Skip to main content

Membuat Logo Asian Games 3D

Logo Asian Games 3D

Asian Games Adalah ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun, dengan atlet-atlet dari seluruh Asia. Untuk tahun 2018 indonesia menjadi tuan rumah pagelaran olahraga terbesar di Asia yang di selenggarakan di kota Jakarta dan Palembang. Dari tahun ketahun tuan rumah Asian games mempunya lago dan maskot, kali ini aku akan menjelaskan menciptakan 3D Logo Asian Games dengan software Blender.
Ada beberapa metode untuk membuat  logo 3D pada software blender yaitu dengan mengimport file logo 2D berformat SVG (Scalable Vector Graphics) kemudian convert menjadi mesh, tracing images background dengan kurva. Pada postingan kali ini aku akan menjelaskan menciptakan Logo Asian Games dengan metode tracing dengan kurva.
Buka Sofware Blender hapus semua objek yang ada pada Main 3D View dengan cara tekan tombol keyboard A untuk menyeleksi sema objek, tekan tombol keyboard delete, Enter.
Pada properties region ceklist Background images dan klik tanda panah bawah dan pilih add images maka akan muncul pop menu, untuk lebih jelasnya lihat tentang Pengaturan Background Images.

Berikut keterangan dari masing masing sajian Background Images:

  1. Add Images Untuk memunculkan pop up sajian backgroudn images dan menambahkan images.
  2. Axis Untuk menentukan mode tampilan images ibarat berisi tampilan atas, bawah, bawah dan samping. (Catatan Tampilan background images hanya dapat terlihat pada mode Ortho main 3d View.)
  3. File browser untuk menentukan file images pada data komputer.
  4. Opacity untuk menentukan tingkat kontras background images, semakin tinggi nilai maka gambar akan semakin terang dan sebaliknya.
  5. Y untuk menggerser images pada sumbu y
  6. Flip untuk membalikan gambar secara vertikal/horizontal.
  7. Size untuk memperbesar dan mengecilkan images.
  8. X unutk mengeser images pada sumbu X
  9. Rotation untuk memutar images
Dalam teladan disini aku mengatur background images pada view top

Setelah mengatur background image waktunya tracing images dengan kurva bazier, tekan tombol keyboard shift+A pilih curve-bazier, maka hasil aka ibarat dibawah ini.


Atur vertex kontrol bazier pada tepi logo, dengan cara masuk ke edit mode klik vertex kontrok tekan G letakan pada masing masing tepi logo ibarat gambar di bawah ini.
Untuk menambahkan vertex logo tekan tombol keyoard E, untuk meletakan vertex kontrol pada tepi logo klik kiri pada mouse.tambahkan vertex kontrol pada keempat sisi logo.seperti gambar di bawah ini.

Setelah kita menambahkan vertex kontrol pada ke empat sisi logo, terlihat ada vertex kontrol yang terpisah, kemudian bagaimana cara menghubungkannya. Caranya yaitu dengan cara menyeleksi kedua vertex kontrol yang akan digabungkan tekan tombol F. maka kesudahannya akan ibarat gambar dibawah ini.
Disini curve sudah terhubung menjadi satu akan tetapi belum rapih mengikuti pada tepi logo, untuk menciptakan rapih kita melaksanakan modifikasi pada vertex kontol dengan menekan tombol keyboard V maka akan keluar  menu set handle type.

Berikut keterangan dari masing masing sajian Set Handle Type:

  1. Automatic untuk menciptakan vertex kontrol menjadi garis lengkung.
  2. Vertor untuk menciptakan vertex kontrok menjadi garis siku
  3. Aligned hampir sama dengan fungsi automatic mengakibatkan garing lengkung
  4. Free hampir sama dengan vektor perbedaan pada kita dapat memanipulasi vertex kontrol secara bebas.
  5. Toggle Free hampir sama dengan fungsi automatic

 Pada teladan ini aku menggunaan set handle Free, letakan vertex kontrok pada tepi logo ibarat gambar di bawah ini.
Setelah curve rapih mengelilingii sisi logo,kita convert curve menjadi mesh dengan cara seleksi curve masuk pada objek mode tekan tombol keyboard Alt+C maka akan mucul sajian pilihan convert pilih mesh from curve.

Hasil sehabis di convert menjadi mesh


Mesh hasil hasil convert masih belum ada fill sehingga masih berupa curve walupun objek data sudah bermetamorfosis mesh, untuk mengisi fill kita seleksi objek mesh masuk pada objek mode tekan tombol keyboard F. maka hasil ibarat gambar dibawah ini.


Untuk potongan modeling logo sudah final hingga disini, selanjutnya pada potongan material untuk memberi warna pada mesh logo tersebut dengan cara pilih material pada properties panel, klik new material, rubah nama material untuk memudahkan membedakan, pilih warna sesuai selera.

Ikuti langkah di atas untuk menciptakan Logo yang lainnya, sehingga kesudahannya ibarat ini.

Sekian modeling Logo Asian Games 3D , kalau mengalami hambatan dalam modeling dapat ditanyakan pada kolom komentar, biar bermanfaat. Happy Blendering.


Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar