Skip to main content

5 Taktik Mengikuti Kontes Di 99Designs Kekurangan Dan Kelebihannya


Banyak jalan menuju Roma kata orang, banyak jalan untuk menang dalam sebuah persaingan sehingga banyak taktik yang sanggup dilakukan untuk itu. Lalu, taktik ibarat apa yang kita pilih?. Berikut akan saya berikan strategi-strategi yang biasa para kontestan lakukan

1. WATCH AND LEARN/PLAY SAFE 

Mengamati dan mempelajari yakni taktik yang paling umum dipakai oleh kontestan. Biasanya seorang desainer melaksanakan “watching” sebuah kontesnya dulu sebelum submit entry. Kontes yang dipilih yakni kontes yang gres saja dibuka, contohnya entry yang masuk gres satu hingga 3 karya. Tujuannya menunggu feedback dari CH terhadap entri yang sudah masuk duluan dan lanjut mengupload karya yang lebih baik.

Kelebihan: 

Cara ini sanggup menguntungkan sebab kita sanggup tau selera si CH sebelum karya kita masuk untuk dinilai berikutnya. Dengan memperhatikan karya yang udah masuk, desainer tinggal memikirkan ilham lain dengan konsep yang ibarat tapi lebih anggun untuk diupload.

Kekurangan: 

Saat CH ternyata memberi rate tinggi kepada karya yang udah duluan itu, sementara kita gres watching artinya kita harus bekerja keras memikirkan ilham yang sanggup menciptakan CH berpaling dari karya pertama yang disukainya dan memberi kita rate yang lebih tinggi dari sebelumnya itu. 

2. TRENDSETTER

Strategi ini dipakai dengan cara mencari kontes yang gres dibuka dan memasukkan karya secepat mungkin sebelum ada kontestan lain yg masuk. Dengan keinginan bahwa pembuka pintu ini sanggup menciptakan tren awal yg tujuannya bila ditiru akan terang terlihat sehingga punya alibi untuk melaporkan karya peniru tadi. Berharap CH tak kan berpaling pada desain awal. 

Kelebihan :  

CH akan merasa lebih dihargai sebab desainer yang masuk duluan lebih interest untuk mengikuti kontesnya. Biasanya CH akan pribadi memberi feedback atau rate.

Kekurangan:

Cara ini justru menciptakan ilham kita ditumpulkan oleh desainer selanjutnya bila desainer berikutnya punya ilham yg jauh lebih baik daripada sebelumnya. Jika si desainer setelahnya sanggup menciptakan CH berpaling, maka desain awal yg ratenya anggun akan perlahan tersingkir. 

3. THE SNIPER 

Desainer yang memakai taktik ini sengaja mengincar kontes yang waktunya sudden death alias waktu udah diambang habis. Ia akan berusaha masuk paling tamat dalam submit karya. Tujuannya ia tak perlu menunggu usang untuk masuk tahap final. Cukup dengan membaca brief dan membandingkan karya rate tertinggi sebelumnya. 

Kelebihan:

Cara ini cukup efektif dan tidak buang waktu, sebab tidak perlu menunggu usang sampe tahap final. ASALKAN ilham desain yang diberikan benar-benar sanggup diperhitungkan untuk masuk final dan menjadi salah satu dari 6 desainer yg dipilih CH. Selanjutnya tinggal berjuang di final habis-habisan.

Kekurangan:

Kesempatan hanya punya sekali, artinya... bila karya yang disubmit paling tamat tadi dibuang oleh CH sebab tidak memenuhi seleranya maka otomatis desainer itu tidak akan punya kesempatan untuk mengulang karya gres dengan ilham yang lain. One shot only!

4. DESIGN BOMBER 

Ibarat memancing, lemparkan umpan sebanyak mungkin dengan jenis yang berbeda untuk gambling umpan mana yg akan sanggup ikan paling besar. Strategi Ini disebut bom desain. Seorang desainer akan mengupload kurang lebih 10 karya sekaligus dengan tujuan memberi CH banyak pilihan desain dan berharap minimal 1 ilham diterima oleh CH dengan rate bagus. 

Kelebihan: 

Oke, Kalo pas kena selera CH, 5 dari 10 karya tadi akan mendapat rate tinggi, dengan begitu desainer punya banyak senjata awal untuk menutup kemungkinan ada desainer yg akan menggandakan idenya tersebut. Ia akan melihat perkembangan tiap entri tersebut hingga CH menentukan salah satu yang terbaik.

Kekurangan:

Ada tipe CH yang gerah akan cara ini, sebab ia menganggap si desainer hanya asal aplot karya tanpa berpikir, dikarenakan ada CH yang menginginkan sebuah logo penuh konsep dan sesuai dengan tujuan perusahaannya itu. Oleh sebab itu jangan heran kalo CH akan menghadiahkan paket eliminasi sekaligus.   

5. SHADOWMASTER

Shadow master biasa disebut juga peniru, tapi dengan cara yang lebih pintar. Desainer ibarat ini selalu membayangi desain entri yang mendapat rate tertinggi, mencoba menggandakan konsep dan bentuknya tapi merubahnya sedikit atau menyempurnakannya. Berharap CH akan memperlihatkan rate yg sama dan sanggup menyingkirkan desainer aslinya.

Kelebihan:

Ia sanggup melaksanakan cara ini bila bertemu dengan CH yg kurang memperhatikan atau tidak peduli dengan copycat desain. CH gak mau tau darimana asal desain tersebut selama itu lebih baik dan sesuai dengan seleranya maka akan diberinya rate yg anggun juga tentunya. 

Kekurangan: 

Cara ini beresiko dilaporkan oleh desainer lain bila tak hati-hati. Cara ini juga tidak berlaku pada CH yg berpegang pada pemikiran originalitas yakni segalanya sebab CH ingin setiap desainer punya ilham yang jauh berbeda namun tetap punya konsep yang berpengaruh di masing-masing entri.

Mungkin masih banyak taktik lain yang lebih jitu untuk memenangkan sebuah kontes. Jadi, taktik yang mana nih yg mau dipake ? tentunya semua tergantung situasi dan jenis aksara si CH....Semua taktik niscaya ada kelebihan dan kekurangannya ibarat yang saya sebutkan diatas. Biasanya sih, yang namanya taktik itu dirahasiakan oleh tiap desainer. Tapi gak ada salahnya juga kita sharing taktik masing-masing disini, mungkin aja ada dari member yg ingin bagi strateginya biar kita yang pemula sanggup ikut ngerasain dollar lebih cepat? hehe.... silakan! 

Apapun strateginya, just remember to play fair! ada isyarat etik tak tertulis diantara desainer dan mudah-mudahan kita tidak menyimpang dari itu dan tidak menciptakan desainer lain merasa dirugikan. Semua ada waktunya. Rejeki tak kan kemana! Selamat berkarya!
Sumber https://www.susiloblog.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar