Skip to main content

Pengertian Render Atau Rendering

Pengertian Render Atau Rendering

Sering kita mendengar atau menyebut istilah render atau rendering sebetulnya apa sih yang disebut rendering itu sendiri. Dalam postingan kali ini saya akan membahas pengertian render atau rendering. Sebelum pada pengertian rendering ada hal yang perlu kita pahami, menurut kalian render itu dilakukan oleh software 3D atau ada software khusus untuk rendering?. Jika kalian menjawab render dilakukan oleh software khusus rendering balasan kalian benar. Rendering dilakukan oleh software khusus render menyerupai Keysot, V-Ray, Mental Ray, Lumion dan Cycles Render. Blender sendiri mempunyai mesin render yang sudah terinstal otomatis yaitu Cycles Render. Kita lanjut ke pengertian

Render atau Rendering

Adalah proses dari membangun gambar dari sebuah model melalui komputer. Sebuah berkas adegan terdiri dari objek-objek dalam sebuah bahasa atau data struktur, sanggup berupa geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan gosip bayangan sebagai sebuah deskripsi dari adegan virtual. Data yang terisi dalam berkas adegan kemudian melewati program rendering untuk diproses dan menjadi hasil keluaran untuk sebuah gambar digital.

Intinya rendering yaitu membangun atau menggabungakan sebuah model atau objek menjadi 1 file berupa images atau movie. Untuk lebih jalasnya saya lampirkan gambar dibawah ini:

Keterangan:
Pada gambar di atas terdapat 7 objek:
  1. Model Cube
  2. Model Sphere
  3. Model torus
  4. Model silinder
  5. Lamp
  6. Model Plane
  7. Camera
Baca juga : Cara Merender di Software Blender

Pada Main 3D Viewport terdapat 6 model dan terproyeksi pada 1 kamera, yang masing masing model telah modifikasi pada material, dengan melaksanakan rendering maka ke 6 model tersebut akan menjadi 1 file dalam format images atau movie menyerupai ini.
Demikian klarifikasi mengenai pemahaman Render atau rendering , biar bermanfaat. Untuk lebih terang mengenai cara merender file format images dan movie klik disini Cara Render images dan movie di blender

Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar