Skip to main content

Memindahkan Atau Menggeser Objek Diblender


Trik Memindahkan Atau Mengeser Objek Di Blender

Hal dasar yang harus di pahami pertama pada blender yakni tampilan sajian dan fungsi masing masing tools, untuk lebih jelasnya sanggup membaca postingan tentang Menu Tools Blender.setelah mengetahui sajian dan fungsinya selanjutnya yakni praktik hal hal dasar modifikasi objek ibarat Memindahkan atau menggeser (Grab atau Location), Memberbesar atau Memperkecil (Scale), Memutar (Rotation).

Pada postingan kali ini saya akan membahas Memindahkan atau menggeser objek di blender,banyak langkah pada blender untuk melaksanakan hal tersebut tinggal kita menentukan mau pakai langkah yang mana :

Langkah 1

Dengan sajian transform location pada properti region, pada sajian ini terdapat sumbu axis X Y Z dengan nilai standard 0 (Nol). Agar kalian memahami sumbu axis pada objek bis membaca postingan tentang Pemahaman Objek 3D Blender.Untuk menggeser atau memindahkan objek dengan sajian transform location kita tinggal mengisi nilai pada sumbu axis tersebut, saya contohkan di bawah ini saya ingin menggeser objek ke kanan, maka saya mengisi nilai pada sumbu x dengan nilai kasatmata ibarat 2 (dua), jikalau ingin menggeser objek ke kiri maka isikan nilai negatif ibarat -2 (Minus dua).
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:
Gambar 1
Sumbu awal axis sebelum di lakukan pergeseran

Gambar 2
Pergeseran objek ke kanan

Gambar 3
Pergeseran objek ke Kiri

berlaku untuk pergeseran ke atas bawah dan depan belakang tinggal mengisi nilai pada masing masing sumbu axis dengan nilai kasatmata dan negatif.

Langkah 2

Dengan memakai tombol keyboard G (Grab), banyak variasi dengan memakai langkah ini seperti:
  • Seleksi objek yang akan di geser atau dipindahkan tekan tombol keyboard G geser mouse sesuai lokasi yang di inginkan.
  • Seleksi objek yang akan di geser atau dipindahkan tekan tombol keyboard G X, geser mouse ke kanan atau kekiri sesuai lokasi yang di inginkan. Fungsi kombinasi tombol G X yakni mengkunci pergeseran objek pada sumbu X (kanan atau kiri), untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:


Gambar di atas memperlihatkan sumbu axis X berwarna lebih terang membuktikan bahwa pergerakan objek dikunci pada sumbu X, saya geser mouse kekanan lihat nilai pojok kiri bawah untuk menentukan nilai pergeseran.
Hal tersebut juga sanggup dilakukan pada sumbu axis X dan Z, dengan langkah yang sama kombinasi tombo G Y (mengunci pergeseran sumbu Y) dan G Z (mengunci pergeseran sumbu Z).

Langkah 3

Menggunakan klik kiri mouse, Seleksi objek dengan klik kiri mouse lalu tahan klik kiri geser mouse sesuai lokasi yang diingkan. Hal ini hampir sama dengan menekan tombol G lalu menggeser mouse pada lokasi yang diingkan.

Dari ketiga langkah diatas untuk memindahkan objek atau menggeser objek, saya eksklusif lebih suka memakai langkah nomor 2 dikarenakan lebih akuran pada sumbu axisnya.silahkan kalian praktikan dan tentukan mana yang berdasarkan kalian lebih membantu.

Demikian klarifikasi wacana memindahkan atau menggeser objek di blender, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar