Skip to main content

Cara Menciptakan Blog Gratis Di Wordpress

Script WordPress sanggup dipakai untuk domain dengann hosting sendiri ataupun dipakai secara gratisan. Namun, artikel ini akan membahas cara menciptakan blog gratis di WordPress.com, dimana kita sanggup menikmati semua layanan dengan gratis, baik itu subdomain dan juga hosting-nya. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Langkah pertama yaitu membuka situs WordPress, klik atau buka URL ini di browser Anda id.wordpress.com

2. Setelah halaman WordPress terbuka, silahkan masukkan alamat web yang Anda inginkan, contohnya BlogTersayang.wordpress.com. Lalu klik tombol “Buat Situs Web”.

3. Akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, Anda akan diminta mengisi kolom-kolom, ibarat alamat email Anda, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog.
  • Alamat email: isi dengan alamat email Anda
  • Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: nana89), ini untuk user name saat login ke dashboar WP
  • Password: isi dengan password yang berpengaruh dan gampang diingat
  • Pastikan alamat blog: cek ulang alamat untuk blog Anda, contohnya “BlogTersayang.wordpress.com”
  • Jangan lupa klik link yang bertuliskan “akan memakai alamat yang gratis”
  • Setelah semua kolom telah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang ada di bab bawah.
4. Pihak WordPress akan mengirimkan link untuk verifikasi ke email Anda. Buka email Anda, temukan email dari wordpress.com dan klik link di dalam email tersebut. 

5. Setelah melaksanakan verifikasi dengan cara yang dijelaskan pada langkah 4 di atas (klik link verifikasi), nanti akan terbuka tab gres di browser dan Anda akan melihat halaman dashboard WordPress milik Anda.

6. Sekarang anda sudah simpulan menciptakan blog lewat wordpress.

Pengaturan, Desain dan Posting di Blog WordPress

Sampai langkah 5 di atas tolong-menolong Anda sudah punya blog WordPress. Anda sanggup melihat tampilan blog dengan mengetikkan nama blog Anda di browser. Namun, mungkin Anda merasa tidak cocok dengan tampilan default dari WordPress. Anda sanggup mulai melaksanakan beberapa settingan pada blog WP anda, contohnya menciptakan judul blog, menciptakan tag line atau deskripsi singkat, mengganti themes, memasang widget dan lain-lain.
1. Pengaturan Blog WP
Untuk menciptakan pengaturan di blog WordPress, Anda sanggup melakukannya di dalam dashboard WP Anda dengan membuka tombol link “Pengaturan“. Pada bab pengaturan terdapat sub-sub kategori pengaturan yang akan Anda edit. Menurut saya, yang paling penting pada bab ini yaitu pengaturan; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini klarifikasi singkatnya:
  • Umum: Pada bab ini Anda sanggup mengganti judul blog dengan judul yang sesuai dengan keinginan, dan juga menambahkan tagline untuk blog Anda. Selain itu, Anda juga sanggup melaksanakan beberapa pengaturan lainnya di halaman ini, contohnya menambahkan ikon untuk blo, mengganti format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menyimpan perubahaan yang Anda lakukan.
  • Menulis: Pada bab ini Anda sanggup menciptakan pengaturan tulisan, menentukan kategori goresan pena standar.
  • Membaca: Di sini Anda sanggup mengatur goresan pena yang ditampilkan pada halaman utama blog Anda. Anda sanggup menciptakan halaman statis ataupun dinamis, tapi saran saya alasannya yaitu ini yaitu blog maka akan lebih baik jika Anda menampikan halaman dinamis. Pada halaman ini Anda juga sanggup menentukan jumlah artikel yang tampil di halaman utama, dan lain-lain. Bila Anda tidak menginginkan hal khusus, biarkan saja settingan di halaman ini secara default.
  • Diskusi – Di sini Anda sanggup mengatur bagaimana orang lain sanggup berkomentar di blog Anda. Jika Anda tidak menginginkan hal yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default pada halaman ini.
2. Desain Blog WP
Anda juga sanggup mengganti Themes dan menambahkan widget untuk Blog WordPress Anda. Mengatur themes dan widget sanggup menciptakan blog WP terlihat lebih baik dan sesuai dengan impian pelmilik blog. Buka tombol link “Tampilan” yang ada di dashboard blog wordpress Anda. Menurut saya bab yang paling penting di sini yaitu Tema, Widget, Menu. Berikut klarifikasi singkatnya:
  • Tema: Pada bab ini Anda sanggup menentukan theme/ tema yang sesuai dengan impian Anda. Di WordPress.com ada aneka macam tema gratisan dengan tampilan yang bagus. Perhatikan, jangan hingga menentukan theme premium, pilih saja tema gratisan.
  • Widget: Di sini Anda sanggup menambahkan beberapa widet yang Anda inginkan yang akan terlihat di bab side kafe blog WordPress Anda. Perhatikan, jangan terlalu banyak memasukkan widget akan menghipnotis kecepatan loading blog Anda.
  • Menu: Anda sanggup menambahkan beberapa link untuk sajian melalui halaman ini. Misalnya Anda ingin menciptakan halaman about, halaman kontak, privacy policy, dan lain-lain, Anda sanggup membuatnya di halaman ini.
3. Posting Konten di WordPress
Langkah selanjutnya yaitu menciptakan postingan artikel. Untuk memposting artikel atau konten lainnya, sanggup melalui tombol link “Tulisan”. Perhatikan link yang ada di dashboard Anda:
  • Semua Tulisan: ini yaitu link untuk melihat semua postingan artikel yang ada di blog Anda.
  • Tambah Baru: ini yaitu link untuk menciptakan postingan/ konten gres di dalam blog Anda.
  • Kategori: ini yaitu link untuk melihat atau menambahkan kategori gres di blog wordpress Anda.
Untuk menciptakan postingan di WordPress.com berdasarkan saya sangat mudah, bahkan jauh lebih gampang dibandingkan dengan platform lain. Yang perlu Anda perhatikan pada halaman menciptakan konten yaitu sebagai berikut:
  • Judul konten: Buat judul yang sesuai dengan konten.
  • Halaman konten: Anda sanggup menambahkan konten berbentuk text (artikel), gambar, dan video di halaman ini.
  • Menu formating: Perhatikan sajian formating yang ada di halaman kerja WordPress. Anda sanggup menambahkan link, mengatur text, mengganti warna text, menambah gambar dan video, dan lain-lain.
  • Kategori dan Tag: Jangan lupa untuk menciptakan kategori dan tag untuk setiap konten Anda. Ini akan memudahkan Anda dan pembaca blog Anda untuk melihat konten dengan kategori atau tag tertentu.
  • Jika Anda sudah yakin dengan konten Anda, silahkan klik tombol “Terbitkan” yang ada di sebelah kanan halaman kerja WordPress.

Itulah langkah-langkah menciptakan blog lewat wordpress serta memposting artikel.

Sumber https://ramadaniad.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar