2 Kategori Faktor Seo Paling Penting Tahun 2017
iBlogger.id - 2 Kategori Faktor SEO Paling Penting Tahun 2017 - Blog yang melibatkan SEO akan jauhlebih gampang dalam mendapat visitors dari search engine. Baik itu SEO on page maupun SEO off page. Namun tidak ada teknik yang baku dalam mengoptimasi SEO, jalan satu-satunya ialah dengan melaksanakan eksperimen sendiri dan terus mencoba melalui pendekatan google faktor, dengan begitu kita akan menemukan cara yang sesuai dengan blog kita.
Seperti yang kita ketahui bahwa Google kerap meng-update algoritma pencariannya dan tentu hal ini menciptakan teknik SEO yang dilakukan pun selalu berubah-ubah. Pembaharuan algoritma tersebut bertujuan untuk meningkatkan relevansi informasi yang dicari pengunjung dengan hasil pencarian yang dihasilkan (SERP).
Maka dari itu ketika teknik SEO tahun 2015 diterapkan di tahun 2016, tidak akan memperlihatkan hasil yang baik sebab SEO berubah mengikuti perubahan yang search engine lakukan.

Seperti yang kita ketahui bahwa Google kerap meng-update algoritma pencariannya dan tentu hal ini menciptakan teknik SEO yang dilakukan pun selalu berubah-ubah. Pembaharuan algoritma tersebut bertujuan untuk meningkatkan relevansi informasi yang dicari pengunjung dengan hasil pencarian yang dihasilkan (SERP).
Maka dari itu ketika teknik SEO tahun 2015 diterapkan di tahun 2016, tidak akan memperlihatkan hasil yang baik sebab SEO berubah mengikuti perubahan yang search engine lakukan.
2 Kategori Faktor SEO Paling Penting Tahun 2017
Bagi para blogger yang cukup peduli akan keuntungannya SEO, tentu selalu ingin mendaoatkan informasi terbaru mengenai perkembangan dari search engine sehingga bisa menyesuaikan untuk meningkatkan secara optimal SEO pada blog supaya konten blog tidak menurun posisi SERP nya.
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan supaya bisa terus mendapat informasi terbaru mengenai SEO yaitu dengan sering membaca blog yang memang khusus membahas dunia SEO. Banyak rujukan yang bisa kta baca, mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Supaya lebih gampang mendapat informasi dari blog tersebut ada baiknya kita menjadi subcriber.
Kabar terbaru dari google wacana Faktor seo yang paling penting 2017
Seperti yang kita ketahui bahwa ada dikenal istilah 200+ google ranking faktor, itu merupakan faktor-faktor apa saja untuk memilih pantas tidaknya konten blog kita untuk mendapat posisi terbaik di SERP Google.
Kabar wacana seo yang disampaikan oleh Andrey Lipattsev (Search Quality Senior Strategist at Google) menyatakan bahwa di tahun 2017 dari 200+ google ranking faktor ada 2 kategori yang paling mendominasi untuk memilih peringkat blog di SERP Google.
Kategori #1
Link dan Konten merupakan faktor ke #1 dan ke #2 yang paling memilih peringkat situs di hasil pencarian
Nah ternyata jumlah backlink yang mengarah ke suatu blog ialah faktor yang sangat penting untuk mendapat posisi terbaik di SERP Google. Maka dari itu kita harus selalu berusaha membangun backlink secara berkala.
Pengaruh link terhadap posisi konten pada SERP sangat dipengaruhi oleh beberapa berikut ini:
a. Jumlah backlink
Semakin banyak jumlah backlink maka itu akan semakin baik.
b. Anchor text yang dipakai pada backlink tersebut
Gunakan anchor text yang bervariasi namun relevan sehingga terlihat natural. Anchor text yang bervariasi artinya tidak menciptakan anchor text memakai keyword yang di sasaran tapi memakai anchor text yang masih mempunyai relevansi dengan keyword utama.
c. Otoritas situs dari sumber backlink
Otoritas ialah kepercayaan situs sumber backlink di mata search engine, situs yang mempunyai reputasi baik (bukan situs yang dianggap negatif), maka bisa dipastikan backlink yang didapat merupakan backlink yang berkualitas dan benar-benar mempunyai efek yang signifikan dalam meningkatkan posisi konten pada SERP
Kategori #2
Google sudah resmi memasukan User CTR dan user Experince (UX faktor) pada algoritma terbarunya
Google enginer, Paul Haahr menyatakan bahwa ketika ini google telah memasukan google ranking faktor gres menjadi potongan dari 200+ google ranking faktor yang paling mendominasi dan paling kuat untuk memilih kelayakan suatu konten muncul di posisi terbaik pada SERP teratas, dua faktor tersebut yaitu User CTR dan User Experince (UX).
Apa itu User CTR?
User CTR ialah User (Click Trought Rate), merupakan nilai persentase seberapa banyak visitors melaksanakan klik pada judul konten blog kita ketika mereka menemukan konten blog kita di hasil pencarian google. Semakin besar persentase nilai ctr judul konten blog, itu artinya judul konten yang disajikan sangat berkualitas.

Untuk melihat nilai CTR konten blog kita, caranya masuk ke google search console atau google webmaster tool blog kita, kemudian menuju sajian lalulintas penelusuran > Telusuri Analitic, terlihat menyerupai gambar dibawah ini:

Nantinya kita bisa melihat data queri penelusuran untuk blog tersebut dan akan terlihat informasi keyword yang dipakai oleh pengguna search engine untuk menemukan konten blog kita. Ada aneka macam informasi terkait konten blog kita dan juga informasi jumlah klik, jumlah tayang dan persentase RKT artikel blog kita yang ditemukan bila persentase RKT itu nilainya tinggi itu lebih baik.
Tahukah kamu???
Ketika blog kita mempunyai konten berkualitas dan dianggap pantas untuk muncul di posisi pertama pada hasil pencarian, Google bahwasanya melaksanakan A/B test pada konten kita yang berhasil muncul pada hasil pencarian search engine.
Saat Google menjalankan tes pada konten kita, maka pada satu ketika konten kita akan muncul di halaman pertama dan mungkin di posisi pertama atau kedua. Saat konten tersebut muncul di posisi pertama namun tak ada pengguna yang mengklik judul konten blog kita, maka konten kita akan dianggap kurang baik. Pada alhasil itu bisa memperlihatkan sinyal kepada google bahwa konten yang kita buat kurang berkualitas.
Itu sudah cukup memberitahukan kepada serach engine Google bahwa konten kita kurang berkualitas dan kurang informatif. Efeknya lambat laun konten tersebut akan karam di hasil pencarian dan akan sulit ditemukan di posisi terbaik. Fenomena ini menyerupai Google Honeymoon Period ( baca Mengenal Google Honeymoon Period dan Efeknya Bagi Blog)
Kesimpulan yang bisa kita peroleh adalah, nilai CTR akan sangat mempunyai dampak yang signifikan sekali apabila dikolaborasikan dengan penyajian konten yang berkualitas. Di samping judul konten blog yang kita buat sering mendapat klik dari pengunjung dan konten yang kita buat informatif serta benar-benar berkualitas itu sudah cukup memperlihatkan informasi kepada Google bahwa konten kita ialah konten yang berkualitas dan pantas untuk mendapat posisi terbaik di hasil pencarian google.
#Apa yang harus kita lakukan?
Tentu saja yang harus kita lakukan yaitu menciptakan judul konten yang unik dan semenarik mungkin supaya bisa mendapatan perhatian pengguna search engine dan menciptakan mereka ingin tau untuk mengunjungi blog kita. Di samping itu kita juga harus bisa menciptakan konten yang benar-benar relevan dan berkualitas sesuai judul yang dimaksud sehingga para pengunjung blog merasa puas dengan konten yang kita buat.
Lantas apa itu User Experience (UX)?

UX ini jauh-jauh hari sudah diprediksi akan menjadi menjadi salah satu google ranking faktor dan memang terbukti ketika ini UX sudah menjadi potongan dari google ranking faktor yang harus kita perhatikan.
Apa artinya?
Hal ini berarti Google menang berniat memperlihatkan hasil pencarian yang informatif dan relevan kepada pengguna internet.
Beberapa tahun yang kemudian kita bisa menemukan aneka macam blog yang bermunculan di hasil pencarian dengan isi yang tidak relevan sama sekali bahkan blog ilegal AGC (auto generate konten bisa bersaing di posisi terbaik).
Tapi seiring waktu Google terus menyempurnakan algoritmanya supaya bisa menampilkan artikel blog yang memang benar-benar sangat relevan dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna sebagai pencari informasi.
Google memberlakukan User experince untuk memperlihatkan signal bahwa konten yang dimaksud merupakan konten yang memang memperlihatkan informasi yang sangat mempunyai kegunaan dan informatif, sehingga pengunjung merasa puas.
Apabila visitors betak di blog kita sebab membaca konten yang kita sajikan, hal itu sudah cukup memperlihatkan sinyal kepada Google bahwa konten di blog kita cukup berkualitas.
Demikian 2 Kategori Faktor SEO Paling Penting Tahun 2017. Semoga bermanfaat.
Apabila ada pertanyaan, jangan ragu untuk berkomentar ya