Skip to main content

Teks Eksposisi


Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisi sebuah informasi yang berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memperlihatkan sebuah informasi dan pengetahuan mengenai suatu hal

Struktur Teks Eksposisi

1. Tesis, ialah pengenalan isu, duduk masalah ataupun pandangan penulis secara umum wacana topik yang akan dibahas. 

2. Rangkaian argumen, pendapat atau argumen penulis mempunyai kegunaan sebagai klarifikasi dari tesis yang dijelaskan sebelumnya. Biasanya berisi fakta-fakta untuk memperkuat argumen-argumen penulis.

3. Penegasan ulang, perumusan kembali secara ringkas. Biasanya bab ini disebut dengan epilog atau simpulan.


Contoh Teks Eksposisi


Sistem  pendidikan yang berada di Indonesia sekarang mengalami perubahan yang menjadi lebih baik dari waktu kewaktu, dari kurikulum usang yakni 2006 sampai menjadi kurikulum 2013 yang mengutamakan pendidikan karakter, hal ini mendukung dengan seiring berkembangnya zaman. Dengan kecanggihan teknologi yang sudah ada mejadikan kurikulum mengikuti arus zaman yang menjadi upaya pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Dapat dilihat pada masa penerus bangsa masa kini, terjadi krisis budbahasa pad siswa dasar sampai mahasiswa, sehingga pemerintah mengupayakan dengan menerapkan kegiatan 2013 yang berbasis pendidikan karakter, maka dari itusduahbanyak sekolah-sekolah yang melaksaakan kegiatan tersebut namun juga ada yang belum siap melakukan kegiatan tersebut, dikarenakan kekuarngan biaya dan kurang perhatian pemerintah pada sekolah-sekolah terpencil, sehingga terdapat sekolah yang tertinggal. Namun hal tersebut juga menjadi upaya-upaya pemerintah aggar semua sekolah sanggup mewujudkan kegiatan kurikulum 2013.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan bahwa kurikulum 2013 diutamakan yang berakreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional , terjangkaunya distribusi juga menjadi syarat terhadap sekolah yang menjalankan kurikulum 2013, dan mejelaskan bahwaa kurikulum 2013 menyangkup tiga hal yakni, sikap, pengetahuan, keterampilan serta huruf yang menurut pendejatan ilmiah.

Sumber https://ramadaniad.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar