Mengenal Dasar-Dasar Software Blender
Mengenal Dasar-dasar software Blender
Pada dasarnya software Blender memiliki aneka macam dasar-dasar penggunaannya ,untuk mempermudah dalam proses pembuatan animasi.
Dibawah ini saya sudah menjelaskan beberapa mengenai Dasar dari software Blender yang sering dipakai ..
A. Basic ShortCut Keybroad Blender.
Ø G (Grab / Move ) = Untuk memindahkan objek yang kita pilih.
Ø Alt + G = Reset proses permindahan Objek / mengembalikan seperti semula
Ø G + X / Y / Z = Memindahkan Objek sesuai dengan sumbe yang kita tentukan
( Caranya tekan G lalu tekan sumbu yang kita inginkan Y/ Z /X Bukan dengan cara G dan sumbe Y / Z / X ditekan bersamaan.)
Ø S (Scala / Rezize ) = Mengubah ukuran Bentuk (Baik kecil maupun Besar ).
Ø S + X / Z / Y = Mengubah ukuran Objek sesuai dengan sumbe yang kita tentukan
( Caranya tekan S lalu tekan sumbu yang kita inginkan Y / Z /X Bukan dengan cara S dan sumbe Y / Z / X ditekan bersamaan.)
Ø Alt + S = Reset Ukuran bentuk Objek.
Ø X = Delete Objek ( caranya klik kanan pada objeknya kemudian klik X )
Ø M = Untuk menampilkan layer atau memindahkan layer .
Ø NumPad = Untuk merubah tampilan viewport ke dalam beberapa
mode,Sebelum Anda memakai Numpad Anda harus mengaktifkan
Cara mengatur NumPad Blender
1. Anda masuk Menu File dan pilih User Preferances
2. pilih input dan ceklis Emulate Numpad, lalu klik Save User Settings
NumPadnya terlebih dahulu dengan cara.
Fungsi beberapa Numpad :
NumPad 1 = Tampak dari Depan
NumPad 2 = Melihat Objek dari sisi Bawah
NumPad 3 = Tampak dari Samping
NumPad 4 = Melihat Objek dari sisi kiri
NumPad 5 = Perspeltif
NumPad 6 = Melihat Objek dari sisi kanan
NumPad 7 = Tampak dari atas
NumPad 8 = Melihat Objek dari sisi atas.
NumPad 9 = Melihat dari Camera
Ø Tombol kiri Mouse = Memilih Objek
Ø Tombol kiri mouse + Shift = Memilih Objek lebih dari satu
Ø Tombol kanan mouse = Mengatur posisi titik pusat.
Ø Tombol kursor mouse ditekan = Mengatur Rotasi
Ø Tombol kursor mouse roll depan = untuk zoom in.
Ø Tombol kursor mouse roll belakang = untuk zoom out.
Ø Tombol Kursor mouse ditekan + shift = Melakukan zoom in / zoom out sesuai dengan pergerakan mouse.
Ø TAB = Mengganti menjadi Edit Mode.
Ø V = Vertex paint Mode.
Ø T = Menampilkan Tombol Tool disebelah kanan
Ø N = Menampilakn Tombol Tool disebelah kiri .
Ø A = Menyeleksi semua bab objek (jika dalam posisi Edit Mode )
Menyeleksi semua Objek yang ada di layer ( kalau dalam posisi Objek Mode )
Ø E = Extrude .( fungsinya sama menyerupai skala, hanya saja ini digunakan untuk bagian Obejek yang kita pilih.)
Ø Alt + B = Menampilkan objek hanya pada bab yang terseleksi.
Ø Shift + B = Melakukan Zoom pada area objek yang terseleksi.
Ø F = Membuat bidang atau garis sesuai dengan vertex yang terseleksi.
Vertex (Titik / sudut ) – Edge ( garis ) – Face ( Bidang / Permukaan ).
Ø Shift + A = Add – Menambahkan objek baru.
Ø Ctrl + Alt + Q = Viewport mode empat sudut pandang.
Ø C = Menyeleksi objek dengan cara lebih cepat dan harus menentukan satu
persatu
Ø Alt + A = Play / Stop Animation.
Ø Ctrl + R = Create Loopcut /garis pemotong.
Ø Ctrl + S = Menyimpan File.
Terima kasih biar yang saya sampaikan bermanfaat