Skip to main content

Kelompok Suporter Klub Indonesia Yang Beraliran Ultras


    Ultras Yang Ada Di Indonesia | Apa sih arti atau pengertian dari ULTRAS ? Arti atau Pengertian ULTRAS yaitu Suatu kelompok penggemar Sepakbola yang sangat Fanatik dalam mendukung Tim kebanggaanya. Ciri khas ketika distadion, Kelompok ini akan terus bernyanyi dengan lantang yang diiringi dengan pukulan drum, Dan penggunaan Giant Flag maupun spanduk-spanduk yang akan terpampang di Tribunnya. Untuk pakaian, suporter yang beraliran Ultras Biasanya akan memakai pakaian serba hitam dan akan memakai Penutup Kepala ketika mereka sedang beraksi dengan Flare atau Suar.

Negara yang terkait dekat dengan gerakan ULTRAS yaitu ITALIA. Kelompok Ultras Italia yang pertama kali dibuat pada tahun 1951, termasuk Fedelissimi Granata dari Torino. Dan pada tahun 1960-an, melihat penyebaran dan perkembangan budaya yang berkelanjutan dengan pembentukan kelompok Fossa dei Leoni dan Boys San, yang pertama sering dianggap di Italia sebagai kelompok ULTRAS PERTAMA. Istilah dari Ultras dipakai sebagai nama untuk pertama kalinya pada tahun 1969, ketika para pendukung Sampdoria membentuk Ultras Tito Cucchiaroni dan para penggemar Torino membentuk Ultras Granata.

Untuk di Indonesia sendiri, hampir semua klub sepakbola profesional niscaya memiliki pendukung atau suporter yang beraliran ULTRAS. Dan untuk di Timnas Indonesia, ada ULTRAS GARUDA INDONESIA yang mulai eksis tahun 2018. Saya juga akan menambahkan sedikit Tentang Ultras Garuda Indonesia. Kelompok ini menempati Tribun Selatan ketika mendukung Timnas Indonesia. Kaprikornus bila kau ingin gabung dengan Ultras Garuda Indonesia, kau harus membeli tiket tribun selatan ya bila Timnas main di kandang. Latar belakang didirikanya Ultras Garuda Indonesia yaitu Untuk Menyatukan Suporter Yang ada Di Indonesia. Tidak ada syarat khusus untuk gabung dengan kelompok ini, cukup copot atribut klub kesayanganmu dan fokus dukung Timnas Indonesia tanpa harus membeda-bedakan Mana Bobotoh mana The Jak, maupun kelompok suporter klub lain.

Kembali ketopik utama, Kali ini aku akan membagikan hanya 8 Kelompok Suporter Indonesia Yang Menganut Budaya Ultras. Karena di Indonesia ini cukup banyak kelompok yang menganut budaya ini, sehingga aku hanya menentukan 8 kelompok saja dulu, dan untuk yang lainya dapat diartikel selanjutnya. Langsung saja kelompok yang pertama :

1. ULTRAS PALEMBANG
     Ultras Palembang yaitu suporter dari klub Sriwijaya FC. Kelompok ini menempati Tribun Timur, walaupun kebanyakan kelompok ultras akan menempati Tribun Selatan maupun Tribun Utara, tetapi itu bukan menjadi problem bagi Ultras Palembang, alasannya diluar negri sana juga banyak kelompok Ultras yang menempati Tribun Timur. Sangat disayangkan animo kemudian Tim Kebanggaan Ultras Palembang ( Sriwijaya FC ) harus turun kasta ke Liga 2 Indonesia. Dan disini kesetiaan Suporter Sriwijaya benar-benar diuji. Semoga masih setia mendukung Sriwijaya FC lagi sampai dapat kembali tampil di Liga 1.

2. ULTRAS PERSIKABO CURVA SUD
    Sesuai dengan namanya, Suporter PERSIKABO ini menempati Curva Sud atau Tribun Selatan. Belakangan ini UPCS atau ULTRAS PERSIKABO CURVA SUD melaksanakan protes kepada administrasi alasannya PS TIRA melaksanakan merger dengan PERSIKABO dan yang tentunya Persikabo sendiri tidak akan berkiprah di Liga 3 animo ini.

3. NORTH LEGION 1953
    North Legion 1953 yaitu kelompok suporter dari Persita Tangerang. Seperti namanya, kelompok ini menempati Curva North atau Tribun Utara. Namun sayang, animo kemudian Persita gagal promosi ke Liga 1, yang berarti animo ini masih akan berjuang lagi di Liga 2.

4. CURVA NORD 1955
    CURVA NORD 1955 yaitu suporter yang mendukung PSPS PEKANBARU. CURVA NORD 1955 didirikan pada tanggal 15 Januari 2012. Musim ini PSPS mengarungi kasta kedua Liga Indonesia.

5. North Side Boys 12
    North Side Boys 12 atau NSB12 yaitu suporter dari Bali United. Mereka bukan sebuah organisasi, NSB12 sebutan untuk mereka yg di tribun utara. Siapa saja boleh bergabung tiba dan bangun di Gate 12 Tribun Utara.

6. CURVA BOYS 1967
    CURVA BOYS 1967 yaitu suporter dari PERSELA LAMONGAN. Lalu dimana tribun dari CURVA BOYS 1967 ? Curva Boys 1967 menempati Tribun Utara Stadion Surajaya Lamongan

7. GREEN NORD 27
    Green Nord 27 yaitu suporter dari PERSEBAYA SURABAYA. Kelompok ini menempati Tribun Utara Stadion Gelora Bung Tomo. Kelompok ini yaitu salah satu kelompok yang kritis terhadap administrasi Persebaya maupun Federasi PSSI.

8. BRIGATA CURVA SUD
    Nah untuk yang terakhir ini niscaya kalian sudah tidak aneh lagi. BCS atau Brigata Curva Sud yaitu suporter dari Tim Kabupaten Sleman ( PSS SLEMAN ). Kelompok ini sering menampilkan koreo-koreo yang sangat unik. Di Tahun 2017, BCS menjadi Ultras Terbaik Di Asia versi COPA90. Dan ditahun 2017, foto dari Ultras PSS atau BCS menjadi cover majalah Polandia ( To My Kibice ) .

Cukup ini dulu ya gans yang dapat aku tulis. Lain kali disambung lagi about Ultras maupun Hooligans di Indonesia. Sekian dan Terimakasih.
Sumber https://www.workingclass.id/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar