Skip to main content

Ini Ia Efek Faktual Dan Negatif Dari Perkembangan Teknologi





Catatanbarugue - Tak bisa dipungkiri lagi tolong-menolong teknologi sudah berkembang pesat dari waktu kewaktu.Ada sebagian atau bahkan semua orang menganggap perkembangan teknologi membawa banyak dampak positif dan sebagian lagi menganggap teknologi membawa dampak negatif baik itu secara sosial,ekonomi dan kesehatan.

Berbagai perusahaan yang bergerak dibidang teknologi berusaha membuat kreasi terbarunya.Namun,adakalanya teknologi yang diciptakan itu bisa membawa dampak negatif dan positif bagi pengguna teknologi tersebut dan pihak perusahaan pun harus memikirkan keamanan pula bagi pengguna teknologi yang diciptakannya. Seperti contohnya motor.Setiap pengguna motor sewaktu - waktu mungkin akan mengalami kecelakaan,namun perusahaan sudah menyiapkan pelindung helm yang disiapkan untuk melindungi kepala dari benturan sebuah kecelakaan.

Pertanyaanya,apakah semua orang akan terkena dampak negatif dari perkembangan teknologi ? ?

Jawabannya bisa YA dan bisa juga TIDAK. Alasannya ?

Seperti contohnya handphone. Jika pengguna handphone tidak bijak dalam menggunakannya,bisa jadi mata mereka akan rusak akhir terlalu usang menatap monitor.Maka bisa dikatakan orang tersebut terkena dampak negatif dari teknologi berjulukan handphone tersebut.
Ada juga orang yang matanya tetap sehat walaupun ia mempunyai handphone asalkan bakir dan bijak dalam menggunakannya.

Para pembaca yang setia,bisa disimpulkan bahwa perkembangan teknologi bisa membawa dampak positif dan negatif bagi kehidupan kita.

Lalu,apa saja dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi itu ?

Berikut ulasannya :

Dampak Positif Perkembangan Teknologi

1.Memudahkan dalam pekerjaan manusia

Zaman kini aneka macam diciptakan teknologi yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan insan menyerupai contohnya mobil.Dengan mobil,seseorang bisa menempuh jarak yang cukup jauh namun tidak begitu memakan banyak waktu.

2.Penghematan waktu

Seperti yang sudah tertera diatas,perkembangan teknologi juga bisa mempermudah dalam menghemat waktu.Seperti contohnya robot. Di periode kini ini aneka macam perusahaan yang bergerak dibidang otomotif bangak memakai pekerja robot.Alasan kenapa menggunakn robot ialah cukup efisien dalam menuntaskan pekerjaannya,tentu saja hal ini akan menghemat waktu dalam pekerjaannya.

3.Memudahkan dalam hal komunikasi

Dalam perkembanyannya,teknologi juga sanggup memudahkan penggunanya dalam hal berkomunikasi.Sebut saja handphone.Ya,handphone dikenal bisa dipakai untuk berinteraksi dalam jarak yang tidak terbatas.Dimanapun dan kapanpun kita bisa menghubungi seseorang yang dikehendaki.Secara tidak langsung,handphone juga sanggup menjalin kekerabatan silaturahmi dengan mudah.

4.Menambah ilmu pengetahuan

Semakin berkembangnya kemajuan teknologi berarti semakin luas pula ilmu pengetahuan yang didapat.

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi ternyata tidak sepenuhnya membawa dampak positif.Perkembangan teknologi juga bisa membawa kedampak yang negatif.Lalu apa dampak negatif teknologi ?

Berikut merupakan dampak negatif teknologi dalam kehidupan :

1.Mengganggu kesehatan

Bagaimana teknologi bisa mengganggu kesehatan ?.Perkembangan teknologi tidak harus selalu dipandang indah.Seperti contohnya perkembangan dalam bidang smartphone.Siapa yang tidak kenal dengan smartphone ?.Semua orang niscaya mengenalnya.Banyak pengguna smartphone yang seolah - olah terhipnotis olehnya.Banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk menatap layar smartphone kesayangannya,tentunya hal ini akan besar lengan berkuasa pada kesehatan mata menyerupai rabun.

2.Pengangguran terjadi dimana - mana

Dizaman sekarang,banyak sekali pekerjaan insan yang digantikan oleh robot.Alasannya biasa,yaitu robot tidak membutuhkan waktu istirahat,robot tidak dibayar ( digaji ),atau tidak ada dana asuransi jikalau ada kerusakan pada robot.

Bagaimanapun,tenaga insan dan robot tidak sanggup disamakan.Tentusaja hal ini akan berdampak pada pengangguran akhir pekerjaannya digantikan oleh robot dan pihak perusahaanpun tidak segan untuk mengeluarkan atau memecat karyawannya (PHK).

3.Pencemaran lingkungan

Sebut saja kendaraan menyerupai motor / mobil.Semakin banyak pengguna motor tentunya semakin kotor pula lingkungan akhir polusi yang dihasilkan.Tentu saja hal ini akan mencemari lingkungan sekaligus merusak kesehatan.

4.Mempengaruhi dalam hal komunikasi

Teknologi di smartphone memang bisa memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang yang berjarak jauh.

Orang - orang menyampaikan smartphone mendekatkan yang jauh dan menjauhi yang dekat.

Adakalanya seseorang lupa dengan orang sekitarnya akhir keasyikan bersosialisasi dengan seseorang yang jauh tadi. Tentusaja hal ini akan mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi orang sekitar.


Pada intinya,kemajuan tekbologi harus diubahsuaikan dan dipertimbangkan oleh keadaan.Semakin berkembangnya teknologi,semakin banyak pula dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar