Skip to main content

Soal Uas Mata Kuliah Mekanika Fluida Dan Hidrolika Universitas Semarang

Soal UAS Mata Kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika Universitas Semarang Soal UAS Mata Kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika Universitas Semarang
Artikel ini berisi soal Ujian Akhir Semester Fakultas Teknik Universitas Semarang. Tujuan saya menciptakan dan membagikan soal ini yaitu untuk menunjukkan materi latihan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang sedang mengambil mata kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika.

SOAL 1

Kolam A yang lebar, yang muka artinya pada elevasi +140.00 dihubungkan ke bak B dan C yang lebar, dengan elevasi muka airnya masing-masing pada Elevasi +120.00 dan +20.00 dengan 3 (tiga)  buah pipa, masing-masing yaitu pipa 1, pipa 2, dan pipa 3 yang memiliki titik temu di T.

Pipa 1 menghubungkan bak A ke T, pipa 2 menghubungkan T ke bak B dan pipa 3 menghubungkan T ke bak C. Data ketiga pipa tersebut yaitu sebagai berikut :
Pipa 1
  • Panjang : 5.500 m
  • Diameter : 0.80 m
  • Koef. ukiran : 0.024
Pipa 2
  • Panjang : 4.500 m
  • Diameter : 0.90 m
  • Koef. ukiran : 0.025
Pipa 3
  • Panjang : 6.500 m
  • Diameter : 0.80 m
  • Koef. ukiran : 0.024
Dari data tersebut diminta memilih berapa kedudukan elevasi muka air di T apabila dipasang pipa vertikal di T (Kehilangan tenaga miror diabaikan)
SOAL 2
Pengaliran di sebuah jalan masuk irigasi dengan penampang melintang trapesium, memiliki lebar dasar 6 meter dengan debit pengaliran sebesar 14 meter kubik per detik. Kemiringan dasar jalan masuk ini yaitu 0.0005 dengan angka kekasaran Manning diperhitungkan pada harga 0.025 Kemiringan tebing saluran, perbandingan  V : H yaitu 2 : 3
Diminta memilih berapa ketinggian pengaliran yang terjadi di jalan masuk irigasi tersebut.
Sebagai tambahan, akan berikan materi dari Mata Kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika.



Soal UAS Lainnya :

Itulah Soal UAS Mata Kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika Universitas Semarang, biar artikel ini bermanfaat dan mambu menunjukkan komplemen rujukan serta latihan soal seputar Mekanika Fluida dan Hidrolika. 

Sumber https://densupono.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar