Skip to main content

Membuat Animasi Bendera Berkibar

Animasi Bendera Berkibar dengan Sofware Blender      

Sehari sehabis hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 aku akan menjelaskan menciptakan animasi bendera berkibar dengan sofware 3D Blender.

Materi
Sebelum praktik menciptakan animasi bendera berkibar pada sofware Blender ada beberapa hal yang harus kita pahami di antaranya :
  1. Menyiapkan Images Bendera dengan format PNG
  2. aktifkan Adds-Ons Import images as planes pada Blender user prefenrences yang berfungsi untuk merubah images menjadi mesh pada sofware blender.
  3. Mengatur Physics Cloth berfungsi sebagai modifier mengakibatkan mesh ibarat kain dan menambahkan dampak gravitasi yaitu mesh akan bergerak ke atas/kebawah.
  4. Mengatur Wind befungsi sebagai angin

Dalam menciptakan pemodelan atau simulasi pada sofware 3D Khususnya blender analogikan pemodelan atau simulasi tersebut dengan keadaan di dunia nyata, ibarat kita ingin menciptakan bendera, maka kita harus punya kain, sehabis kain di buat bendera selanjutkan kita ingin bendera itu berkibar maka kita mengikat bendera pada tiang dan di pasang pada daerah yang ada angin. sama ibarat sofware blender, kita juga memerlukan ibarat itu, 4 hal di atas yaitu materi untuk menciptakan animasi bendera pada sofware blender.



Praktik Membuat Animasi Bendera

Buka sofware blender hapus mesh default kubus dan lamp
Aktifkan adds ons import images as planes




Add Mesh images as planes



Tambahkan Physics Cloth pada mesh bendera, seleksi mesh bendera pilih physics Cloth
Untuk mengetahui Physics cloth sudah aktif pada mesh, play animasi dengan menekan keyboard ALT+A, bila sudah aktif tampilan default Physics cloth maka mesh bendera akan bergerah ke kebawah.
Untuk memperhalus gerakan bendera maka kita menambahkan faces pada mesh dengan cara modifier subdivide.

Ikuti langkah langkah di bawah ini:
  • Seleksi mesh bendera masuk ke edit mode dengan menekan tombol Tab
  • Tekan tombol Keyboard W pilih subdivide
  • Pada toolbar isi number of cut sesuai selera semakin tinggi nilainya maka semakin banyak faces yang dihasilkan.


Setelah memperbanyak faces pada mesh bendera kini kita akan mengatur sumbu ikat bendera supaya mesh tidak bergerak kebawah secara keseluruhan.
Analogi dalam dunia kasatmata saat kita akan memasang bendera pada tiang maka ada salah satu sisi bendera yang di ikatkan pada tiang, sama halnya pada sofware blender kita harus menciptakan sumbu ikat pada mesh bendera.

Ikuti Langkah Langkah di bawah ini :
  • Seleksi mesh bendera masuk ke edit mode dengan menekan tombol Tab
  • Seleksi vertex yang akan dijadikan sumbu ikat
  • Pada properti kafe pilih sajian mesh pada tab sajian vertex group klik ikon + lalu klik assign, lalu beralih pada Physics cloth ceklist sajian pinning lalu klik vertex group yang telah dibuat


Untuk mengetahui apakah vertex group sumbu ikat sudah aktif, masuk ke weight paint, maka akan muncul ibarat gambar di bawah ini, warnah merah membuktikan mesh dengan masa berat dan biru mesh dengan masa ringgan, sehingga saat menjalankan simulasi Physics cloth mesh yang berwarna biru akan bergerak ke bawah sedangkan mesh warna merah akan tetap membisu pada sumbunya.

Sampai disini kita telah selesai menciptakan bendera dengan simulasi kain,dan menciptakan sumbu ikat bendera. Lalu bagaimana cara mengibarkan benderanya. Sesuai pada dunia kasatmata kita memerlukan angin untuk mengubarkan bendera maka pada sofware blender kita harus menambahkan angin.


Ikuti langkah dibawah ini :
  • Tekan Shift+A  Pilih Force Field –Wind

  • Letakan wind di belakang sumbu ikat bendera


Atur kekuatan angin pada sajian strengt semakin tinggi nilainya maka semakin besar hembusan anginnya.


Untuk melihat hasil nya play animasi, bila bendera belum berkibar berarti kekuatan anginnya kurang, atur sesuai imajinasi kita, hingga bendera berkibar sesuai harapan kita.
Sampai disini kita telah selesai menciptakan animasi bendera, apabila menginginkan variasi kibaran pada bendera kita dapat mengatur nya pada menu Physics cloth ibarat dibawah ini


Setelahmengatur kibaran bendera langkah selanjutnya mengatur frame untuk animasi



Setelah mengatur frame animasi selanjutnya menggabungkan frame animasi dengan Physics cloth dengan cara pilih sajian Cloth cache atur frame awal dan frame selesai pilih bake tunggu hingga proses selesai.


Setelah proses bake selesai selanjutnya kita merender animasi.
Berikut hasil yang telah selesai aku render.

Klik untuk melihat Hasil Render

Demikian yang aku sampaikan ihwal menciptakan animasi bendera berkibar dengan sofware blender agar bermanfaat.Happy Blendering.




Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar