Skip to main content

Cara Memutar Objek (Rotate) Pada Blender

Memutar Objek (Rotate) Pada Software Blender

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas Merubah Ukuran (Scale) pada software blender. Pada Postingan kali ini saya akan menjelaskan cara memutar objek (rotate) pada blender, memutar objek atau rotate yaitu modifikasi objek basic di blender yang harus kita kuasai, ada beberapa variasi untuk memutar objek (rotate) pada blender ibarat langkah di bawah ini:


Langkah 1
Dengan memakai sajian transform pada properti panel, kita tinggal mengisi nilai pada sumbu axis X,Y dan Z (satuan nilai pada rotate yaitu derajat, saat kita memasukan nilai 30 maka secara otomatis objek akan di putar 30 derajat). Yang harus dipahami disini yaitu arah putaran objek, kalau pada scale dan grab saat kita mengisi nilai pada sumbu x,y dan z maka objek akan membesar dan bergerak pada sumbu axis yang kita pilih, tetapi lain halnya pada rotate ketika kita mengisi nilai pada sumbu axis X maka objek akan memutar pada sumbu Y, dan kalau kita mengisi nilai pada sumbu Y maka objek akan berputar pada sumbu X, hanya sumbu Z yang berputar pada porosnya kalau kita mengisi nilai pada sumbu z maka objek hanya akan berputar pada sumbu Z. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:

Gambar 1
Sudut siku sumbu axis memilih arah putaran objek

Gambar 2

Tampilan awal sebelum objek di rotate, saya contohkan disini memutar objek dengan sajian transform, saya ingin memutar objek pada sumbu Y 90 derajat, maka hal yang kita lakukan yaitu mengisi nilai pada sumbu axis X bukan pada sumbu axis Y, alasannya yaitu rotate disini akan memutar objek sesuai sumbu sikunya, maka untuk melaksanakan rotate 90 derajat pada sumbu axis Y yaitu degnan cara masukan nilai pada sumbu axis X 90 derajat, maka kesannya pada gambar di bawah ini.

Gambar 3

Hasil rotate pada sumbu axis Y dengan mengisi nilai pada sumbu axis X.
Untuk memutar pada sumbu X caranya sama dengan langkah di atas dengan mengisi nilai pada sumbu axis Y.

Langkah 2

Dengan kombinasi tombol keyboard R lalu menekan tombol X Y Z lalu tekan numpad angka untuk memilih besaran rotate.ketentuan pada langka ini sama dengan langkah pertama yaitu ketika kita mengisi nilai pada sumbu axis X maka objek akan memutar pada sumbu Y, dan kalau kita mengisi nilai pada sumbu Y maka objek akan berputar pada sumbu X, hanya sumbu Z yang berputar pada porosnya kalau kita mengisi nilai pada sumbu z maka objek hanya akan berputar pada sumbu Z.

Gambar 4

Langkah 2 dan langkah 1 sama fungsinya hanya langkah 2 memakai tombol cepat blender, dan langkah 1 memakai sajian pada blender.

Langkah 3
Dengan memakai mouse, langkah memutar objek dengan mouse ini hanya dapat dilakukan pada 1 view port misal top otho maka kita hanya dapat memutar objek secara 360 derajat tampak dari tampilan atas.

Caranya yaitu dengan cara seleksi objek yang akan di rotate tekan tombol keyboard R lalu putar mouse sesuai harapan kita. Bisa kalian kombinasikan dengan menekan tombol CTRL dan SHIFT untuk mengontrol nilai putaran secara akurat.

Gambar 5

Langkah 4
Memutar bebas objek kesegala arah, langkah ini hampir sama dengan langkah nomor 3 perbedaannya pada tampilan arah putaran, kalau langkah 3 hanya dapat memutar objek pada 1 view port, sedangkan langkah 4 dapat memutar segala arah viewport.

Caranya yaitu seleksi objek yang akan di rotate tekan  tombol keyboard R,R secara berurutan,putar mouse sesuai harapan kita memutar objek.

Gambar 6

Demikian pembahasan cara memutar objek (rotate) pada Blender, silahkan kalian praktikan bila mengalamai kesulitan dapat ditanyakan pada kolom komentar. Semoga Bermanfaat. Happy Blendering.

Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar