materi adonan masakan maupun dijadikan sebagai camilan ringan. Sedangkan buah melinjo sendiri sanggup diolah menjadi keripik melinjo atau yang dikenal dengan emping melinjo.

Keripik melinjo mempunyai rasa agak pahit, inilah yang menimbulkan keripik melinjo berbeda dari lainnya. Akan tetapi tumbuhan ini banyak mengandung purin yang kurang baik bagi penderita asam urat dan darah tinggi. Terlepas dari kandungan purin yang tinggi, melinjo diyakini sanggup mendatangkan hal baik bagi badan kita. Nah, apa sajakah hal baik yang dimaksud?

1. Membantu Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh 
Seperti halnya tumbuhan jenis kacang-kacangan lainnya, melinjo juga mengandung antioksidan alami. Antioksidan inilah yang sanggup meningkatkan daya kekebalan badan kita dan sebagai pelindung dari radikal bebas.

2. Meningkatkan Daya Ingat 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang, tumbuhan yang mempunyai ciri khas pahit dan gurih ini, secara evolusi masih akrab dengan tumbuhan Ginkgo Biloba. Tanaman Ginkgo dipercaya sebagai tonik otak. Tidak mengherankan kalau lalu tumbuhan melinjo dipercaya juga sebagai kuliner yang sanggup meningkatkan daya ingat.

3. Pengawet Alami 
Kandungan flavonoid pada buah melinjo sanggup dijadikan sebagai materi pengawet alami makanan. Kandungan flavonoid inilah yang sanggup memperlambat pertumbuhan basil pada kuliner tertentu dan tentunya kondusif digunakan.

Kandungan dan manfaat melinjo tak perlu lagi kita ragukan. Jika mengonsumsi melinjo tidak melebihi batas, tentunya manfaat buah melinjo sanggup kita rasakan. Lalu bagaimanakah cara menciptakan keripik melinjo? Atau menciptakan sambal pedas cantik berbahan dasar melinjo? Nah, berikut proses pembuatan keripik melinjo.

Cara Membuat Keripik Melinjo 
1. Kupaslah kulit lunak bab luar buah melinjo
2. Sangrai buah melinjo yang telah dikupas
3. Setelah disangrai, proses berikutnya memipihkan buah melinjo dengan palu
4. Untuk memperoleh keripik melinjo yang besar, kita sanggup memipihkan 2-3 buah melinjo sekaligus
5. Tahap terakhir proses penjemuran di bawah sinar matahari langsung.
Proses penjemuran ini memerlukan waktu 2-3 hari, tahap inilah yang mensugesti kualitas keripik melinjo. Keripik melinjo sanggup tahan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid pada tumbuhan  Gnethum gnemon L.

Cara Membuat Keripik Emping Sambal Manis 
1. Siapkan keripik melinjo siap pakai  (350 gr)
2. Siapkan bumbu masakan seperti;  bawang putih (5 siung), daun jeruk (3 lembar), serai (1 batang), daun salam (3 lembar), lengkuas (3cm), bawang merah (8 butir), cabai merah kering (secukupnya), gula merah, gula pasir dan air serta garam (secukupnya)
3. Tumis bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, cabai kering) dengan sedikit minyak sampai harum.
4. Masukkan daun salam, serai, lengkuas dan daun jeruk, aduk perlahan sampai layu. Ketika sudah layu, tambahkan sedikit air sampai bumbu mengental.
5. Masukkan emping melinjo yang sebelumnya telah digoreng.
6. Setelah dingin, simpanlah di daerah yang kedap udara untuk menjaga kerenyahan keripik melinjo sambal.

Keripik melinjo sanggup dijadikan sebagai cemilan maupun dikreasikan menjadi aneka masakan. Tertarik ingin mencoba? Namun hal yang perlu kita ingat untuk tidak mengonsumsi keripik melinjo dalam jumlah yang banyak, terutama bagi penderita asam urat. Selamat mencoba dan menikmati keripik melinjo dengan ragam manfaatnya.
Sumber https://www.mediailmupengetahuan.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar