Skip to main content

Belajar Belajar Sendiri Sofware Blender

Belajar Otodidak Sofware 3D Blender

Ketika kita bermain game dan menonton film animasi, Modeling abjad yang dihasilkan sangat ibarat aslinya pada dunia nyata, sempat terpikirkan oleh anda bagaimana mereka membuatnya? Bila jawaba anda Ya, anda sama ibarat saya, berawal dari hobi saya bermain game dan nonton film animasi saya ingin tau untuk mengetahui sofware apa yang mereka gunakan, dan bagaimana mereka membuatnya. Sempat terpikir untuk mengikuti kursus 3D Modeling tapi biaya yang tikeluarkan tidak sedikit, sehingga saya memutuskan untuk Belajar Otodidak Modeling 3D melalui internet.

Dari hasil menelusuri google saya mengetahui ada banyak sofware untuk menciptakan modeling 3D ibarat 3ds Max, Maya, Zbrush,  Blender dan masih banyak yang lainnya. Dari banyak nya sofware pengolah 3D saya tertarik pada sofware Blender. Alasan saya memililih sofware  Blender karena sofware ini gratis,dikembangkan oleh banyak komunitas sehingga ketika kita mengalami kesulitan dalam berguru belajar sendiri para master blender siap untuk membantu kita.
Bila anda tertarik mempelajari blender anda sanggup mendonwload sofwarenya pada situs resminya blender.org, tujuan saya menulis disini bukan untuk menggurui, saya hanya ingin membuatkan ilmu dan menemukan sobat yang satu hobi dengan saya sehingga kita sanggup berguru bersama,berbagi ilmu dan berkarya.
Tampilan awal Sofware Blender v2.79
 Ketika kita bermain game dan menonton film animasi Belajar Otodidak Sofware Blender
Kesan pertama ketika saya melihat tampilannya ibarat ini gundah mau memulai berguru dari mana,oleh alasannya yaitu itu biar kalian tidak mengalami hal ibarat saya akan memperlihatkan tips mempelajari sofware blender. Ada pepatah dalam dunia faktual tidak kenal maka tidak sayang, dalam dunia 3D sama tidak kenal maka tidak andal modeling hahaha, mari kita berkenalan dengan fitur-fitur pada sofware blender.

Kotak Warna Kuning Main 3D Viewport
Adalah kawasan kita mengerjakan pemodelan 3D, tampilan standar dalam 3D view terdapat Objek kubus, lampu, dan kamera. Analogi dalam dunia faktual kubus yaitu benda, lampu sebagai penerang benda, dan kamera yaitu mata.

Kotak Warna Biru Header 3D View
Adalah kawasan yang berisi tools interaksi mode dalam melaksanakan modifikasi pada objek ibarat objek mode, edit mode, sculpt mode,vertex paint,weight paint, texture paint. Tools pada header 3D view akan berubah tergantung interaksi yang dipilih. (Karena banyaknya tools pengaturan maka satu persatu akan saya jelaskan pada postingan saya selanjutnya).

Interkasi objek mode
 Ketika kita bermain game dan menonton film animasi Belajar Otodidak Sofware Blender

Interaksi edit mode
 Ketika kita bermain game dan menonton film animasi Belajar Otodidak Sofware Blender

Interaksi Sculpt Mode
 Ketika kita bermain game dan menonton film animasi Belajar Otodidak Sofware Blender
Interaksi Vertex Paint
 Ketika kita bermain game dan menonton film animasi Belajar Otodidak Sofware Blender

Interaksi Weight Paint
 Ketika kita bermain game dan menonton film animasi Belajar Otodidak Sofware Blender

Interaksi Texture Paint
 Ketika kita bermain game dan menonton film animasi Belajar Otodidak Sofware Blender

Kotak Hijau Tua Tool Shelf 3D View
Kumpulan beberaoa tool cepat yang berisi perintah dari header 3D View, adds ons, Properti bar, timeline animasi.

Kotak warna merah Properties Bar
Berisi banyak sekali Pengaturan ibarat render, render layer, scene, world, objek, constraints, modifier, Objek data, material, textures, partikel, physics. (Karena banyaknya hidangan kafetaria pengaturan maka satu persatu akan saya jelaskan pada postingan saya selanjutnya).

Kotak Warna ungu Properties Region
Kumpulan beberapa tool yang berisi perintah dari properti bar, dan ada beberap tools khusu yang tidak ada pada properti bar, ibarat images background.

Kotak Putih Outliner
Adalah kawasan list catatan pengaturan yang telah dilakukan pada 3D view, ketika kita melaksanakan modifier atau penambaan objek maka semua akan tercatat pada outliner.

Kotak warna hitam info
Menampilkan isu yang kita gunakan ibarat layout, scene, engine, jumlah vertex, faces, objek, memori dan berisi hidangan kafetaria file, render, window,help.

Kotak Hijau Muda Timeline
Adalah kawasan untuk melaksanakan pengaturan ketika menciptakan animasi.

Dari banyaknya pengaturan scren layout di atas berdasarkan saya yang harus di pelajari terlebih dahulu yaitu Main 3D Viewport, Header 3D View, Shelf 3D View, pelajari tool hingga anda menguasai betul, jangan terburu-buru untuk melaksanakan pemodelan.


Sumber http://otodidakblend.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar