Skip to main content

Keuntungan Label Platinum 99Design Dan Cara Mendapatkanya

Bagi yang udah usang join di 99Design niscaya udah gak absurd sama istilah platinum desainer. Dan pastinya juga udah banyak member disini yg udah berpangkat platinum. Nah bagi yang gres join di 99Designs mungkin masih bertanya apa itu platinum desainer?  apa sih keistimewaannya? dan Gimana cara dapetin label platinum tersebut? Hayo bagaimana caranya?

Kita bahas garis besarnya aja dikarenakan banyak pertanyaan juga yg muncul wacana cara dapetin platinum di nama kita. Saya sendiri belom jadi platinum jadi saya coba jelaskan secerah mungkin sepengetahuan saya aja ya.

KEUNTUNGAN PLATINUM

1. Yang terang Platinum desainer punya kanal lebih luas ketika mengikuti kontes. Contoh misalnya, ada beberapa kontes yg emang ditujukan untuk para platinum desainer. Dalam kontes ini desainer biasa gak sanggup masuk/ikut kontes tersebut. Jumlah hadiahnya relatif masih sama dan tergantung si CH, beberapa memang luarbiasa. Keuntungannya, dikarenakan desainer yg masuk lebih sedikit, jadi persaingan pun semakin kecil dan otomatis kemungkinan menang jadi lebih besar.

2.  Punya nama yg sanggup diperhitungkan di kalangan Contest Holder. Artinya CH akan lebih mempercayakan projectnya kepada seorang platinum desainer jikalau lawan-lawan desainer lainnya bukan platinum. Poin ini sanggup berubah apabila si NON-Platinum desainer sanggup mengalahkan saingannya yg merupakan seorang platinum.

3. Platinum desainer jarang ikut kontes, dikarenakan kadang mereka terlalu sibuk mengerjakan project 1-1 dengan CH. Kok bisa? ya lantaran mereka yaitu Platinum desainer, jadi terkadang ada CH yg malas menunggu untuk mengadakan kontes lagi, jadi pribadi memperlihatkan pekerjaan itu kepada seorang platinum desainer lantaran CH menganggap mereka udah profesional dalam penanganan sebuah project. Terlebih lagi apabila si CH udah pernah puas dengan pekerjaan seorang desainer yg mereka pilih tersebut. Enaknya jadi platinum, gak perlu antri untuk menang lantaran CH tiba sendiri memperlihatkan pekerjaan secara langsung.

CARA MENJADI PLATINUM DESAINER 

Ada banyak cara untuk menjadi seorang Platinum desainer. Dan hal pertama yg harus kita lakukan yaitu mengamati seorang desainer platinum, dan liat perbedaan style mereka. Kalo berdasarkan saya, menjadi seorang Platinum desainer yaitu hak privilage admin 99desain dan beberapa Platinum desainer senior. Karena mereka berperan dalam merekomendasikan nama kita sebagai Platinum desainer atau tidak. 

Mas, Saya udah jalan di 99D dua taon, sering menang tapi kok gak juga jadi platinum ya?
Jawabannya. KONSISTENSI

Ada seorang desainer yg butuh bertahun-tahun dan butuh menang beratus kali untuk mendapat gelar Platinum desainer. Tapi ada juga mereka yg gres join 3 bulan dan jarang menang tapi udah mendapat pangkat Platinum desainer. lah kok bisa?

Bisa aja. Karena konsistensi itu. Yang saya maksud adalah, ketika kita join jadi member di 99D ada banyak kontes yg sanggup diikuti. Dan saya yakin awal kita join di 99D rata-rata kebanyakan asal bikin akun, asal bikin nama dan asal ikut kontes sehingga hal ini mengaburkan konsistensi kita sebagai desainer. Dan kita akan bertanya sendiri desainer apa bersama-sama saya ini? desainer logo? ilustrator? pemain 3D? atau kita hajar semuanya demi dollar?

Sampe tahap ini kita dihadapkan dua pilihan, jikalau ingin cepat sanggup dollar atau jikalau ingin terus menang di banyak sekali kategori kontes jangan harap sanggup jadi platinum dalam waktu dekat. Tapi... jikalau emang ingin jadi seorang desainer profesional dalam 99D sebagai Platinum desainer, kemenangan harus dipertahankan dalam satu kategori. 

Jika kalian seorang desainer corporate logo, tetaplah fokus pada satu kategori dari awal kita join 99D. Ikuti hanya kategori logo pada setiap kontes dan usahakan menang atau minimal masuk dalam tahap final. Desainer yg sanggup masuk ke tahap tamat artinya udah diperhitungkan oleh CH, dan selalu dipantau oleh moderator dan admin 99D. Begitu pula jikalau kalian seorang ilustrator... jangan gambling di kategori kontes selain yg bekerjasama dengan ilustrasi, lantaran ini akan mengaburkan konsistensi tadi.

JANGAN REMEHKAN PORTFOLIO PRIBADI 

Portfolio punya peranan penting juga untuk menambah nilai jual nama kita sebagai desainer, dan khususnya bagi yg ingin menjadi Platinum desainer. Konsistensi pajang karya tidak berarti memajang hanya karya yg pernah menang aja, tapi semua karya yg kita anggap terbaik silakan untuk dipajang. Karena menyerupai kita punya toko, kita memajang produk kita sendiri dalam sebuah etalase yg cantik, dengan toko yg higienis dan menarik orang untuk datang. Dari hal sepele ini CH akan mampir dan mempercayakan projectnya pada kita. Hal ini juga berlaku jikalau kita bukan desainer platinum.

HINDARI BENTUK GENERIC

Kadang untuk menang, kita lebih mengesampingkan idealis karya dibandingkan dollar yg didapat. Walopun portfolio terisi dengan banyak karya kemenangan ataupun karya yg berdasarkan kita terbaik, tapi... dimata orang lain yg mampir liat-liat portfolio kita, mereka hanya tersenyum kecut, berarti kita masih gagal keluar dari bentuk generic. Kebanyakan CH tidak mengerti perbedaan bentuk generic dengan fresh idea. Seorang desainer seharusnya sanggup melaksanakan pendekatan secara persuasif untuk mengenalkan bentuk dan inspirasi baru. Tapi kebanyakan demi menang kita pun kembali ke bentuk generic. Bentuk yg lebih familiar dimata seorang CH yg merupakan orang awam. Langkah ini sama sekali gak membantu untuk menjadi seorang Platinum desainer.

JANGAN TERLALU BERLEBIHAN DALAM MENDESKRIPSIKAN DIRI

“Saya seorang desainer profesional, berpengalaman 15 tahun di bidang desain grafis, menguasai adobe ilustrator, corel, photoshop, DAZ3D , dan masih banyak lagi. Saya pekerja keras dan Sangat menyukai desain... bla bla bla......”

WRONG MOVE! Pada dasarnya dunia desain di luar negeri bukan menjual kecap, melainkan mencari karya yg terbukti sanggup memukau banyak orang. Buat apa kita membaguskan diri sedemikian rupa, tapi di portfolio masih kosong, atau jarang menang, atau portfolio penuh terisi hanya dengan desain generic? Maka buktikan dengan karya yg sanggup menciptakan orang wawww.... sanggup menciptakan orang tersenyum manggut-manggut dan tanpa sadar menciptakan mereka klik tombol LIKE sebagai tanda mereka menghargai karya itu, meskipun bukan pemenang di kontes yg dipajang.

“Ah, kalo saya sih yg penting dollarnya, gak perlu jadi platinum juga gak masalah, yang penting desain saya asli !”

Semua kan kembali ke diri masing-masing, lantaran yg dibahas disini yaitu pertanyaan  tentang Platinum desainer. Di awal konsistensi seorang desainer mengejar label platinum, mereka mungkin mengesampingkan dollar di 6 bulan pertama, tapi sesudah label itu menempel di akunnya. Dollar sanggup tiba sendiri melalui 1-1 project, yg kebanyakan tak ter-ekspose oleh desainer lain tapi karya mereka udah jadi santapan yg diliat sehari-hari dan terpajang di kantor 99D.

Pada kesimpulannya “BE YOURSELF” konsisten dalam karya, lantaran baik platinum atau bukan, kita masih sanggup terus berkarya dan menghasilkan sesuatu yg besar baik itu secara bahan maupun dalam membentuk nama besar. 

Fokus dan cintai pekerjaanmu maka pekerjaanmu akan balik mengatakan yg terbaik untukmu, Remehkan pekerjaanmu maka pekerjaan itu akan membuatmu menghabiskan waktu tanpa hasil


SELAMAT BERKARYA
Sumber https://www.susiloblog.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar