7 Cara Memaksimalkan Facebook Sebagai Media Promosi Bisnis
iBlogger.id - Banyak sekali cara mempromosikan bisnis kita secara online, mulai dari forum, sosial media sampai memasang iklan di web. Kali ini akan dibahas bagaimana menjadikan Facebook sebagai media promosi bisnis yang efektif agar menddapatkan lebih banyak calon pembeli.
Facebook sendiri mempunyai pengguna lebih dari 1milyar di seluruh dunia, sementara berdasarkan data jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 70juta (2/5 dari populasi Indonesia). Maka dari itu potensi Facebook sebagai media promosi sangatlah besar. Berikut ini yaitu 7 cara memaksimalkan facebook sebagai media promosi bisnis mu
1. Facebook Pages
Facebook Pages atau Facebook Fanpage yaitu salah satu fitur Facebook sebagai wadah bagi para pebisnis yang mau memperkenalkan atau meningkatkan popularitas produk yang dijual.Pada Facebook Fanpage kita sanggup mempromosikan produk/jasa kita secara meluas.
Cara menciptakan fanpage sendiri sangat mudah, caranya :
- Log In ke akun Facebook
- Buka halaman Facebook Create Page
- Silahkan pilih kategori yang mewakili bisnis Anda
- Isi semua data yang diminta, menyerupai deskripsi singkat dan url Fanpage
2. Facebook Group
Facebook group yaitu fitur facebook yang berfungsi sebagai lembaga diskusi. Kamu selaku admin sanggup melaksanakan hal apa saja, mengatur nama grup, mengatur cover sampai melaksanakan pinned terhadap post yang dianggap penting. Pinned yaitu salah satu kunci promosi bisnis kamu, alasannya yaitu akan selalu tampil paling awal pada timeline grup.
Cara menciptakan grup facebook yaitu :
- Buat group dengan nama komunitas sesuai keinginanmu "contoh: komunitas penjual kerikil akik"
- Buat post gres di Facebook Group tersebut
- Isi post tersebut dengan aturan, kemudian sisipkan isu terkait produk yang ingin dipromsikan
- Pada pecahan pojok atas post, klik tombol "pinned post"
Maka otomatis post kau berada di pecahan paling atas, dan bila ada anggota gres yang bergabung dengan grup tersebut, maka otomatis ia akan sanggup eksklusif melihat post / status promosi tersebut.
3. Facebook Graph Search
Facebook Graph Search merupakan fitur terbaru dari Facebook yang membantu para penggunanya untuk mencari isu yang diinginkan.
Apa saja yang sanggup dicari ? antara lain
- Post
- Halaman
- Acara
- Aplikasi
- Grup
- Tempat
Intinya, Facebook Graph Search merupakan pengembangan dari fitur pencarian Facebook terdahulu.
SUpaya bis memakai fitur ini, kau harus mengakses Facebook melalui www.facebook.com dan mtouch.facebook.com
4. Facebook Ads
Bagi mereka yang berkecimpung di dunia Facebook marketing sudah tak abnormal lagi dengan Facebook ads. Fitur ini yaitu cara paling cepat untuk menemukan pelanggan baru, namun diharapkan biaya yang tidak sedikit. Pembayaran biaya promosi sanggup dengan Paypal atau credit card.
Cara menciptakan facebook ads dan mensetting audiens un sangat mudah, berikut langkahnya
- Buka halaman Facebook Ad Creation
- Pilih objek atau jenis iklan yang Anda inginkan
- Klik 'continue' untuk melanjutkan pada proses penargetan audience dan pembayaran
Saat proses penargetan merupakan proses yang memilih apakah produk/jasa yang dipromosikan akan laku. Bila salah sasaran akan mengakibatkan produk/jasa laris sedikit
5. Facebook Insight
Facebook insight merupakan fitur untuk melihat data statistik yang berkaitan dengan facebook fanpagemu. Fitur ini hanya muncul bila like fanpage mu mencapai minimal 30.Informasi yang kau dapatkan dari facebook insight yaitu :
- Demographic berupa Usia, Jenis Kelamin, Status Hubungan dan Pekerjaan
- Lifestyle atau minat yang berkaitan dengan sasaran audience Anda
- Melihat apa yang paling digemari oleh audience
Bila kamuingin mencobanya sanggup mengunjungi Audience Insight, dan pilih isu yang ingin kau lihat.
6. Facebook Apps
Facebook menyediakan fitur untuk para developer yang ingin menciptakan aplikasi online di Facebook. Kamu tak perlu khawatir bila tidak tau wacana pemrograman, alasannya yaitu facebook telah menyediakan panduannya. isini Facebook Developers Docs
Ada 4 jenis aplikasi yang sanggup kau buat di facebook, antara lain
- Music Apps
- App Stories
- Games
- Email Apps
Lebih jelasnya silahkan Anda pelajari pada halaman Facebook Developers
7. Facebook Online Store
Fitur ini masih sangat baru, dengan fitur ini kita sanggup membuka toko online di facebook, jadi tak perlu repot menciptakan blog. Untuk membuatnya sangat mudah, alasannya yaitu banyak pihak ketiga yang sanggup membantu kita untuk menciptakan Facebook Online Store.
Pihak ketiga tersebut antara lain :
Pihak ketiga tersebut antara lain :
Makara pada dasarnya kita harus jeli melihat peluang dan menyususn seni administrasi pemasaran yang tertargetsupaya mendapat calon pembeli yang banyak. Selain itu kau sanggup membaca bagaimana memulai bisnis online dengan blog