Skip to main content

Mengenal Dasar-Dasar Software Blender


Mengenal Dasar-dasar software Blender

            Pada dasarnya software Blender memiliki aneka macam dasar-dasar penggunaannya ,untuk mempermudah dalam proses pembuatan animasi.
Dibawah ini saya sudah menjelaskan beberapa mengenai Dasar dari software Blender yang sering dipakai ..

           A.    Basic ShortCut Keybroad Blender.

Ø  G (Grab / Move )     = Untuk memindahkan objek yang kita pilih.

Ø  Alt + G                     = Reset proses permindahan Objek / mengembalikan seperti                                                 semula

Ø  G + X / Y / Z            = Memindahkan Objek sesuai dengan sumbe yang kita tentukan
                                    ( Caranya tekan G lalu tekan sumbu yang kita inginkan                                             Y/ Z /X Bukan dengan cara G dan sumbe Y / Z / X ditekan                                                 bersamaan.)

Ø  S (Scala / Rezize )   = Mengubah ukuran Bentuk (Baik kecil maupun Besar ).

Ø  S + X / Z / Y              = Mengubah ukuran Objek sesuai dengan sumbe yang kita                                                  tentukan
                                     ( Caranya tekan S lalu tekan sumbu yang kita inginkan                                            Y / Z /X Bukan dengan cara S dan sumbe Y / Z / X ditekan                                           bersamaan.)

Ø  Alt + S                       =  Reset Ukuran bentuk Objek.

Ø  X                                = Delete Objek ( caranya klik kanan pada objeknya kemudian                                              klik X )

Ø  M                               = Untuk menampilkan layer atau memindahkan layer .

Ø  NumPad                   = Untuk merubah tampilan viewport ke dalam beberapa
      mode,Sebelum Anda memakai Numpad Anda harus          mengaktifkan     
  
Cara mengatur NumPad Blender

          1. Anda masuk Menu File dan pilih User Preferances


 2. pilih input dan ceklis Emulate Numpad, lalu klik Save User Settings



                           
NumPadnya terlebih dahulu dengan cara.
Fungsi beberapa Numpad :
NumPad 1 = Tampak dari Depan
NumPad 2 = Melihat Objek dari sisi Bawah
NumPad 3 = Tampak dari Samping
NumPad 4 = Melihat Objek dari sisi kiri
NumPad 5 = Perspeltif
NumPad 6 = Melihat Objek dari sisi kanan
NumPad 7 = Tampak dari atas
NumPad 8 = Melihat Objek dari sisi atas.
NumPad 9 = Melihat dari Camera

Ø Tombol kiri Mouse                                      = Memilih Objek
Ø Tombol kiri mouse  + Shift                          = Memilih Objek lebih dari satu
Ø Tombol kanan mouse                                   = Mengatur posisi titik pusat.
Ø Tombol kursor mouse ditekan                     = Mengatur Rotasi
Ø Tombol kursor mouse roll depan                 = untuk zoom in.
Ø Tombol kursor mouse roll belakang            = untuk zoom out.   
Ø Tombol Kursor mouse ditekan + shift         = Melakukan zoom in / zoom out sesuai                                                                              dengan pergerakan mouse.

Ø TAB                          = Mengganti menjadi Edit Mode.

Ø V                               = Vertex paint Mode.

Ø T                               = Menampilkan Tombol Tool disebelah kanan

Ø N                               = Menampilakn Tombol Tool disebelah kiri .

Ø A                               = Menyeleksi semua bab objek (jika dalam posisi Edit Mode )
                                    Menyeleksi semua Objek yang ada di layer ( kalau dalam posisi                                           Objek Mode )

Ø E                             = Extrude .( fungsinya sama menyerupai skala, hanya saja ini digunakan                                    untuk bagian  Obejek yang kita pilih.)

Ø Alt + B                      = Menampilkan objek hanya pada bab yang terseleksi.

Ø Shift + B                  = Melakukan Zoom pada area objek yang terseleksi.

Ø F                               = Membuat bidang atau garis sesuai dengan vertex yang terseleksi.

Vertex (Titik / sudut ) – Edge ( garis ) – Face ( Bidang / Permukaan ).

Ø Shift + A                  = Add – Menambahkan objek baru.

Ø Ctrl + Alt + Q         = Viewport mode empat sudut pandang.

Ø C                             = Menyeleksi objek dengan cara lebih cepat dan harus menentukan satu
                                   persatu

Ø Alt + A                    = Play / Stop Animation.

Ø Ctrl  + R                  = Create Loopcut /garis pemotong.

Ø Ctrl + S                    = Menyimpan File.



Terima kasih biar yang saya sampaikan bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar