Skip to main content

Konsep Pemodelan 3D Software Blender

Konsep Pemodelan 3D Software Blender

Pemodelan ialah membentuk suatu benda-benda atau objek. Membuat dan mendesain objek tersebut sehingga terlihat mirip hidup. Sesuai dengan objek dan basisnya, proses ini secara  keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan objek sanggup diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3D (3 Dimensi modelling) (Nalwan, 1998).

Proses Pemodelan 3D
Ada beberapa Proses Pemodelan yang dipakai untuk pemodelan 3D Sofware Blender mirip Poligon (Face/Mesh), Nurbs, Curve/Path, Primitif, Sculpting (Memahat). metode diadaptasi dengan  kebutuhan objek yang ada dibuat, berikut klarifikasi dan keunggulan dari masing-masing metode:

Poligon (Face/Mesh)
Adalah kumpulan dari vertex (ventices) ,edge dan face yang bergabung membentuk objek permukaan mirip segitiga dan segiempat.



Vertex (ventices): 1 titik, lebih dari 1titik (jamak) disebut vertices.

Edge: segmen garis lurus yang yang menghubungkan 2 vertices.

Face (Polygon): permukaan datar yang tertutup oleh edge.

 Membuat dan mendesain objek tersebut sehingga terlihat mirip hidup Konsep Pemodelan 3D Software Blender
Pemodelan dengan Poligon (Face/Mesh) paling cocok dipakai untuk bidang datar dengan memodifikasi mesh dengan tool ekstrude, insert, dan grab pada vertex, edge, dan face.

Pemodelan Nurb (Non-Uniform Rational Bazier Spline) dan Path
Merupakan metode pemodelan dengan memakai kurva Nurb hanya berupa satu titik vertex (Control Vertex) untuk melakuan modifikasi membentuk suatu objek. Tidak mirip mesh yang setiap vertex,edge dan face sanggup dilakukan modifikasi ekstrude, insert, dan grab.
 Membuat dan mendesain objek tersebut sehingga terlihat mirip hidup Konsep Pemodelan 3D Software Blender

Kurva Nurb dan Path cocok dipakai untuk pemodelan objek lengkung dan objek yang mempunyai lekukan.


Pemodelan Curve Bazier
Merupakan pemodelan dengan memakai kurva sama mirip kurva Nurb dan path perbedaan hanya pada titik kontrol kurva. Pada kurva bazier kontrol vertex lebih banyak dan sanggup di modifikasi ektrude dan grab.
 Membuat dan mendesain objek tersebut sehingga terlihat mirip hidup Konsep Pemodelan 3D Software Blender

Kurve bazier sama fungsinya dengan nurb cocok dipakai untuk pemodelan objek lengkung dan objek yang mempunyai lekukan.

Pemodelan Primitif
Adalah pemodelan dengan memakai geometri objek mirip kubus, selinder, kerucut, dll. Pemodelan primitif prinsipnya sama dengan pemodelan poligon/mesh yaitu melaksanakan modifikasi pada vertex,edge,dan face.
 Membuat dan mendesain objek tersebut sehingga terlihat mirip hidup Konsep Pemodelan 3D Software Blender

Pemodelan primitif cocok dipakai untuk semua bentuk pemodelan dengan memakai tool modifier pada blender mirip bevel, subdivison,dll.

Pemodelan Memahat /Sculpting
Adalah pemodelan dengan menggabungkan teknik Pemodelan primitif solid geometri objek kemudian subdivision. Memahat/Sculpting sangat cocok dipakai untuk pemodelan karakter.
 Membuat dan mendesain objek tersebut sehingga terlihat mirip hidup Konsep Pemodelan 3D Software Blender

Berikut beberapa metode awal dalam proses pemodelan 3D software blender, untuk sanggup mengahsilkan pemodelan yang ibarat aslinya, kita harus memodifikasi objek awal tersebut dengan tool medifier pada properti tools blender.

Sekian klarifikasi mengenai konsep pemodelan 3D modeling pada software blender, agar bermanfaat,Happy Blendering.

Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar